Cak Thoriq Bakal Tertibkan Stockpile Pasir Ilegal di Lumajang

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menegaskan, bahwa dirinya bakal menertibkan stockpile pasir ilegal dalam waktu dekat.

oleh Hermawan Arifianto diperbarui 20 Okt 2022, 20:10 WIB
Rapat koordinasi bersama pemilik tambang pasir, bertempat di Aula Panti PKK Lumajang. (Istimewa)

Liputan6.com, Lumajang - Bupati Lumajang Thoriqul Haq menegaskan, bakal menertibkan tempat penumpukan atau stockpile pasir ilegal dalam waktu dekat.

"Mulai besok saya mengeluarkan surat edaran dan rabu depan semua stockpile ilegal akan kita tertibkan dan komitmen kami penertibannya yang melanggar hukum akan disanksi, bisa pidana," tegasnya, Rabu (19/10/2022)

Thoriq menerangkan, bahwa dalam beberapa kali sidak pertambangan pasir, pemilik stockpile berdalih telah memiliki kerja sama dengan pemilik izin tambang legal. Namun ternyata, dalam rapat tersebut pemilik tambang mengungkapkan, jika mereka dirugikan oleh pemilik stockpile yang tidak sesuai dengan kerja sama.

Mengenai banyaknya jalan yang rusak akibat tonase muatan pasir yang berlebih dan tidak sesuai kelas jalan, bupati yang akrab disapa Cak Thoriq, meminta agar pemilik tambang kembali menggunakan jalan khusus tambang pasir.

Dirinya bahkan telah memerintahkan BPRD dan DPUTR Lumajang untuk membahas secara teknis terkait jalan tambang tersebut bersama pemilik tambang maupun paguyuban sopir truk.

"Karena memang jalannya resiko berat begitu ada banjir lahar dingin jalannya harus diperbaiki lagi, berulang kali banjir jalan hilang diperbaiki lagi, tadi beberapa solusinya adalah melewati jalan yang lebih aman dari jalan sebelumnya," pungkasnya.

 

Infografis Waspada Cuaca Ekstrem di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya