Pengakuan Ronaldo Dibenci Jutaan Ibu-ibu karena Rambutnya di Piala Dunia 2002

Ronaldo mengakui bahwa banyak ibu-ibu yang membenci karena anak-anak mereka meniru gaya ambut ikoniknya d Piala Dunia 2002.

oleh Muhammad Yanto diperbarui 20 Okt 2022, 12:00 WIB
Ronaldo Nazario merupakan salah satu pemain terbaik di dunia. Ia kedapatan buang air kecil ketika pertandingan antara Brasil melawan Hungaria di penyisihan grup D Olimpiade Atlanta tahun 1996. Bukannya langsung lari ke toilet, ia malah pipis di tengah lapangan. (Foto: AFP/Gabriel Bouys)

Liputan6.com, Jakarta Legenda Timnas Brasil Ronaldo Nazario telah meminta maaf kepada jutaan ibu di seluruh dunia atas potongan rambut ikoniknya di Piala Dunia 2002.

Ronaldo menjadi bintang pada turnamen yang berlangsung di Jepang dan Korea Selatan itu. Dia mencetak delapan gol untuk dan membawa Tim Samba menjadi juara untuk kelima kalinya.

Bagi banyak orang, hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika mengingat Piala Dunia 2002 adalah gaya rambut aneh Ronaldo.

Mantan striker Barcelona, ​​Inter Milan, dan Real Madrid itu mencukur rambutnya hingga botak kecuali di bagian atas dahinya yang berbentuk setengah lingkaran.

Gaya rambut itu pun menjadi tren setelah Ronaldo gemilang di Piala Dunia 20002. Dan, secara alami, anak-anak serta orang dewasa – di seluruh dunia berusaha meniru penampilan Ronaldo.

Namun, Ronaldo sadar bahwa tak semua orang menyukai gaya rambut seperti itu. Bahkan, dia mengakui bahwa banyak ibu-ibu yang membenci karena anak-anak mereka meniru gaya ambut ikoniknya.

Hal itu diungkapkan Ronaldo di Good Morning Britain saat mempromosikan film dokumenter tentang dirinya yang berjudul 'The Phenomenon'.

Atas semua itu, Ronaldo pun meminta maaf kepada para ibu di seluruh dunia karena potongan rambutnya.

"Ibuku - dan jutaan ibu di seluruh dunia - mereka semua membenciku sampai hari ini," canda Ronaldo.

"Saya bertemu dengan beberapa orang yang putranya memiliki potongan rambut yang sama. Saya minta maaf! Saya sangat menyesal untuk itu." sambungnya.


Terinspirasi Cascao?

Ronaldo Nazario De Lima. Eks striker Brasil yang kini berusia 45 tahun dan kini menjabat sebagai presiden klub Real Valladolid ini menjadi bintang dalam putaran final Piala Dunia 2002 yang berlangsung di Jepang dan Korea Selatan. Dua golnya di laga final membawa Brasil meraih trofi Piala Dunia 2002 usai mengalahkan Jerman 2-0. Total ia mengemas 8 gol dan membawanya merebut Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang turnamen. (AFP/Roberto Schmidt)

Potongan rambut Ronaldo konon terinspirasi oleh karakter bernama Cascao dari serial kartun Brasil Turma da Monica.

Tetapi Ronaldo telah mengungkapkan bahwa keputusannya untuk memotong rambutnya sebenarnya adalah ide spontan

“Saya mengalami cedera di kaki saya dan semua orang membicarakannya. Saya memutuskan untuk memotong rambut saya dan meninggalkan hal kecil di sana. Saya datang ke pelatihan dan semua orang melihat saya dengan rambut yang buruk," kata Ronaldo.

“Semua orang membicarakan rambut dan melupakan cedera. Saya bisa tetap lebih tenang dan santai dan fokus pada latihan saya,” ucap Ronaldo kepada ESPN pada 2018.


Menutupi Cedera

Ronaldo merupakan aktor utama di balik keberhasilan Brasil menjadi juara dunia untuk kelima kalinya. Tidak hanya membawa Tim Samba menjadi jawara di Piala Dunia 2002 Il Fenomeno juga sukses mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak dengan torehan delapan gol. (AFP/Gabriel Bouys)

Meski gaya rambutnya masih terkenal hingga saat ini, Ronaldo mengaku bahwa sebenarnya ia sama sekali tidak menyukai potongan seperti itu. Namun, setidaknya fokus orang saat itu kepadanya tidak lagi dengan cedera, melainkan gaya rambut yang ikonik.

"Saya tidak bangga dengan rambut itu sendiri karena itu cukup aneh. Tapi itu cara yang baik untuk mengubah topik pembicaraan," jelasnya.


Pernah Ditiru Neymar

Ronaldo saat membela Timnas Brasil di Piala Dunia 2002. (Bola.com/Dok. FIFA)

Superstar Brasil Neymar sebelumnya pernah mengakui bahwa dia sempat meniru potongan rambut Ronaldo ketika dia masih muda.

Penyerang Paris Saint- Germain itu menyebut, semua orang di Brasil saat itu ingin terlihat seperi Ronaldo.

"Potongan rambut Ronaldo bagus. Aku punya!" Neymar mengatakan kepada The Players' Tribune.

"Kami semua, kami semua terlihat seperti Ronaldo."


Statistik Gemilang Ronaldo

Bintang Brasil, Ronaldo, pernah terlibat skandal seks pada tahun 2008. Mantan bintang Real Madrid itu membawa tiga orang pekerja seks ke kamar hotel, namun ternyata ketiganya adalah waria. (AFP/Pedro Ugarte)

Ronaldo tercatat 19 kali membela negaranya di pentas Piala Dunia. Ia turut berpartisipasi dalam Piala Dunia Amerika Serikat 1994, Piala Dunia Perancis 1998, Piala Dunia Korea-Jepang 2002, dan Piala Dunia Jerman 2006.

Ronaldo kali pertama terlibat dalam gelaran Piala Dunia pada tahun 1994 atau saat ia masih berusia 18 tahun.

Saat itu Brasil berhasil menjadi juara. Hanya saja, selama turnamen Ronaldo cuma duduk di bangku cadangan.

Sepanjang partisipasinya di putaran final Piala Dunia, Ronaldo total menncatat 15 gol dan lima assist dalam 1.624 menit bermain.

Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya