Polisi Kerahkan 2.117 Personel Kawal Demo di Sejumlah Titik di Jakarta

Aksi unjuk rasa kembali dilakukan oleh sejumlah massa di beberapa titik Jakarta Pusat, pada hari ini Kamis (15/12/2022).

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 15 Des 2022, 13:35 WIB
Massa buruh yang tergabung dalam Gerakan Buruh Bersama Rakyat (GEBRAK) menggelar demo di kawasan di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2022). Massa aksi juga tampak membawa sejumlah atribut, mulai spanduk hingga poster. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Aksi unjuk rasa kembali dilakukan oleh sejumlah massa di beberapa titik Jakarta Pusat, pada hari ini Kamis (15/12/2022).

Salah satunya elemen massa berasal dari Partai Buruh dan Organisasi Buruh menyampaikan aspirasi di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin menerangkan, pihaknya menyiapkan sejumlah personel guna mengawal jalan aksi unjuk rasa. Sebanyak 2.117 personel gabungan dikerahkan.

"2.117 personel kita terjunkan di beberapa titik. Itu tersebad tidak hanya di Patung Kuda, DPR juga," kata Komarudin dalam keterangannya, Kamis (15/12/2022).

Komarudin menerangkan, estimasi massa yang hadir sekira 2 ribu orang. Saat ini, situasi dilaporkan kondusif.

"Massa sedang orasi-orasi," ujar dia.

Di samping pengamanan, diberlakukan rekayasa lalu lintas. Saat ini, Jalan Medan Merdeka Barat mengarah ke Istana ditutup.

"Sementara Jalan Medan Merdeka Barat kita alihkan," ujar dia.


Massa Diimbau untuk Patuhi Ketentuan UU

Polisi berjaga saat massa dari berbagai elemen buruh berunjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta, Kamis (22/10/2020). Dalam aksinya, massa meminta dikeluarkannya Perppu pencabutan UU Cipta Kerja. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Komarudin mengimbau kepada masyarakat yang akan menyampaikan kegiatan di muka umum mematuhi ketentuan Undang-Undang berlaku.

"Tentunya ada hal-hal yang harus diperhatikan salah satu diantaranya adalah aktivitas masyarakat lain di Ibukota yang harus tetap berjalan. Oleh karenanya silahkan menyampaikan pada titik-titik yang memang sudah kita siapkan sehingga masyarakat lain tidak terganggu," ujar dia.

Infografis Demo 11 April 2022 dan Tuntutan Mahasiswa. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya