Pengalaman Kimbab Family tentang Sekolah Negeri di Korea, Tak Ada Ujian Naik Kelas

Anak-anak Kimbab Family masuk SD negeri di Korea Selatan dan mengenakan baju bebas ke sekolah.

oleh Henry diperbarui 12 Des 2022, 15:12 WIB
Intip gaya kompak outfit kimbab family, keluarga multikultural yang harmonis. (Foto: Instagram.com/Kimbabfamily.official).

Liputan6.com, Jakarta - Sistem pendidikan di tiap negara tentunya berbeda-beda. Contohnya, perbedaan di Korea Selatan dan di Indonesia yang diungkapkan oleh Kimbab Family atau Keluarga Kimbab.

Mereka mengungkapkan bahwa setiap anak sekolah dasar (SD), terutama yang di sekolah negeri, diwajibkan mengenakan seragam, tapi di Korea Selatan justru sebaliknya.

Anak-anak SD negeri di Korsel setiap hari mengenakan baju bebas ke sekolah. Biasanya, justru sekolah swasta yang menerapkan aturan memakai seragam sekolah. Kimbab Family membagikan pengalaman mereka menyekolahkan tiga anak di Korsel.

Mama Gina dan Appa Jay, pasangan Indonesia dan Korsel ini, mengungkapkannya di kanal Youtube mereka, Jumat, 9 Desember 2022. Memiliki tiga anak, yaitu Suji (kelas 3 SD), Yunji (1 SD), dan Jio (TK), rupanya banyak warganet yang penasaran dengan perbedaan sistem sekolah di Korea dan Indonesia.

"Yunji dan Suji sudah SD, sistemnya juga zonasi, masuk ke SD negeri, jam 9 sudah ditutup gerbang sekolah. Pulangnya tergantung berapa mata pelajaran per hari, kurang lebih jam 1 atau jam 2-an," jelas Mama Gina.

Setelah sekolah, anak-anak di Korea biasanya punya aktivitas ekstrakurikuler (ekskul) yang sesuai dengan pilihan. Hal ini membuat jam pulang sekolah sangat tergantung mata pelajaran dan ekskul yang diambil.

Di Korea Selatan, sekolah akan ditentukan berdasarkan lokasi terdekat dengan tempat tinggal (zonasi). Tak ada tes masuk, sistem akan memilih berdasarkan lokasi rumah. 


Semua Murid Naik Kelas

Kimbab Family Cerita Tentang Sekolah Negeri di Korea, Tak Ada Ujian Naik Kelas.  foto: Youtube 'Kimbab Family'

Mama Gina dan Appa Jay juga bercerita kalau ketiga anaknya tak ada ujian kenaikan kelas.Hanya ada ujian tengah dan akhir semester.  Semua murid di sekolah tetap naik kelas, hanya saja akan mendapat review selama satu tahun bersekolah. "Kalau ujian tengah semester atau akhir semester ada, tapi bukan naik kelas," kata Appa Jay.

Mama Gina juga bercerita kalau sekolah negeri di Korea Selatan tidak dipungut bayaran alias gratis, termasuk mendapat makan siang dan snack. Uang hanya dikeluarkan untuk ekskul dan bis jemputan saja. "Kalau SD negeri gratis, kalau yang swasta tentu saja bayar, paling kalau yang bayar tambahan-tambahan seperti ekskul, penggunaan bis sekolah, piknik, foto kelas," terang Mama Gina.

Saat pandemi masih melanda banyak negara, Gina tak bisa pulang ke Indonesia untuk bertemu keluarga dan melepas rindu. Untuk mengobati kangennya dengan Indonesia, ia dan keluarga mendatangi tiga restoran di Korea Selatan yang menyajikan masakan Indonesia.

Mama Gina kegirangan karena menemukan masakan Indonesia di Korsel yang ternyata bercita rasa autentik. Cukup banyak masakan yang dibelinya. Antara lain nasi goreng ayam udang, nasi goreng nanas, ayam kecap, ayam cabe ijo, sambal udang hingga ayam bakar sambal matah.


Foto Adat Sunda

6 Pemotretan Kimbab Family Dalam Balutan Adat Sunda, Semakin Melokal (IG/kimbabfamily.official)

Tanpa disangka, restoran tersebut dimiliki oleh orang Korea asli, tapi mampu menghadirkan menu Indonesia yang otentik.  "Dari ketiga restoran yang kita datangi ternyata owner-nya memang orang Korea asli, hmm enak banget," ujar Mama Gina.

Salah satu menu yang bikin mama Gina girang adalah cumi kering yang diasinkan. Selama ini, ia tak bisa menemukannya di Korea. Rasanya sangat nikmat karena disajikan dengan lalapan dan sambal terasi.

Saat pandemi mulai mereda, mereka kembali berkesempatan untuk berkunjung ke Indonesia. Beberapa bulan lalu, Kimbab Family diketahui pulang kampung ke Indonesia.

Selama berada di Indonesia, Kimbab Family membuat konten-konten seru seperti jelajah kuliner Indonesia yang mereka rindukan hingga terbaru melakukan pemotretan dengan memakai baju adat Sunda. Potret mama Gina serta suami dan tiga anaknya ketika pemotretan ini bikin gemas.

Mama Gina terlihat anggun dengan mengenakan kebaya Sunda dan siger yang kian membuatnya menawan. Sementara, Appa Jay tampil gagah dengan memakai beskan Sunda lengkap dengan blangkon. Lalu ketiga buah hati mereka, Suji dan Yunji terlihat curi perhatian dengan kebaya Sunda kembar dan juga Jio kenakan setelan busana Sunda memakai totopong.

 


Ulang Tahun Nola B3

Keakraban keluarga Nola B3 dan Kimbab Family. (Sumber: Instagram/riafinola)

Sebelumnya, pada Agustus 2022, Riafinola Ifani Sari atau yang lebih dikenal dengan nama Nola B3 genap berusia 44 tahun. Ulang tahun ibu empat anak itu dirayakan bareng keluarga dengan makan bersama pada 11 Agustus 2022. Menariknya, makan malam tersebut tidak hanya dihadiri oleh keluarga saja, melainkan bersama Kimbab Family.

Dalam unggahan di laman Instagram @riafinola, tampak Kimbab Family menikmati makan bersama keluarga The Baldys, sebutan keluarga Nola B3 dan Baldy Mulya Putra.  Momen tersebut tampak ramai dan seru dengan kehadiran Naura Ayu dan ketiga adiknya. Mereka tampak akrab dengan anak-anak Kimbab Family.

Dalam momen tersebut, rupanya kelurga Nola bertemu dengan Kimbab Family. Anak-anak tampak seru-seruan bareng dengan bermain ayunan.

Keseruan berlanjut saat di meja makan, tampak Naura Ayu dan Bevan Putera sedang asyik bermain dengan dua anak dari Kimbab Family. Tak mau kalah, para ayah juga berbincang seru meski memakai gerak tubuh karena Appa Jay berasal dari Korea Selatan.

Infografis Pesona K-Pop Mendamaikan Korea

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya