Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Tangerang Terendam Banjir Setinggi 1 Meter

ratusan rumah di Perumahan Tomang, Gelam Jaya, Pasarkemis, Kabupaten Tangerang, terendam banjir melebihi 1 meter, Sabtu (12/11/2022).

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 13 Nov 2022, 01:10 WIB
Banjir di Kabupaten Tangerang. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Jakarta - Akibat tanggul jebol, ratusan rumah di Perumahan Tomang, Gelam Jaya, Pasarkemis, Kabupaten Tangerang, terendam banjir melebihi 1 meter, Sabtu (12/11/2022). Akibatnya, banyak warga yang mengungsi di Mushola Al-Muhajirin, yang berada dekat lokasi kejadian.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut membuat tanggul yang memisahkan antara rumah warga dengan situ, jebol.

Akibatnya, rumah warga langsung terendam banjir dengan cepatnya.

"Banjir-banjir, tanggul jebol. Tolong, sudah jebol," ujar warga dalam video yang diterima sejumlah wartawan.

Banjir pun meluas ke pemukiman warga lainnya di perumahan tersebut. Warga yang memiliki rumah dua lantai, memilih untuk berdiam diri di lantai dua.

Sementara, Abdul Munir Kabid Kedaruratan Dan Logistik BPBD kabupaten Tangerang mengatakan, sejak sore hari petugas sudah siagakan perahu karet untuk kepentingan evakuasi warga.

"Sudah patroli dengan perahu karet. Banjir ini terjadi di RW 17, Perumahan Tomang, Gelam Jaya, Pasarkemis. Kami juga lakukan evakuasi warga ke Mushola Al-Muhajirin," ujarnya.


40 KK Terdampak Banjir

Ilustrasi banjir. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Hingga saat ini ada ratusan warga dari 40 KK yang terdampak banjir, memilih mengungsi di mushola tersebut. Petugas medis, TNI/Polri pun ikut siaga di lokasi banjir.

Sementara, banjir juga melanda Kecamatan Periuk Kota Tangerang. Akses jalan menuju perumahan seperti di Jembatan Alamanda yang melintasi Kali Sabi, juga sama sekali tidak bisa dilewati pengendara.

Infografis Banjir Rob dan Jebolnya Tanggul Laut di Semarang. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya