Ada 8 Kampung Kreatif Wisata Kota Bandung, Mana Saja?

Kampung kreatif wisata di Kota Bandung diklaim jadi upaya mendongkrak potensi pariwisata.

oleh Dikdik Ripaldi diperbarui 26 Okt 2022, 08:00 WIB
Foto udara Kampung Kreatif Pasir Kunci Kota Bandung, 24 Oktober 2022. (Dok. Humas Pemkot Bandung).

Liputan6.com, Bandung - Pemerintah Kota Bandung berencana mengaktivasi delapan kampung kreatif sebagai bagian dari pengembangan sektor pariwisata. Dari sejumlah itu, enam kampung kreatif di antaranya sudah bisa dikunjungi.

Enam kampung kreatif yang sudah diaktivasi tersebut adalah Kampung Wisata Kreatif Braga, Cigadung, Binong Jati, Cinambo, Cigondewah, dan Kampung Kreatif Pasir Kunci. Sementara, dua kampung wisata lainnya yakni Kampung Wisata Kreatif Gedebage dan Cibaduyut direncanakan diaktivasi pada 2023 mendatang.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, mengatakan, aktivasi kampung kreatif ini diharapkan bisa mendorong wisatawan hadir ke Kota Kembang. Terlebih, kata Yana, sektor pariwisata diaku berperan cukup besar pada pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandung.

"Kalau sudah konsisten dan ramai dikunjungi sangat banyak ikutannya, ekonomi akan tumbuh apalagi setelah pandemi. Sektor pariwisata menyumbang cukup besar pada PAD kota Bandung. Jadi harus konsisten," katanya, Senin (24/10/2022).

 

Dari keenam kampung kreatif tersebut, Kampung Kreatif Pasir Kunci menjadi kampung yang baru saja diresmikan Pemerintah Kota Bandung, terletak di kaki Gunung Manglayang tepatnya di Keluarahan Pasir Jati, Kecamatan Ujungberung. Pengunjung bisa melihat Kota Bandung dari ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut.

"Saya berharap bukan hanya dibentuk terus diam, kami dorong diaktivasi, potensi seni budaya di wilayah ini luar biasa, tinggal bagaimana kita aktivasi secara tematik disini, dan paling penting konsistensi," ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Arief Syaifudin, menambahkan, Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci akan difokuskan untuk pengembangan budaya dan pusat permainan anak.

"Kawasan kreatif ini akan difokuskan untuk pengembangan budaya bagi permainan anak-anak. Salah satu budaya yakni seni reak. Ini untuk mewujudkan Bandung melalui seni budaya seni kreatif dengan melakukan kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai stakeholder," katanya.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya