Meninggal pada Usia 94, Ini Alasan Amou Haji Pria Terjorok di Dunia Tak Mandi Selama 60 Tahun

Alasan pria asal Iran, Amou Haji, yang dijuluki pria terjorok di dunia tidak mandi selama lebih dari 60 tahun.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 27 Okt 2022, 15:44 WIB
Amou Haji, dalam foto yang diambil pada 2018. (AFP)

Liputan6.com, Fars - Seorang pria di Iran yang tidak mandi selama lebih dari 60 tahun meninggal dunia dalam usia ke-94.

Dilansir USA Today, Kamis (27/10/2022), pria itu dikenal oleh masyarakat sebagai Amou Haji atau Paman Haji, istilah Iran untuk sayang kepada orang yang lebih tua. Yang paling menonjol, ia dikenal sebagai "pria paling kotor di dunia" karena memilih untuk tidak mandi selama enam dekade.

Rupanya, alasan utamanya adalah bahwa ia takut dia akan sakit jika menggunakan sabun dan air.

Dalam sebuah laporan, pria tersebut menyebutkan sendiri bahwa ia mengalami "kemunduran emosional di masa mudanya" yang juga jadi alasan utama untuk tidak mandi.

Haji, yang meninggal di kota kecil Iran Dejgah dan berasal dari provinsi selatan Fars, mandi untuk pertama kalinya beberapa bulan yang lalu.

Laporan yang sama juga menyatakan bahwa akibat tidak mandi selama bertahun-tahun, kulitnya tertutup oleh "jelaga dan nanah." Dalam foto yang beredar, ia terlihat merokok dalam beberapa tahun ke belakang.

Ia juga tidak memiliki kerabat yang dikenal, meskipun penduduk kota diketahui merawatnya. 

Kehidupannya yang unik pun diangkat ke dalam sebuah film dokumenter, "The Strange Life of Amou Haji," yang dibuat tentang hidupnya pada tahun 2013.


Gaya Hidup Tidak Sehat

Amou Haji tinggal di Desa Dejgah, di provinsi selatan Fars, Iran. (Foto: AFP)

Gaya hidup Amou juga tidak sehat dan ia suka makan daging busuk serta minum air kotor dari dirigen minyak. Saat diwawancara oleh Tehran Times pada tahun 2014, Amou Haji berkata makanan favoritnya adalah landak.

Amou Haji disebut tinggal di sebuah lubang di bawah tanah dan gubuk dari batu bata yang didirikan oleh para tetangganya yang merasa prihatin.

Namun, belum jelas apakah Amou Haji telah mencetak rekor dunia tidak mandi. Pasalnya, ada laporan di India pada 2009 tentang orang yang tidak mandi atau gosok gigi selama 30 tahun. Tidak diketahui bagaimana nasib orang India tersebut.


Kasus Pria India Tak Mandi 22 Tahun

foto: Youtube ETV Bharat

Sebelumnya dilaporkan, seorang pria berusia 62 tahun dari Bihar, India menjadi perhatian banyak pihak di negara asalnya setelah terungkap dia tidak mandi selama lebih dari dua dekade. Dharamdev Ram terkenal di kampung halamannya di Baikunthpur.

Seperti dikutip dari laman Oddity Central, Selasa (2/8), semua orang tahu bahwa dia belum mandi dalam 22 tahun, tetapi tidak ada yang mengejeknya karena itu, sebaliknya, orang sangat menghormati keputusannya.

Itu karena pria berusia 62 tahun itu bersumpah untuk menghindari mandi sampai kekerasan terhadap perempuan, sengketa tanah antarlaki-laki, dan pembunuhan hewan tak berdosa berhenti. Itu belum terjadi, jadi Dharamdev ia terus menegakkan sumpah dan pendiriannya.

"Pada tahun 1975, saya bekerja di sebuah pabrik di Jagdal, Bengal, dan menikah pada tahun 1978 dan menjalani kehidupan normal," kata Dharamdev Ram baru-baru ini kepada ETV Bharat.

"Tetapi pada tahun 1987, saya tiba-tiba menyadari bahwa sengketa tanah, pembunuhan hewan, dan kekejaman terhadap perempuan mulai meningkat. Jadi, untuk mencari jawaban, saya mendekati seorang 'Guru' yang menjadikan saya sebagai muridnya dan mengilhami saya untuk mengikuti jalan bhakti. Sejak itu, saya menuju jalan bhakti dan mulai bermeditasi untuk Dewa Rama."


Bersumpah Tak Mandi

Ilustrasi mandi dengan sabun antibakteri. (Sumber foto: Pexels.com)

Pada tahun 2000, ketika dia bersumpah untuk tidak mandi sampai kesalahan yang disebutkan di atas berhenti, Ram juga berhenti dari pekerjaannya di pabrik tempat dia bekerja, tetapi dengan cepat kembali karena tekanan dari keluarganya sendiri.

Namun, ketika tersebar tentang janjinya yang tidak biasa, dia dipecat, dan dia menganggur sejak itu.

Infografis 6 Cara Dukung Anak dengan Long Covid-19 Kembali ke Sekolah. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya