Timnas Maroko Umumkan 26 Pemain Terpilih untuk Piala Dunia 2022

Atlas Lions tergabung dalam Grup F bersama tim kelas berat Eropa, Belgia dan Kroasia, serta perwakilan Amerika Utara Kanada.

oleh Muhammad Rizal diperbarui 11 Nov 2022, 10:00 WIB
Winger Timnas Maroko, Hakim Ziyech. (OZAN KOSE / AFP)

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Maroko, Walid Regragui telah menunjuk skuad Maroko untuk Piala Dunia 2022 di Qatar. Playmaker Chelsea Hakim Ziyech termasuk dalam daftar 26 pemain yang akan dibawa ke Timur Tengah. 

Hakim Ziyech baru-baru ini menghabiskan waktu di belantara internasional, sementara ia juga jarang tampil untuk tim Liga Primer Inggris sejak kedatangan Graham Potter menggantikan Thomas Tuchel yang dipecat.

Namun, pemain berusia 29 tahun itu akan bekerja sama dengan sejumlah pemain berbakat yang dikapteni oleh mantan bek Wolverhampton Wanderers, Romain Saiss. 

Selain memiliki penjaga gawang Sevilla Yassine Bounou di antara tiang gawang, Regragui diberkati dengan pertahanan profil tinggi yang mencakup Achraf Hakimi dari Paris Saint-Germain dan bek tengah West Ham United Nayef Aguard.

Amine Harit, sekarang di Marseille, adalah nama bintang di lini tengah, dengan Sofyan Amrabat dari Fiorentina juga diharapkan memainkan peran kunci dalam tim. 

Pemain Queens Park Rangers Ilias Chair akan berharap untuk menghubungkan lini tengah dengan serangan selama tahap turnamen, di mana pentolan Sevilla Youssef En-Nesyri harus memimpin lini depan.

Mantan pemain sayap Southampton Sofiane Boufal, sekarang di Angers, mungkin juga memiliki peran penting jika Maroko ingin menantang tempat di babak sistem gugur.

Atlas Lions tergabung dalam grup bersama tim kelas berat Eropa Belgia dan Kroasia, serta perwakilan Amerika Utara Kanada. Maroko memulai kampanye mereka dengan pertarungan melawan Kroasia di Al Khor pada 23 November.

 


Daftar 26 Pemain Maroko

Timnas Maroko. (AFP/Javier Soriani)

Kiper: Yassine Bounou (Sevilla), Munir Mohamedi (Al Wehda), Ahmed Reda Tagnaouti (Wydad AC).

Bek: Romain Saiss (Besiktas), Achraf Hakimi (Paris Saint-Germain), Nayef Aguerd (West Ham United), Noussair Mazraoui (Bayern Munich), Jawad El Yamiq (Real Valladolid), Achraf Dar (Brest), Badr Benoun (Qatar SC), Yahia Attiyat Allah (Wydad AC)

Gelandang: Sofyan Amrabat (Fiorentina), Selim Amallah (Standard Liege), Amine Harit (Marseille), Ilias Chair (Queens Park Rangers), Azzedine Ounahi (Angers), Yahya Jabrane (Wydad AC), Abdelhamid Sabiri (Sampdoria), Bilal El Khannous (Genk)

Striker: Youssef En-Nesyri (Sevilla), Hakim Ziyech (Chelsea), Sofiane Boufal (Angers), Abderrazak Hamdallah (Al-Ittihad), Zakaria Aboukhlal (Toulouse), Abde Ezzalzouli (Osasuna), Walid Cheddira (Bari)


Perjalanan Timnas Maroko ke Piala Dunia

Piala Dunia - Ilustrasi Timnas Maroko (Bola.com/Adreanus Titus)

Timnas Maroko berhasil lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar yang berlangsung 21 November hingga 18 Desember. Ini jadi penampilan kedua beruntun The Atlas Lions pada pesta sepak bola empat tahun ini. 

Empat tahun lalu, Maroko juga berhasil tampil di babak utama Piala Dunia Rusia 2018. Hanya saja, langkah mereka terhenti di babak penyisihan grup. 

Maroko lolos ke Piala Dunia 2022 melalui play-off babak ketiga kualifikasi zona Afrika, Maret lalu. Mereka meraih kemenangan besar 4-1 atas Republik Demokratik Kongo dalam laga yang berlangsung di Stadion Mohamed V.

Gol dari Maroko dicetak oleh Azzedine Ounahi pada menit 21 dan 54, Tarik Tissoudali menit 45+7 serta Achraf Hakimi di menit ke-69. Sedangkan Republik Demokratik Kongo memperkecil kedudukan pada menit 77 melalui Ben Malango. 

Sebelumnya, pada leg pertama Maroko cuma bermain imbang dengan skor 1-1 melawan Republik Demokratik Kongo di Kinshasa. 

Ujian sesungguhnya sudah menanti Timnas Maroko di Piala Dunia Qatar. Mereka tergabung di Grup F bersama dua raksasa Eropa yakni Belgia dan Kroasia. Satu tim lainnya yakni Kanada.

Dua tim dari Eropa jelas bakal menjadi lawan terberat bagi Maroko. Belgia meski belum mengukir prestasi di turnamen besar tetap bukan lawan mudah. Mereka diisi pemain-pemain top kelas dunia di setiap lininya.

"Ini hasil undian yang sangat sulit karena kami harus bermain dengan runner-up Piala Dunia 2018, Kroasia, Belgia yang berada di posisi ketiga dan tim terbaik di Amerika Utara, Kanada," ujar Vahid Halilhodzic, saat masih menangani Maroko.


Sejarah Maroko di Piala Dunia

Timnas Maroko siap memberikan kejutan di Piala Dunia 2018. (AFP/Fadel Senna)

Timnas Maroko sudah enam kali berpartisipasi di Piala Dunia FIFA. Capaian terbaik mereka yakni finis sebagai pemuncak grup pada Piala Dunia 1986.

Kala itu, Maroko tergabung di Grup F bersama Inggris, Polandia dan Portugal. Mereka mengoleksi lima poin dengan hasl dua kali imbang melawan Polandia dan Inggris, serta bisa mengalahkan Portugal 3-1.

Capaian itu membuat Maroko menjadi tim asal Afrika dan Arab pertama dan satu-satunya yang finis di puncak grup di Piala Dunia FIFA. Sayang langkah mereka terhenti di babak 16 besar usai ditekuk Jerman Barat 0-1. 


Jadwal Pertandingan Maroko

Rabu, 23 November 2022

 

17:00 WIB: Maroko vs Kroasia di Al Bayt Al-Khor Stadium

 

Minggu, 27 November 2022

 

20.00 WIB: Belgia vs Maroko di Al Thumama Stadium

 

Kamis, 1 Desember 2022

 

22.00 WIB: Kanada vs Maroko di Al Thumama Stadium

Infografis Grup F Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya