Kevin Conroy Dubber Batman Kartun Era 1990-an Meninggal Dunia di Usia 66 Setelah Mengidap Kanker

Pengisi suara Batman di serial animasi Batman: The Animated Series, Kevin Conroy, meninggal dunia di usia yang ke-66.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 12 Nov 2022, 14:49 WIB
Batman di serial animasi kartun Batman: The Animated Series. (Warner Bros. Animation via IMDb)

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari dunia superhero DC. Kevin Conroy, dubber alias pengisi suara Batman di serial animasi Batman: The Animated Series, meninggal dunia di usia yang ke-66. Serial kartun tersebut sempat tayang di Indonesia melalui SCTV pada 1993 silam.

Melansir Hollywood Reporter, Sabtu (12/11/2022), Kevin Conroy diketahui meninggal dunia pada Jumat (11/11/2022) di New York, AS. Menurut rilis pers Warner Bros. Discovery, Kevin Conroy mengembuskan napas terakhir setelah cukup lama mengidap penyakit kanker.

Pengumuman meninggalnya pria kelahiran 30 November 1955 ini juga sempat disebarkan pertama kali oleh Diane Pershing melalui akun Facebook miliknya. Pershing merupakan salah satu sahabat sang aktor yang juga pengisi suara musuh Batman, Poison Ivy, di serial animasi tersebut.

"Berita yang sangat menyedihkan: pengisi suara Batman kita yang tercinta, Kevin Conroy, meninggal kemarin. Dia sudah sakit untuk sementara waktu tetapi dia benar-benar menghabiskan banyak waktu untuk bagian menyenangkannya, untuk kegembiraan semua penggemarnya." tulis Diane Pershing dalam pengumumannya.

 


Kesedihan Penggemar

Kevin Conroy, aktor yang dikenal sebagai pengisi suara Batman di serial animasi kartun Batman: The Animated Series saat berada di Batman: Arkham Asylum Game Panel di ComicCon 2009. (Candice Dunlap/Bumpass, VA, USA via Wikimedia Commons)

Meninggalnya Kevin Conroy pun menimbulkan kesedihan mendalam di dalam hati penggemar. Beberapa fans menyampaikan belasungkawa serta penghormatan terhadap sang Batman kartun.

"Aku benar-benar patah hati. Kevin Conroy adalah Batman saya selama beberapa dekade, dan saya masih tidak percaya dia telah pergi. Sungguh seorang pria dengan hati yang manis dan periang yang pernah saya temui. Beristirahatlah dengan tenang, Tuan Conroy. Belasungkawa saya kepada teman-temannya, keluarga, dan semua penggemar Batman," tulis seorang penggemar

"RIP legenda. Anda telah menyuarakan karakter legendaris ini selama bertahun-tahun dan menginspirasi jutaan orang melalui pekerjaan Anda, dan sekarang saatnya bagi Anda untuk beristirahat. Tak apa-apa, Gotham (kota tempat Batman beraksi) aman. Anda akan dirindukan, Kevin Conroy, Dan Anda akan selalu menjadi Batman," ungkap yang lainnya.

 


Duka Joker dan DC

Pemeran Luke Skywalker dalam film "Star Wars", Mark Hamill berpose saat dianugerahi Hollywood Walk of Fame di Los Angeles (8/3). (Jordan Strauss / Invision / AP)

Duka cita juga disampaikan oleh pengisi suara Joker di serial animasi tersebut, yaitu Mark Hamill, aktor kawakan yang juga dikenal sebagai Luke Skywalker di film-film Star Wars. Bersama ucapan belasungkawa, ia turut mengunggah foto kedekatannya dengan Conroy melalui akun Twitter @MarkHamill.

"Terkejut dengan perginya aktor brilian ini. Kata-kata tidak bisa mengungkapkan kekaguman dan rasa hormat saya untuk pria ini. Saya mencintainya seperti saudara. #RIPKevinConroy 💔," tulis Hamill.

Belasungkawa juga turut disampaikan oleh pihak DC melalui akun Twitter @DCComics.

"DC sangat berduka atas meninggalnya Kevin Conroy, aktor legendaris dan pengisi suara Batman selama beberapa generasi. Dia akan selamanya dirindukan oleh teman, keluarga, dan penggemarnya," tulis akun resmi DC sambil mengunggah link rilis pers resmi mereka terhadap kabar ini.

 


Kiprah Kevin Conroy

Kevin Conroy sangat dikenal sebagai pengisi suara di balik Batman dalam Batman: The Animated Series. Serial animasi DC Comics tersebut mengudara sejak 1992 hingga 1995 di Amerika Serikat.

Selain serial televisi, Conroy juga memerankan Batman di hampir 60 produksi yang berbeda, termasuk 15 film dan 400 episode televisi serta video game Batman: Arkham City (2011) dan Batman: Arkham Knight (2015).

Selain mengisi suara, Kevin Conroy juga pernah menjadi Bruce Wayne alias Batman di serial live-action Batwoman (2019) serta dua event serial televisi DC besutan CW yaitu Crisis Aftermath (2019) dan Crisis on Infinite Earths.

Infografis Cara Pindah Dari TV Biasa Ke TV Digital

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya