Ahmad Dhani Blak-blakan Sebut Once Mekel Tak Pernah Bayar Royalti Usai Menyanyikan Lagunya

Menyinggung royalti, Ahmad Dhani baru mengakui hal yang mengganjal dari salah satu sahabatnya, Once Mekel.

oleh Ruly Riantrisnanto diperbarui 17 Nov 2022, 08:14 WIB
Ahmad Dhani - Once sewaktu momen Pemilihan Umum. (Adrian Putra/bintang.com)

Liputan6.com, Jakarta Ahmad Dhani akhirnya membeberkan satu hal yang selama ini tak pernah disinggung di depan publik. Berawal dari pembahasan seputar pembayaran royalti, ia mengakui bahwa selama ini salah satu rekan sekaligus sahabatnya tak pernah bayar royalti kepadanya.

Sahabat yang dimaksud Ahmad Dhani adalah Once Mekel. Pengakuan itu disampaikan secara langsung oleh Dhani saat ia berbincang dengan Vincent Rompies, Desta Mahendra, dan Enzy Storia di acara milik ketiga presenter kocak tersebut, Tonight Show Premier.

Awalnya, Ahmad Dhani membeberkan seputar sikapnya yang hampir tak pernah menggunakan jasa lembaga kolektif agar karya-karyanya dibayar. Ia pun bertindak sendiri dalam hal meminta royalti dengan menghubungi orang-orang yang telah membawakan lagu-lagunya.

Salah satunya, Ari Lasso yang juga vokalisnya di Dewa 19. Ketika menyinggung nama Once, barulah Ahmad Dhani mengakui satu hal yang mengganjal dari sahabatnya yang juga vokalis kedua Dewa 19 setelah Ari Lasso.

 


Tak Menggunakan Jasa Lembaga

Ahmad Dhani di Synchronize Fest 2022. (Kapanlagi/Bayu Herdianto)

Sebelum menyebut nama Once, Ahmad Dhani mengaku sering menghubungi Reza Artamevia yang beberapa kali pernah membawakan lagu-lagu ciptaannya. Dari situlah tercipta kesepakatan per orang.

"Kalau gue, misalnya sama Ari Lasso, langsung telepon sendiri saja. Enggak perlu lewat lembaga. Pakai personal agreement saja. Sama Reza juga sama," kata Ahmad Dhani.


Berjalan Alot dengan Once

Once Mekel [Foto: Julian Edward/Liputan6.com]

Namun secara tersirat, Ahmad Dhani mengakui bahwa sikapnya tersebut tak selalu berjalan sesuai harapan.

Barulah setelah itu ia menyebut nama Once sebagai musisi yang hingga kini belum bayar royalti setelah menyanyikan lagu-lagu ciptaannya.

"Yang belum Once, masih agak alot," ceplos Ahmad Dhani kepada Desta dan kawan-kawan.

 


Tak Pernah Mau Bayar

Lucunya, Desta seolah menyangka bahwa Once selama ini tak pernah membawakan lagu-lagu ciptaan Ahmad Dhani dengan bertanya, "Dia berarti enggak pernah bawain lagu lu?"

"Bawain, tapi enggak pernah mau bayar," Ahmad Dhani menanggapi.

"Wah kurang ajar itu," timpal Desta spontan.

"Lu teleponlah dia supaya bayar," ceplos Ahmad Dhani merespons reaksi Desta.

Infografis: 14 Layanan Publik Komersial Yang Wajib Bayar Royalti Lagu (Liputan6.com / Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya