10 Negara Jago Sepak Bola yang Absen di Piala Dunia 2022, Salah Satunya Italia

Negara-negara ini terkenal langganan piala dunia, namun di Qatar 2022 mereka tak ikut.

oleh Switzy Sabandar diperbarui 25 Nov 2022, 14:00 WIB
Fabio Cannavaro. Eks bek tengah Italia yang kini berusia 49 tahun dan terakhir sempat membesut Guangzhou FC pada 2017 hingga 2021 ini menjadi bintang dalam putaran final Piala Dunia 2006 yang berlangsung di Jerman. Berkat kepemimpinannya sebaai kapten Timnas Italia, Gli Azzurri dibawanya menjuarai Piala Dunia 2006 usai mengalahkan Prancis 5-3 (1-1) lewat adu penalti. Di akhir turnamen ia terpilih sebagai salah satu dari 23 pemain yang masuk dalam All-star team. (AFP/Nicolas Asfouri)

Liputan6.com, Yogyakarta - Perhelatan ajang empat tahunan, Piala Dunia 2022, kembali digelar di Qatar. Sayangnya, beberapa tim nasional negara besar tak ikut turun ke lapangan.

Beberapa tim tersebut bahkan sudah langganan ke piala dunia, salah satunya Italia. Kegagalan di fase kualifikasi memaksa mereka untuk absen di Piala Dunia tahun ini.

Berikut deretan tim nasional negara absen Piala Dunia 2022 Qatar:

1. Chile

Chile merupakan salah satu tim terkuat yang mewakili zona Amerika Selatan (Conmebol). Pada laga terakhir fase kualifikasi, Chile gagal bersaing dengan Peru.

Kegagalan tersebut membuat Chile harus merelakan satu tiket di jalur playoff antarkonfederasi. Sementara itu, empat tim Amerika Selatan yang lolos otomatis adalah Brasil, Argentina, Uruguay, dan Ekuador.

2. Hungaria

Hungaria menjadi negara selanjutnya yang tak berhasil melewati babak kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar. Nama-nama besar dalam tim yang bermain di liga elite Eropa, seperti Ádám Szalai, Péter Gulácsi, dan Dominik Szoboszlai, gagal membawa Hungaria menjadi salah satu tim yang berlaga di Piala Dunia 2022.

Pada babak kualifikasi, Hungaria hanya menempati posisi keempat pada Grup I, sehingga gagal lolos.

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini:


3. Italia

Kekalahan 0-1 Italia kontra Makedonia Utara pada babak kualifikasi mengejutkan banyak orang. Betapa tidak, status juara Euro 2020 membuat Gli Azzurri, julukan Timnas Italia, seharusnya bisa lolos dengan mudah ke Piala Dunia 2022.

Namun, mereka justru harus menempuh jalur playoff untuk bisa terbang ke Qatar. Mereka harus mengakui kekalahannya di depan tim non-unggulan melalui satu gol di detik-detik akhir pertandingan.

Kegagalan Italia di Piala Dunia 2022 menambah panjang catatan kelam mereka setelah sebelumnya gagal lolos ke Piala Dunia 2018.

4. Kolombia

Meski sukses meraih kemenangan 1-0 atas Venezuela pada laga terakhir babak kualifikasi, Kolombia kalah bersaing dengan Peru. Kolombia hanya mampu menempati posisi keenam dengan perolehan 23 poin, sedangkan Peru unggul satu angka dan berhak menduduki peringkat kelima.

5. Mesir

Mohamed Salah dan tim harus kembali mengakui keunggulan Senegal yang diperkuat rekan setimnya di Liverpool, Sadio Mané. Setelah kalah di final Piala Afrika beberapa bulan lalu, Mesir kali ini juga gagal lolos ke Piala Dunia 2022.

Pertandingan penyisihan kedua tim ini ditentukan lewat adu penalti, setelah kedua tim agregat 1-1. Senegal berhasil meraih skor 3-1 sekaligus mengamankan satu tiket ke Qatar.

6. Nigeria

Nigeria adalah salah satu negara sepak bola terkuat di Afrika. Beberapa nama pemainnya tampil di Liga Inggris, salah satunya Kelechi Iheanacho, yang bermain di Leicester City.

Sebenarnya, Nigeria hanya butuh kemenangan setidaknya 1-0 untuk mengamankan tiket ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar. Sayangnya, Nigeria hanya mampu bermain imbang 1-1 di leg kedua.

 


7. Pantai Gading

Nama-nama mentereng, seperti Eric Bailly, Franck Kessié, Serge Aurier, Nicolas Pépé, dan Sébastien Hallers, gagal membawa Timnas Pantai Gading berlaga di Piala Dunia 2022. Kegagalan ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya juga gagal ke Piala Dunia 2018.

8. Republik Ceko

Republik Ceko harus mengubur impiannya untuk tampil di Piala Dunia 2022 akibat kekalahan tipis. Ceko tumbang dengan skor 0-1 melawan Swedia melalui gol di babak tambahan.

9. Swedia

Swedia juga harus mengubur impiannya untuk tampil di pesta sepak bola terakbar ini. Swedia kalah atas Polandia di final playoff kualifikasi Piala Dunia zona Eropa.

Striker gaek, Zlatan Ibrahimović, tak mampu membawa keunggulan untuk timnya. Sementara Polandia berhasil menelurkan dua gol melalui eksekusi penalti Robert Lewandowski pada menit ke-50 serta tendangan Piotr Zieliński di menit 72.

10. Ukraina

Ukraina juga menjadi salah satu tim yang gagal melenggang ke Piala Dunia 2022 Qatar. Timnas Ukraina yang kini diisi oleh pemain-pemain berkelas, seperti Oleksandr Zinchenko, Roman Yaremchuk, dan Ruslan Malinovskyi, kalah 0-1 dari Wales pada babak kualifikasi.

(Resla Aknaita Chak)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya