KONI Jawa Barat Bantu Insan Olahraga yang Terdampak Gempa di Cianjur

Ahmad Saefudin mengaku bahwa bantuan itu merupakan hasil urunan dari insan olahraga Jawa Barat dan karyawan KONI Jabar.

oleh AY Yustiawan diperbarui 26 Nov 2022, 05:30 WIB
Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin dan Ketua Harian KONI Kabupaten Cianjur Tendi Hidayat saat menyerahkan bantuan untuk insan olah raga di Cianjur./Ist

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum KONI Jabar, Ahmad Saefudin menyerahkan bantuan kepada insan olahraga asal Cianjur yang terkena bencana gempa di daerah tersebut. Seperti diketahui, gempa di Cianjur telah menewaskan hampir 300 jiwa.

Bantuan sebesar Rp24. 900.000 itu langsung diserahkan kepada perwakilan KONI Kabupaten Cianjur di Gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Jumat (25/11/2022).

Ahmad Saefudin mengaku bahwa bantuan itu merupakan hasil urunan dari insan olahraga Jawa Barat dan karyawan KONI Jabar.

"Berdasarkan informasi yang kami terima bahwa ada sekitar 29 orang dari kepengurusannya yang terdampak gempa Cianjur, tetapi secara tidak langsung," jelas Ahmad.

"Artinya rumah-rumah yang kena dampak, apakah itu rusak atau dan sebagainya, sehingga perlu mendapatkan perhatian," tambah Ahmad Saefudin.

Ahmad memastikan pihaknya berkeinginan untuk ikut juga serta memberikan pertolongan kepada masyarakat yang ada di Cianjur. Apalagi Cianjur masih dalam wilayah Jawa Barat.

"Mudah-mudahan kepedulian insan olahraga Jabar ini, bukan saja hari ini tapi kami juga memohon dan meminta teman-teman dimanapun berada untuk ikut berkontribusi sampai akhir. Sehingga diharapkan masyarakat di Cianjur yang kena dampak langsung atau tidak langsung bisa berdiri tegak kembali dan bisa menjalani kehidupan seperti sedia kala," kata Ahmad.


Berkelanjutan

Gedung KONI Jawa Barat/dok.Dispora Jabar

Ahmad mengaku bantuan ini tidak akan berhenti sampai di sini saja, namun akan dilakukan secara berkelanjutan.

"Saat ini kami bisa mengumpulkan walaupun belum besar. Kami akan terus-terusan sampai dinyatakan berhenti. Kemudian di luar itu, kami akan berupaya untuk mengumpulkan barang-barang atau pakaian-pakaian bekas yang layak pakai dan masih bisa digunakan teman-teman masyarakat di sana," tutur Ahmad.


Kehilangan

Tim SAR gabungan mencari korban yang tertimbun longsor akibat gempa berkekuatan magnitudo 5,6 di Cijendil, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022). Puluhan warga di kawasan itu diperkirakan masih tertimbun longsor pascagempa yang mengguncang Cianjur pada 21 November 2022. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu, Tendi Hidayat selaku Ketua Harian KONI Kabupaten Cianjur mengucapkan banyak terimakasih kepada insan olahraga yang telah memberikan kepeduliannya serta memberikan empati.

"Musibah bencana gempa bumi di Cianjur Senin lalu memang banyak sekali yang menjadi korban, dimana salah satunya adalah atlet kami, pelatih serta ofisial dan karyawan," kata Tendi.

"Tapi Alhamdulillah dari 29 ini tidak ada yang secara langsung kena, misalkan luka dan sebagainya. Tapi hanya dalam bentuk kehilangan materi, dalam hal ini rumahnya ada yang rusak dan rata sama tanah," lanjut Tendi.

Karena itu, ia perlu memberikan ucapan terimakasih kepada insan olahraga Jabar dan memastikan santunan yang didapatkan akan diberikan secara keseluruhan.

"Insya Allah kami akan memberikan ini kepada atlet pelatih dan ofisial dan karyawan yang terdampak," tutup Tendi.*

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya