Jokowi Sebut 17 Kepala Negara Dipastikan Hadiri KTT G20, dari Joe Biden hingga Xi Jinping

Jokowi mengatakan, kehadiran para kepala negara maupun kepala pemerintahan pada KTT G20 di Bali kali ini merupakan suatu kehormatan. Pasalnya, kondisi dunia saat ini sedang tidak kondusif.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 08 Nov 2022, 12:45 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi (depan kiri) berbincang dengan Presiden AS Joe Biden saat foto bersama para pemimpin G7 di lokasi KTT G7, Schloss Elmau, Jerman, Senin (27/6/2022). Jokowi hadir bersama pemimpin dari negara mitra G7 yaitu Presiden Argentina Alberto Fernández, PM India Narendra Modi, Presiden Senegal Macky Sall, dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan bahwa hingga kini sudah ada 17 kepala negara/kepala pemerintahan yang menyatakan akan hadir pada KTT G20 di Bali. Mulai dari, Presiden Amerika Serikat Joe Biden hingga Presiden China Xi Jinping.

Hal ini disampaikan Jokowi usai meninjau secara langsung sejumlah tempat yang akan dijadikan lokasi penyelenggaraan KTT G20 di Bali, Selasa (8/11/2022). Adapun KTT G20 di Bali akan diselenggarakan pada 15 dan 16 November 2022.

"Sudah, itu yang sudah pasti (hadir) 17 (kepala negara/kepala pemerintahan)," kata Jokowi kepada wartawan di Kota Denpasar Bali, Selasa (8/11/2022).

Sementara itu, kata dia, Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan akan mempertimbangkan situasi dan kondisi di negara masing-masing. Jika memungkinkan, kedua pemimpin negara itu akan menghadiri KTT G20.

"Beberapa hari yang lalu saya juga sudah bertelepon, berbicara lewat telepon dengan Presiden Putin dan Presiden Zelensky, beliau menyampaikan akan hadir kalau kondisinya memungkinkan," jelasnya.

Menurut dia, kehadiran para kepala negara maupun kepala pemerintahan pada KTT G20 di Bali kali ini merupakan suatu kehormatan. Pasalnya, kondisi dunia saat ini sedang tidak kondusif.

"Saya kira dalam posisi normal itu biasa yang hadir juga 17-18, ini posisi yang tidak normal, dunia sangat sulit, semua negara sangat sulit, kalau kehadirannya sampai sejumlah itu saya kira juga sangat bagus, sangat bagus," tutur Jokowi.

 


16 November Tinggalkan Bali

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau sejumlah infrastruktur pendukung untuk KTT G20, Kamis (2/12/2021). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan tingkat kehadiran para pemimpin negara ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) di Bali pada 15-16 November 2022, sangat tinggi. Menurut dia, para pemimpin negara G20 akan mulai tiba di Indonesia pada 13 November.

"Kalau dilihat dari jadwal kedatangan, kedatangan para pemimpin sudah akan mulai terjadi pada tanggal 13 November, sebagian besar per data hari ini akan tiba di tanggal 14 November," kata Retno kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (31/10/2022).

Menurut dia, para pemimpin negara G20 sebagaian akan meninggalkan Bali pada 16 November 2022 sore. Pasalnya, beberapa pemimpin negara harus menghadiri KTT APEC di Thailand pada 18 dan 19 November 2022.

"Rata-rata (pemimpin negara) akan meninggalkan Bali pada tanggal 16 sore atau 16 November karena sebagian dari pemimpin itu juga akan terbang menuju Bangkok untuk hadiri KTT APEC," ujarnya.

Retno menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga diagendakan melakukan pertemuan bilateral, disela-sela KTT G20. Dia mengaku banyak negara yang ingin melakukan pertemuan bilateral dengan Jokowi.

"Selain KTT, banyak sekali kegiatan yang akan dilakukan Bapak Presiden termasuk pertemuan bilateral. Nah, banyaknya pertemuan ini kita sikapi dengan baik karena ini tunjukan antusiasime dan harapan terhadap G20, ternyata masih sangat tinggi," jelas dia.

"Jadi keinginan negara untuk engagement satu sama lain juga masih sangat tinggi," sambung Retno.

Infografis Pro-Kontra Rencana Kehadiran Putin di KTT G20 Bali. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya