Kuliah Peduli Negeri Beri Pelatihan Fotografi kepada Siswa SMK

Dalam era digital, penggunaan foto amat penting untuk menunjang penyampaian informasi. Sayangnya, kemampuan untuk membuat foto yang tepat sasaran dan sarat makna tidak dimiliki oleh banyak orang.

oleh Liputan6.com diperbarui 09 Nov 2022, 21:02 WIB
Kegiatan Kuliah Peduli Negeri dengan tema “Pelatihan Teknik Fotografi menggunakan Kamera Digital" (Istimewa)  

Liputan6.com, Jakarta - Dalam era digital, penggunaan foto amat penting untuk menunjang penyampaian informasi. Sayangnya, kemampuan untuk membuat foto yang tepat sasaran dan sarat makna tidak dimiliki oleh banyak orang.

Atas dasar itu, mahasiswa Universitas Mercu Buana melaksanakan kegiatan Kuliah Peduli Negeri dengan tema “Pelatihan Teknik Fotografi menggunakan Kamera Digital." Kuliah Peduli Negeri ini dilaksanakan di SMK Negeri 5 Bekasi dan diikuti oleh guru, siswa dan siswi tersebut

Dengan pelatihan ini, diharapkan siswa dan siswi tersebut akan memahami dan mampu mempraktikkan cara mengambil foto dengan benar, sehingga dapat mendukung seluruh kegiatan dan pelayanan yang dilakukan di SMKN 5 Bekasi.

Dalam sambutannya, Dr. Santa Lorita Simamora, dosen pembimbing Kuliah Peduli Negeri, "Saya berharap para siswa dan siswi ini bisa saling berbagi ilmu dengan para mahasiswa, dan dari materi ini dapat memberikan manfaat serta keterampilan untuk para siswa dan siswi SMK Negeri 5 Bekasi. KPN ini mata kuliah yang wajib ditempuh oleh tim Muhamad Fauzi dan teman-teman lain. Mata kuliah ini bertujuan untuk membuka kesadaran, kepedulian, simpati dan empati mahasiswa UMB terhadap negerinya sendiri," kata Santa.

Rangkaian Kuliah Peduli Negeri dilaksanakan selama tiga hari. Pertemuan dilaksanakan melalui tatap muka langsung di Aula SMKN 5 Bekasi dengan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan.


Rangkaian Kegiatan

Rangkaian kegiatan Kuliah Peduli Negeri dimulai pada Selasa 1 Oktober 2022. Dalam sesi ini, peserta diajarkan berbagai teknik pengambilan gambar serta berbagai sudut yang cocok untuk pengambilan gambar menggunakan kamera digital.

Kegiatan dilanjutkan pada Kamis 3 Oktober 2022. Pada sesi ini, peserta diajak untuk praktik mengambil foto sesuai materi yang sudah diajarkan pada hari sebelumnya. Kegiatan ini berlangsung selama dua jam dan diakhiri dengan acara makan bersama.

Selanjutnya memberikan berbagai tanya jawab seputar materi teknik fotografi yang sudah diajarkan.

“Kegiatan ini seru, mengasyikkan dan jadi pengalaman baru aku. Aku jadi paham cara mengambil sebuah gambar dengan teknik fotografi di area sekolah,” ucap Alfan seorang siswa yang mengikuti kegiatan KPN.

"Diharapkan ilmu dan pengalaman yang telah kami berikan dapat bermanfaat, baik dalam kehidupan sehari-hari, maupun dunia perkuliahan atau dunia kerja, ujar Muhamad Fauzi selaku ketua tim KPN ini.

Infografis Indonesia Terima Tongkat Estafet Presidensi G20. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya