Profil Mohamed Al Owais: Benteng Terakhir Arab Saudi yang Bikin Argentina Tumbang di Piala Dunia 2022

Al Owais bikin Argentina gigit jari di laga perdana Grup C Piala Dunia 2022

oleh Alan Kusuma diperbarui 22 Nov 2022, 22:32 WIB
Namun kapten Timnas Argentina itu resmi mencatatkan rekor apik bersama La Albiceleste. Gol yang dicetak Lionel Messi itu membuat sang striker resmi menjadi pemain Argentina pertama yang mencetak gol di empat edisi Piala Dunia. (AP Photo/Luca Bruno)

Liputan6.com, Jakarta - Mohamed Al Owais tampil gemilang di bawah mistar Arab Saudi. Bertemu Argentina pada laga pembuka Grup C Piala Dunia 2022, ia membantu negaranya menang dengan skor 2-1.

Al Owais sejatinya harus memungut bola dari jalanya pada menit ke-10. Sepakan penalti megabintang Timnas Argentina, Lionel Messi, gagal ia tepis.

Setelah gol tersebut, Al Owais tampil luar biasa. Laman penyedia statistik WhoScored mencatat, 4 dari 5 penyelamatan yang dibuatnya untuk Timnas Arab Saudi bikin pemain Argentina gigit jari.

Aksi memukai Al Owais dimulai pada menit ke-64. Ia sukses menggagalkan peluang Nicolas Tagliafico yang sudah berada di depan gawang.

Selanjutnya, Al Owais sukses menggagalkan dua peluang Aregntina yang salah satunya lahir dari Angel Di Maria. Upaya terobosan Argentina sukses ia mentahkan.

Penyelamatan tak kalah penting dilakukan saat mengamankan sundulan Julian Alvarez. Dengan sedikit terbang dan menjatuhkan badan, Al Owais memetik bola di udara.

 


Profil Mohamed Al Owais

Al Owais lahir di Al Hasa, Arab Saudi. Pemain berposisi penjaga gawang ini lahir pada 10 Oktober 1991.

Al Owais memulai karier sepak bolanya di akademi Al-Shabab. Pada 2012 hingga 2017, ia mulai dipercaya turun sebagai benteng terakhir.

Selama lima tahun membela Al-Shabab, Al Owais mencatatkan 31 penampilan. Dan setelah masa baktinya rampung, ia pindah ke Al-Ahly.

Selama di Al-Ahly, Al Owais juga bermain selama 5 tahun. Tercatat, ia mencatatkan 92 penampilan di seluruh lintas ajang.

Pada 2022, Al-Hilal mengamankan jasanya. Dan di tahun pertamanya di klub tersebut, ia akhirnya sukses menjuarai Saudi Arabian Champions.

 


Karier di Timnas Arab Saudi

Lionel Messi beberapa kali mengancam gawang Arab Saudi yang dijaga oleh Mohammed Al-Owais.Namun barisan pertahanan Arab Saudi masih kompak untuk terus mengawal pergerakan Messi. (AP Photo/Luca Bruno)

Al Owais mengawali kariernya di Timnas Arab Saudi pada 2014. Ketika itu, dia dipercaya menjaga gawang Timnas U-23.

Berselang satu tahun setelahnya, Al Owais dipercaya naik ke timnas Arab Saudi. Hingga saat ini, pemain dengan tinggai 187 sentimeter ini terus menjadi langganan pemanggilan.

Bicara soal Piala Dunia, Al Owais menjalani debutnya untuk Arab Saudi saat berjumpa Timor Leste. Ketika itu, kedua negara ini bertemu di babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Asia.

Untuk tampil di  Piala Dunia, Al Owais sudah menjalaninya pada 2018 lalu. Ketika Arab Saudi bersua Uruguay, pemain 31 tahun ini terlibat saat negaranya kalah 0-1.

Di ajang Piala Dunia 2022, Al Owais kembali dipercaya sebagai penjaga gawang utama Arab Saudi. Tak salah karena ia mampu menjawab kepercayaan pelatih dengan bermain gemilang.

 

Lihat sukses Arab Saudi membungkam Argentina di tautan berikut ini... 

Infografis Grup C Piala Dunia 2022. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya