Cara Melindungi Diri dari Ancaman Kekerasan Seksual

Seseorang harus menyadari hal-hal yang menunjukan perilaku penyimpangan seksual yang ada di sekitar.

oleh Panji Prayitno diperbarui 25 Nov 2022, 22:00 WIB
Ilustrasi kekerasan seksual pada anak. (Dok. Freepik)

Liputan6.com, Jakarta - Kekerasan seksual kini diangga bukan lagi hal yang tabu. Kekerasan seksual marak terjadi disekitar kita.

Bahkan, ancaman kekerasan seksual yang mengintai siapa saja tanpa pandang bulu, perempuan, laki-laki, tua, muda dan semuanya.

Oleh karena itu, masyarakat diharuskan waspada dan mampu mengatasi upaya kekerasan seksual. Seseorang harus menyadari hal-hal yang menunjukan prilaku penyimpangan seksual disekitar.

Bila ada upaya kekerasan seksual, jangan sungkan untuk melaporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwenang, dan jangan malu untuk menceritakan kejadian yang sesungguhnya.

Berikut hal -hal yang dapat kamu lakukan ditempat umum, bila ditemukan seseorang pelaku kekerasan seksual.

Alihkan Perhatian

Saat kamu melihat seseorang mengalami pelecehan seksual, cobalah untuk mengalihkan perhatian korban. Jika memungkinkan, alihkan juga perhatian si pelaku.

Kamu dapat mengambil perhatiannya dengan sekedar bertanya hal-hal sederhana. Kamu juga dapat berpura-pura menjadi salah satu orang yang dikenal korban dan jika memungkinkan segera bawa korban ke tempat yang lebih aman.

Tegur Langsung

Jika kamu merasa mampu menangani pelaku dan telah memastikan kondisinya aman, cobalah untuk menegurnya secara langsung. 

Kamu dapat menghentikan tindakannya saat itu juga atau bahkan meminta bantuan orang-orang di sekitar jika keadaan semakin mengancam. Jika sudah semakin intens, ada baiknya untuk menghubungi pihak yang berwajib. 

 

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

 


Lapor Polisi

Jika kekerasan seksual terjadi di tempat umum yang jauh dari kantor polisi seperti mall, perkantoran, atau tempat hiburan lainnya, kamu dapat melapor kepada pihak berwajib seperti satpam yang bertugas. 

Namun, jika kekerasan seksual terjadi di transportasi umum seperti KRL, kamu bisa melapor kepada petugas kereta api. Hal ini agar kasus kekerasan seksual dapat segera ditangani dan korban mendapat perlindungan.

Rekam Kejadian

Salah satu cara yang paling mudah dapat kamu lakukan agar korban pelecehan seksual terbantu adalah dengan merekam kejadiannya. Saat sedang berada di ruang publik, cobalah untuk merekamnya secara diam-diam. 

Tentunya, hal ini bisa dilakuka jika pada waktu dan momen yang tepat. Pastikan untuk memperlihatkan lokasi kejadian dan jika memungkinkan sebutkan juga hari dan jam saat kejadian terjadi. 

Hal ini akan lebih memudahkan pihak berwajib untuk menyelidiki kasusnya nanti.

 

INFOGRAFIS: 6 Tips Lindungi Diri dari Pelecehan Seksual (Liputan6.com / Abdillah)
Infografis: Rasa Berkuasa Pendidik Berujung Pelecehan Seksual (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya