Jadwal Pengumuman Daftar Skuat Piala Dunia 2022 Sejumlah Negara

Sejumlah negara sudah menentukan para pemain pilihan yang akan dibawa bertarung di Piala Dunia 2022, tetapi beberapa negara belum mengumumkan daftar pemain untuk skuat akhir.

oleh Mohamad Taufik diperbarui 11 Nov 2022, 15:30 WIB
Ilustrasi trofi piala dunia (AFP)

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia 2022 di Qatar semakin dekat, dan sejumlah negara peserta telah mengumumkan nama-nama pemain dalam skuat mereka masing-masing.

Seperti Timnas Brasil, Inggris, Prancis, Jerman dan lainnya. Total hingga Kamis malam 10 November 2022 waktu Indonesia, sudah 17 negara merilis daftar pemain di Piala Dunia 2022.

Artinya, masih ada 15 pelatih yang belum menentukan para pemain pilihan yang akan dibawa ke Piala Dunia 2022.

Tetapi beberapa negara sudah memastikan tanggal pengumuman skuat akhir untuk tampil di Qatar 2022.

Terdekat adalah Portugal yang akan mengumumkan nama-nama pemain yang dibawa ke Qatar 2022 pada Kamis 10 November 2022 waktu setempat.

Kemudian Belanda dan Spanyol yang rencananya akan mengumumkan skuat Piala Dunia mereka pada Jumat 11 November 2022.

Sementara pelatih Timnas Argentina, Lionel Scaloni meski dikabarkan sudah mengerucutkan daftar pemain dari skuat sementara, tetapi masih harus menentukan pilihan terakhir mencoret satu dari 27 pemain.

Itu karena regulasi menetapkan setiap negara maksimal mendaftarkan 26 pemain, dan minimum 23 pemain. Argentina sendiri rencananya akan mengumumkan daftar final skuat mereka pada Senin 14 November 2022.

Berikut jadwal pengumuman daftar pemain skuat Piala Dunia sejumlah negara:

Portugal - 10 November 2022

Korea Selatan - 12 November 2022

Uruguay - Menunggu konfirmasi

Ghana - Menunggu konfirmasi

Serbia - Menunggu konfirmasi

Canada - Minggu 13 November 2022

Spanyol - Jumat 11 November 2022

Tunisia - Menunggu konfirmasi

Meksiko - Menunggu konfirmasi

Arab Saudi - Menunggu konfirmasi

Argentina - Minggu 14 November 2022

Iran - Menunggu konfirmasi

Belanda - Jumat 11 November 2022

Ekuador - Menunggu konfirmasi

Qatar - Menunggu konfirmasi

 


Deschamps Cuma Bawa 25 pemain

Didier Deschamps pernah membawa Timnas Prancis memenangi Piala Dunia 2018. Namun, catatan gemilang tersebut tak mampu diulangi saat perhelatan Euro 2020. Les Bleus harus tersingkir di babak 16 besar. Deschamps tercatat sebagai pelatih dengan gaji tertinggi ketiga di Piala Dunia Qatar, yaitu 3,2 juta pound per tahun. (AFP/Valery Hache)

Sementara juara bertahan Prancis sudah mengumumkan skuat di Piala Dunia 2022, di saat pelatih Didier Deschamps harus menerima kenyataan kehilangan beberapa pemain kunci saat memenangkan trofi di Rusia 2018.

Deschamps sendiri cuma membawa 25 pemain ke Qatar. Padahal peraturan FIFA memperbolehkan setiap tim peserta membawa total 26 pemain ke Piala Dunia 2022.

Deschamps tetap membawa pemain bertahan Manchester United Raphael Varane ke Qatar setelah sempat diragukan bisa ikut di Piala Dunia 2022.

Pemain 29 tahun itu mengalami cedera kaki saat MU melawan Chelsea di ajang Liga Inggris 22 Oktober lalu. Saat itu Varane terlihat menangis mengetahui terkena cedera.

Namun proses penyembuhan Varane ternyata berjalan dengan baik. Prancis memutuskan tetap menyertakan eks pemain Real Madrid tersebut dalam skuat yang akan tampil di Piala Dunia 2022.

Deschamps juga membawa dua bek Liga Inggris lainnya yakni William Saliba dari Arsenal dan Ibrahima Konate (Liverpool). Keduanya baru kali ini merasakan main di Piala Dunia.

Di lini depan, Prancis tetap mengandakan Karim Benzema dan Kylian Mbappe. Olivier Giroud dari AC Milan juga dibawa karena sering jadi penentu di saat tim sedang buntu.

Yang mengkhawatirkan ada di lini tengah. Prancis tidak akan diperkuat dua gelandang andalannya Ngolo Kante dan Paul Pogba karena cedera. Sebagai gantinya Deschamps bakal bertumpu pada pemain muda Real Madrid, Eduardo Camavinga dan Aurelian Tchouameni.

Prancis akan memulai petualangan mempertahankan gelar juara pada 22 November. Mereka akan bertemu Australia. Dua tim lain di Grup D adalah Denmark dan Tunisia.

 


Daftar Pemain Prancis

Prancis. Timnas Prancis sebagai peringkat ke-3 FIFA lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar dengan nilai skuat mencapai 978,80 juta euro atau setara sekitar Rp15,7 triliun. Di antara para pemain berusia emas, Kylian Mbappe menjadi yang paling tinggi nilainya mencapai 160 juta euro. (AFP/Franck Fife)

Kiper: Alphonse Areola (West Ham), Hugo Lloris (Tottenham), Steve Mandanda (Rennes)

Belakang: Lucas Hernandez (Bayern Munich), Theo Hernandez (AC Milan), Presnel Kimpembe (Paris St-Germain), Ibrahima Konate (Liverpool), Jules Kounde (Barcelona), Benjamin Pavard (Bayern Munich), William Saliba (Arsenal), Dayot Upamecano (Bayern Munich), Raphael Varane (Manchester United)

Tengah: Eduardo Camavinga (Real Madrid), Youssouf Fofana (Monaco), Matteo Guendouzi (Marseille), Adrien Rabiot (Juventus), Aurelien Tchouameni (Real Madrid), Jordan Veretout (Marseille)

Depan: Karim Benzema (Real Madrid), Kingsley Coman (Bayern Munich), Ousmane Dembele (Barcelona), Olivier Giroud (AC Milan), Antoine Griezmann (Atletico Madrid), Kylian Mbappe (Paris St-Germain), Christopher Nkunku (RB Leipzig)

 


Daftar Pemain Inggris

Bukayo Saka, Jadon Sancho, dan Marcus Rashford menjadi korban rasialisme online setelah gagal mengeksekusi tendangan penalti untuk Timnas Inggris di final Euro 2020. (AFP/Laurence Griffiths)

Sementara Gareth Southgate juga telah mengantongi daftar 26 pemain buat skuat Inggris untuk Piala Dunia 2022 di Qatar.

Ahli taktik berusia 52 tahun itue awalnya memiliki skuat sementara berjumlah 55 pemain pada Oktober lalu yang akan dikurangi menjadi 26 untuk terlibat dalam turnamen sepak bola akbar empat tahunan.

Berikut daftar pemain Inggris di Piala Dunia 2022:

Kiper: Jordan Pickford (Everton), Aaron Ramsdale (Arsenal), Nick Pope (Newcastle United)

Belakang: Kieran Trippier (Newcastle), John Stones (Manchester City), Kyle Walker (Manchester City), Luke Shaw (Manchester United), Harry Maguire (Manchester United), Ben White (Arsenal), Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Eric Dier (Tottenham), Conor Coady (Everton)

Tengah: Declan Rice (West Ham), Kalvin Phillips (Manchester City), Mason Mount (Chelsea), Jordan Henderson (Liverpool), Jude Bellingham (Dortmund), Conor Gallagher (Chelsea)

Depan: Harry Kane (Tottenham), Callum Wilson (Newcastle), Raheem Sterling (Chelsea), Phil Foden (Manchester City), Jack Grealish (Manchester City), Bukayo Saka (Arsenal), Marcus Rashford (Manchester United), James Maddison (Leicester City).

 


Laga Perdana Inggris

Pertandingan perdana Timnas Inggris di Piala Dunia 2022 adalah melawan Iran yang akan digelar Senin, 21 November 2022. Harapan besar pasti berada di kepala suporter Inggris yang berharap misi "Coming Home" bisa dicapai pada Piala Dunia edisi tahun ini.

Sayangnya, performa "The Three Lions" malah sedang jeblok di kancah internasional. Mereka tidak pernah menang satu kali pun dalam seluruh 6 pertandingan Grup A UEFA National League 2022-2023.

Tim asuhan Gareth Southgate itu terakhir kali merasakan kemenangan pada 29 Maret 2022. Setelahnya, Inggris selalu kesulitan saat hadapi Hungaria, Italia dan Jerman baik di kandang maupun tandang.

Southgate sedang mengalami dilema dalam pemilihan pemain, terutama di sektor bek kanan, gelandang tengah, dan kreator permainan. Ketiga titik ini yang belakangan jadi sorotan para pundit.

Sedangkan Iran sudah pasti ingin memberikan kejutan di awal Piala Dunia 2022 ini. Penampilan skuat asuhan Carlos Queiroz ini pun cukup meyakinkan di bulan-bulan terakhir.

Iran sukses menang 1-0 atas Uruguay dan tahan imbang Senegal (1-1) dalam laga persahabatan akhir September kemarin.

Sardar Azmoun yang saat ini bermain lawan Bayer Leverkusen tentu diharapkan jadi katalis lini depan Iran, bersama Mehdi Taremi. Sosok Alireza Jahanbakhsh dan Sama Ghoddos harus jadi perhatian di lini tengah.

Pertandingan antara Inggris melawan Iran akan digelar di Stadion Internasional Khalifa pada 21 November 2022 pukul 20.00 WIB.

Infografis Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya