10 Tips Agar Kamu Bisa Mengembalikan Motivasi

Tahukah kamu rasa malas disebabkan oleh berbagai alasan? Salah satunya karena seseorang kehilangan motivasi.

oleh Shintya Tifanny Affifah diperbarui 18 Nov 2022, 15:15 WIB
Ilustrasi semangat, motivasi. (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta - Rasa malas kerap kali menghampiri seseorang, dan tidak jarang membuat seseorang merasa seperti tidak ingin melakukan apapun.

Tahukah kamu rasa malas disebabkan oleh berbagai alasan? Salah satunya karena seseorang kehilangan motivasi.

Motivasi adalah dorongan untuk mencapai tujuan atau kebutuhan kamu. Dorongan itu bisa berasal dari dalam diri atau dari orang lain yang membuat kamu merasa terdorong. 

Melansir laman Healthdirect.com, Jumat (18/11/2022), menemukan atau memiliki motivasi dalam diri adalah sesuatu yang tidak mudah dan cukup menantang. 

Meskipun banyak orang yang menginginkan perubahan dan mencapai tujuan dalam hidupnya, namun mereka tidak cukup motivasi untuk bisa mewujudkan atau mencapai tujuannya itu. Hal tersebut terjadi lantaran motivasi dipengaruhi oleh beberapa hal berikut:

- Seberapa besar kamu menginginkan tujuan tersebut. 

- Apa yang akan kamu peroleh.

- Apa yang akan kamu korbankan atau menjadi hilang jika tidak mencapai tujuan kamu.

- Harapan pribadi kamu. 

Memiliki motivasi dalam diri itu sangat penting karena beberapa alasan:

- Memberikan kamu tujuan untuk diusahakan. Sehingga kamu tidak akan terjebak dengan rasa malas. Karena kamu memiliki tujuan dan tahu apa yang harus kamu lakukan. 

- Membantu kamu memecahkan masalah.

- Membantu kamu mengubah kebiasaan lama.

- Membantu kamu mengatasi tantangan dan menghadapi peluang. 

Lalu, bagaimana cara untuk mendapatkan motivasi? Perlu diketahui, setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk memiliki motivasi diri atau termotivasi, berikut penjelasannya:


Pahami Diri Sendiri dan Cari Alasan

Ilustrasi semangat, motivasi. (Gambar oleh Jerry Kimbrell dari Pixabay)

Mengingat pentingnya untuk memiliki motivasi dalam diri, termasuk untuk mencapai kebahagiaan dan keikhlasan dalam bekerja atau melakukan sesuatu, simak sampai tuntas artikel ini, untuk mengetahui cara mendapatkan motivasi.

Melansir laman Inc.com, berikut 10 cara untuk mendapatkan motivasi:

1. Pahami Diri Sendiri

Kamu harus mengenal diri kamu dengan baik. Caranya dengan mengidentifikasi apa yang membuat kamu malas, apa yang membuat kamu merasa tidak nyaman, dan apa yang membuat kamu senang dan bersemangat.

Sehingga kamu tahu solusi apa yang bisa membuat kamu memiliki motivasi lagi. Jika kamu lelah mungkin kamu bisa istirahat sejenak, dan memulainya di jam tertentu. Atau dengan cara hindari begadang jika hal itu bisa membuat kamu malas bangun pagi. 

2. Cari Alasan 

Terkadang bukan 'apa' atau 'bagaimana' yang penting, tetapi pertanyaan 'mengapa'. Coba buat penjelasan mengapa kamu harus melakukannya (Sesuatu yang sedang kamu kerjakan), hal ini bisa membuat kamu kembali termotivasi untuk melakukannya. 


Tentukan Tujuan yang Jelas dan Buat Rencana

Ilustrasi semangat, motivasi. (Sumber: Pixabay)

3. Tentukan Tujuan yang Jelas

Tujuan yang jelas dalam hidup bisa membuat kamu tetap tersenyum melakukan apa yang sedang kamu kerjakan. Ciptakan visi setinggi mungkin, karena kamu hanya dapat mencapai apa yang kamu lihat. 

4. Membuat Rencana

Buatlah rencana, apa yang harus kamu lakukan saat kamu memiliki tujuan dan visi. Apa yang harus kamu lakukan setiap harinya. Termasuk, kamu harus memiliki rencana, kapan waktu kamu bisa melewatkan kegiatan yang sudah direncanakan untuk mencapai tujuan.

Misalkan, Senin sampai Jumat kamu harus pergi ke kantor dan harus bangun pagi, sehingga kamu tidak bisa begadang di hari itu, buatlah rencana begadang hari Jumat malam dan bangun siang di hari Sabtu. 

 


Cari Gambaran Lebih Besar hingga Lakukan Tugas dengan Cara Berbeda

Ilustrasi Mencari Motivasi Credit: pexels.com/pixabay

5. Cari Gambaran yang Lebih Besar

Ketika kamu harus tetap termotivasi, pikirkan gambaran yang lebih besar, buatlah impian sebesar mungkin dan melihat orang hebat yang lebih sukses dari kamu, apa yang mereka lakukan untuk meraihnya, dan jadikan itu sebagai idola kamu. Pikirkan bahwa kamu mungkin bisa seperti orang yang kamu idolakan jika kamu melakukan pekerjaan kamu dengan baik. 

6. Positif Thinking 

Pikiran positif atau positif thinking mengarahkan kita untuk bertindak positif. Pikirkan hal baik yang akan terjadi jika kamu melakukan kegiatan kamu. 

7. Melakukan Tugas Dengan Cara yang Berbeda

Lakukan tugas dengan cara yang bervariasi, kamu mungkin akan bosan jika setiap hari WFH (bekerja di rumah), kamu mungkin bisa mengerjakan pekerjaan kantor di perpustakaan, atau sambil berkumpul dengan teman dan berkelompok. Hal ini bisa menumbuhkan semangat dan motivasi kamu. 


Menetapkan Batasan hingga Lakukan Self Reward

Ilustrasi semangat, motivasi, inspirasi. (Gambar oleh Aaron Cabrera dari Pixabay)

8. Menetapkan Batasan Waktu

Hal yang harus kamu hindari adalah terus terlena dengan pekerjaan kamu, karena hal ini bisa menyebabkan kamu kehabisan energi, dan kehilangan motivasi di keesokan harinya. Pikirkan bahwa kamu harus melakukan sesuatu yang kamu kerjakan dengan batasan tertentu. Agar kamu tidak kehabisan energi dan motivasi di keesokan harinya. 

9. Hentikan Multitasking

Jangan membagi perhatian kamu kepada tugas-tugas, tetapi fokuslah pada satu tugas. Satu per satu selesaikan. Hindari gangguan, yang bisa membuat fokusmu terbagi. 

10. Self Reward 

Berikan penghargaan pada diri kamu, puji dan berterima kasihlah pada diri kamu setiap selesai melakukan aktivitas. Hal ini bisa membuat kamu dihargai oleh diri kamu sendiri dan membuat kamu memiliki perasaan lebih baik keesokan harinya.

Selain itu, kamu juga bisa membeli apa yang kamu inginkan sebagai bentuk self reward. Sehingga kamu akan lebih semangat bekerja untuk mendapatkan hadiah-hadiah lainnya. 

Infografis Ancaman Gelombang PHK Massal Akibat Corona. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya