Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Rusia Kerahkan 9000 Pasukan ke Perbatasan Indonesia-Australia

Beredar video yang diklaim Rusia mengerahkan 9000 pasukan ke perbatasan Indonesia-Australia. Benarkah?

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 03 Nov 2022, 13:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Rusia Kerahkan 9000 Pasukan ke Perbatasan Indonesia-Australia (sumber: Facebook).

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim Rusia mengerahkan 9000 pasukan ke perbatasan Indonesia-Australia beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 2 November 2022.

Dalam video berdurasi 7 menit itu memperlihatkan pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Presiden Rusia, Vladmiri Putin. Keduanya terlihat duduk satu meja sambil membacakan pernyataan.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Rusia telah mengerahkan 9000 pasukan ke perbatasan Indonesia-Australia.

"Kiamat bagi australia..!! rusia kerahkan 9.000 pasukan ke perbatasan indonesia-australia-pulau pasir," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 155 ribu kali ditonton dan mendapat 797 komentar dari warganet.

Benarkah video tersebut Rusia telah mengerahkan 9000 pasukan ke perbatasan Indonesia-Australia? Berikut penelusurannya.

 


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim Rusia mengerahkan 9000 pasukan ke perbatasan Indonesia-Australia. Penelusuran mula-mula dilakukan dengan mencocokan gambar video pertemuan Jokowi dengan Putin.

Ternyata gambar video pertemuan Jokowi dan Putin itu terjadi pada Juni 2016 lalu. Ketika itu, Jokowi tengah melakukan kunjungan kenegaraan ke Rusia.

Gambar pada video tersebut identik dengan video berjudul "Presiden Jokowi di Rusia" yang diunggah channel YouTube Presiden Joko Widodo pada 7 Juni 2016 lalu.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube Presiden Joko Widodo.

Pada kunjungan tersebut, Jokowi disambut Presiden Rusia, Vladimir Putin. Keduanya melakukan pertemuan empat mata dan dilanjutkan denga pertemuan bilateral Indonesia-Rusia di kediaman Putin, Bucherov Rucey, Sochi, Rusia.

Penelusuran selanjutnya dilakukan dengan memasukkan kata kunci "rusia kerahkan 9000 pasukan ke perbatasan australia" di kolom pencarian Google Search.

Namun tidak ada informasi valid dari media arus utama yang mengabarkan kabar tersebut. Tidak ada juga laporan resmi mengenai Rusia yang telah mengirimkan 9000 pasukan ke perbatasan Indonesia-Australia.

 

Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=Wnbj-VJtnYU

 


Kesimpulan

Video yang diklaim Rusia mengerahkan 9000 pasukan ke perbatasan Indonesia-Australia ternyata tidak benar. Video tersebut tidak menampilkan informasi terkait pengerahan 9000 pasukan Rusia ke perbatasan Indonesia-Australia.

 

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya