5 Aksi Nobar Piala Dunia 2022 yang Berpotensi Kena Semprit

Piala Dunia 2022 menjadi ajang sepak bola yang paling dinanti-nanti. Tak harus datang ke Qatar, euforia pelaksanaan FIFA World Cup tahun ini juga bisa dirasakan dengan melakukan nobar. Namun, ada lima hal terkait nobar yang perlu Anda hindari agar tidak mendapat teguran dari pihak berwenang. Simak penjelasan lengkapnya melalui artikel berikut!

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 16 Nov 2022, 20:13 WIB
Suasana nobar resmi berlisensi di Black Stone Garage, Jakarta, Sabtu (22/10/2022). (Bola.com/M iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa, putaran final Piala Dunia 2022 akan dimulai dalam kurun waktu lima hari. Pertandingan pertama yang mempertemukan tuan rumah Qatar dengan Ekuador dijadwalkan berlangsung pada 20 November 2022 di Stadion Al Bayt.

Sekadar informasi, Piala Dunia 2022 terbilang unik. Pasalnya ini merupakan kali pertama kompetisi sepak bola paling akbar sedunia diselenggarakan di kawasan Timur Tengah. Waktu pelaksanaannya pun jatuh pada akhir tahun, berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya.

Selain soal waktu dan tempat, pemain-pemain yang tampil di Piala Dunia Qatar juga menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton untuk menyaksikan ajang sepak bola empat tahunan itu. Sebut saja Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Duo pesepak bola yang kerap dilabeli sebagai pemain terbaik era ini berpotensi mengecap panggung terakhir Piala Dunia di Qatar. Sebabnya, usia kedua pemain memang tak lagi muda. Messi saat ini sudah berumur 35 tahun, sementara Ronaldo menginjak usia 37.

Mantan rival di El Clasico itu diprediksi bakal berjuang mati-matian untuk membela negaranya dan meraih trofi keramat berbahan emas. Hasil positif dibutuhkan demi melengkapi daftar prestasi mereka sebelum memutuskan untuk gantung sepatu.

Tak harus datang jauh-jauh ke Qatar, euforia Piala Dunia 2022 juga bisa dirasakan dengan nonton bareng (nobar) pertandingan Piala Dunia di venue-venue tertentu. Hingga kini terdapat sejumlah lokasi yang sudah mulai bersolek untuk mempersiapkan diri jelang dimulainya perhelatan.

Namun selain tampilan, masih ada satu hal utama yang perlu diperhatikan oleh pengelola venue nobar serta penonton sebelum merealisasikan kegiatannya, yakni lisensi.

Seperti diketahui, SCM Grup dipercaya menjadi official broadcaster Piala Dunia di Indonesia. SCM, yang diwakili oleh PT Indonesia Entertainmen Grup (IEG) selaku mitra kegiatan nobar, juga rutin melakukan pengawasan serta penindakan terhadap venue yang menggelar nobar tanpa mengantongi lisensi.

Penggemar bola yang sudah memiliki paket nonton Piala Dunia di akun Vidio pun berpotensi mendapat teguran jika melakukan aksi nobar. Seperti disampaikan oleh Belafonti selaku GM Business Development & Content IEG berikut hal-hal terkait nobar yang sebaiknya jangan dilakukan agar tidak kena semprit!


Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Suasana nobar resmi di Black Stone Garage, Jakarta, pada Sabtu (22/10/2022). (Bola.com/M iqbal Ichsan)

Berikut lima hal terkait nobar Piala Dunia Qatar 2022 yang wajib dihindari.

1. Menggunakan akun OTT/Pay TV pribadi untuk kegiatan nonton bersama

Meskipun sudah memiliki akun pribadi Vidio atau Nex Parabola yang memungkinkan Anda untuk menyaksikan siaran Liga Inggris dan Piala Dunia 2022, bukan berarti akun tersebut bisa digunakan untuk nonton bersama. Seperti namanya, akun pribadi hanya ditujukan untuk penggunaan personal, bukan untuk kebutuhan nobar.

2. Melakukan kegiatan nonton bersama di ruang publik, yang berpotensi mendatangkan keramaian

Hal ini juga menjadi salah satu aksi nobar yang tidak boleh dilakukan dan berpotensi menyalahi aturan, terutama jika dilakukan di area komersial.

Jika Anda adalah pihak yang memang ingin menggelar acara nobar, Anda dapat melakukan registrasi dan pembelian lisensi dari IEG atau agen resmi yang mewakili.

3. Melakukan promosi, baik secara online maupun offline, agar khalayak umum datang ke venue

4. Menarik bayaran bagi pengunjung yang datang ke venue, baik berupa tiket masuk, cover charge, dll

5. Meminta pengunjung melakukan pembelian tertentu dengan/tanpa nilai minimal tertentu


Cara Pendaftaran Lisensi

Suasana nobar resmi pertandingan Nottingham Forest vs Liverpool di Black Stone Garage, Jakarta, Sabtu (22/10/2022). (Bola.com/M iqbal Ichsan)

Untuk menghindari teguran dan hukuman dari pihak berwenang, terutama yang terkait dengan lisensi, Anda dapat melakukan registrasi dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Venue menginformasikan nama, alamat, kapasitas, dan apakah terdapat penjualan Hard Liquor selain golongan A.
  • IEG memberikan Proposal Public Viewing atau Nonton Bersama Premier League dan FIFA World Cup 2022.
  • Setelah mendapatkan proposal, pihak venue konfirmasi melakukan pendaftaran sebagai Partner Nonton Bersama.
  • IEG mengirimkan FIP (Form Izin Penayangan) dan meminta dokumen (copy) NPWP dan KTP dari pihak venue untuk proses administrasi.
  • Finance IEG mengirimkan email proforma/invoice
  • Venue konfirmasi sudah melakukan transfer/pembayaran
  • IEG mengkonfirmasi pembayaran dan venue resmi terdaftar sebagai Partner Nonton Bersama

Setelah Registrasi Sukses

Ilustrasi trofi piala dunia (AFP)
  • Setelah FIP lengkap sudah diisi oleh pihak venue, FIP dikembalikan ke IEG dalam bentuk soft file/scanned document
  • IEG submit informasi venue di website IEG sport hub di link: ieg.id/nobar
  • Setelah proses penginputan informasi di website IEG, pihak IEG akan mengirimkan Barcode yang apabila di-scan oleh kamera hp akan muncul informasi kerja sama venue yang masih aktif dengan kode warna hijau dan apabila status sudah inactive akan muncul kode berwarna merah
  • IEG memberikan Template Flyer Promo Nonton Bersama ke Pihak Venue
Infografis Stadion Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya