Top 3 Berita Hari Ini: Ghibli Park Jepang Resmi Dibuka, Tiket hingga Akhir Tahun Ludes Terjual

Top 3 Berita Hari Ini, Ghibli Park Jepang resmi dibuka, tragedi Halloween di Itaewon Korea dan risiko kebiasaan mengupil.

oleh Henry diperbarui 02 Nov 2022, 22:04 WIB
Ghibli Park resmi dibuka di Jepang. (dok. Yuichi YAMAZAKI / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang Taman bermain Ghibli Park akhirnya resmi dibuka untuk publik pada Selasa, 1 November 2022. Figur Totoro yang menyeringai siap menyambut para pengunjung di area masuk.

Taman bermain terbaru di Jepang itu terdiri dari lima area. Para penggemar karya animasi Studio Ghibli bisa menikmati wujud karakter di How'l Moving Castle hingga Spirited Away yang berhasil memenangkan Piala Oscar.

Cat Bus yang empuk, No-Face seukuran aslinya, dan sejumlah bangunan rekreasi dari film-film mereka siap untuk dikunjungi setelah Jepang kembali membuka perbatasannya untuk turis asing pada 11 Oktober 2022.  Berita kedua yang paling banyak diminati adalah tentang perayaan Halloween di Itaewon, Korea Selatan yang memakan korban jiwa yang tidak sedikit.

Kabar terbaru menyatakan korban jiwa sebanyak 155 orang yang diungkapkan oleh seorang pejabat Markas Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Korea Selatan.  Terkenal dengan wilayah yang memiliki banyak tempat makan dan bar, Itaewon juga dikenal dengan penyatuan budaya yang beragam.

Saat ini, santer beredar isu bahwa penyebab tragedi memilukan di Itaewon karena konstruksi bangunan Hotel Hamilton.  Berita ketiga yang paling banyak menarik perhatian adalah tentang mengupil dapat meningkatkan risiko terkena penyakit Alzheimer dan demensia.

Bakteri yang menempel di jari bisa masuk ke saraf penciuman di rongga hidung dan berjalan hingga mencapai otak.  Proses tersebut menjadi penanda yang merupakan "tanda penyakit Alzheimer," menurut para ilmuwan dari Universitas Griffith Australia.

Sel-sel di otak merespons serangan tersebut dengan menyimpan protein beta amiloid, ciri khas Alzheimer. Simak bahasan ketiga berita dalam Top 3 Berita Hari Ini berikut ini.

Ghibli Park Jepang Resmi Dibuka, Tiket hingga Akhir Tahun Ludes Terjual

Taman Ghibli di Nagakute, Jepang, resmi dibuka. (dok. ©︎Studio Ghibli)

Kabar baik bagi para pecinta karya Ghibli. Taman bermain Ghibli Park akhirnya resmi dibuka untuk publik pada Selasa, 1 November 2022. Figur Totoro yang menyeringai siap menyambut para pengunjung di area masuk. Pembukaannya turut diumumkan di Twitter Studio Ghibli lewat tulisan 'Selamat!' dan ilustrasi deretan sosok yang menyerupai makhluk roh Totoro dan ditandatangani oleh salah satu pendiri perusahaan, Hayao Miyazaki.

Taman bermain terbaru di Jepang itu terdiri dari lima area. Para penggemar karya animasi Studio Ghibli bisa menikmati wujud karakter di How'l Moving Castle hingga Spirited Away yang berhasil memenangkan Piala Oscar.

Selanjutnya...

Dinding Bata Hamilton Hotel Diduga Jadi Pemicu Tragedi Halloween di Itaewon Korea

Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol (tengah) mengunjungi lokasi di mana ratusan orang tewas dan terluka di Seoul, Minggu (30/10/20220). Sejumlah 1.701 personel diturunkan dalam respon tragedi Itaewon. Para personel tersebut mencakup 517 pemadam kebakaran, 1.100 polisi, dan 70 petugas pemerintah. (AP Photo/Lee Jin-man)

Pada Sabtu, 29 Oktober 2022, sebanyak 100.000 masyarakat Korea Selatan pergi ke Itaewon untuk merayakan Halloween. Akan tetapi, nahasnya perayaan ini memakan korban jiwa yang tidak sedikit.

Kabar terbaru menyatakan korban jiwa sebanyak 155 orang yang diungkapkan oleh seorang pejabat Markas Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Korea Selatan. Sebelumnya, Itaewon merupakan tempat populer bagi orang Korsel untuk merayakan Halloween.

Selanjutnya…

Riset Ungkap Kebiasaan Mengupil Terkait dengan Risiko Alzheimer dan Demensia

Ilustrasi mengupil. (dok. 愚木混株 Cdd20/Pixabay)

Penelitian baru menunjukkan bahwa mengupil dapat meningkatkan risiko terkena penyakit Alzheimer dan demensia. Bakteri yang menempel di jari bisa masuk ke saraf penciuman di rongga hidung dan berjalan hingga mencapai otak.

Proses tersebut menjadi penanda yang merupakan "tanda penyakit Alzheimer," menurut para ilmuwan dari Universitas Griffith Australia. Secara khusus, penelitian yang diterbitkan dalam Scientific Reports, mengamati bakteri Chlamydia pneumoniae, yaitu kuman penyebab infeksi pernapasan, termasuk pneumonia, yang menggunakan saraf penciuman sebagai 'jalur invasi untuk menyerang sistem saraf pusat'.

Selanjutnya…

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya