Mudah Dilakukan, Ini 5 Tips Membersihkan Saringan Teh

Bberikut 5 cara sederhana yang dapat dilakukan untuk membersihkan saringan teh dengan mudah.

oleh Nanda Rabita Nur Ilahiyah diperbarui 16 Des 2022, 07:30 WIB
Teh Tarik (sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Teh adalah salah satu minuman yang membuat tubuh rileks. Tak heran jika teh menjadi salah satu minuman yang digemari banyak orang. Minuman yang umumnya disajikan hangat ini memiliki peran besar dalam masyarakat. Bukan hanya itu, teh merupakan tradisi rumah tangga bahkan sudah menjadi minuman sehari-hari.

Proses pembuatan teh adalah salah satu hal yang paling memuaskan bagi mereka yang suka minum minuman yang satu ini. Satu hal yang tidak terpisahkan dari proses penyeduhannya adalah saringan atau infuser teh. Benda satu ini membantu menyaring teh ke dalam cangkir atau gelas. Namun, seringkali saringan dan infuser teh menjadi tersumbat dan tampaknya sulit untuk dibersihkan.

Namun, jika tidak dibersihkan noda akan memberikan efek samping dan berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan berkembang biaknya bakteri dan kuman, serta dapat memengaruhi rasa teh.

Ada begitu banyak jenis saringan atau infuser teh, seperti saringan teh stainless steel, saringan teh kuningan perak,dan lain sebagainya. Namun kamu diisarankan untuk menggunakan saringan baja karena lebih aman. Ini adalah satu-satunya alasan, mengapa disarankan untuk sering membersihkan saringan teh dengan benar agar memastikan minum teh yang sehat.

Melansir laman Timesofindia, Jumat (16/12/22) berikut 5 cara sederhana yang dapat dilakukan untuk membersihkan saringan teh dengan mudah. Di antaranya:

1. Gunakan soda kue

Ini adalah salah satu pembersih terbaik dan ampuh yang dapat digunakan untuk membersihkan saringan atau infuser teh plastik dan baja. Cukup dengan mengambil mangkuk kecil dan mencampurkan 1 sdm baking soda dengan 4-5 sdm air hangat.

Tuang campuran ini ke dalam wadah besar, yang muat untuk merendam saringan di dalamnya selama beberapa jam yakni sekitar 5-6 jam. Setelah itu baru gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok dan mencuci saringan dengan benar.


2. Gunakan cairan pencuci piring

Ilustrasi Sabun Cuci Piring Credit: pexels.com/pixabay

Salah satu metode paling sederhana adalah membersihkan saringan teh dengan cairan pencuci piring biasa. Namun, pastikan setelah melakukannya, bersihkan di bawah air mengalir dan rendam dalam air panas setelahnya selama kurang lebih 5 menit. Lalu, bilas dengan air dingin.

Perlu diketahui bahwa noda ada saat kamu membiarkan saringan tidak dicuci selama berjam-jam. Hal ini membuat noda mengering di permukaan sehingga mempersulit pembersihan saringan teh. 

 

 


3. Gunakan larutan pemutih

Deodoran dan cairan pembersih tangan sama-sama memiliki kandungan alkohol yang bisa membunuh kuman, dalam hal ini, kuman pada ketiak. (Via: azcentral.com)

Kamu bisa mencoba menggunakan pemutih untuk membersihkan saringan teh. Dengan cara campurkan 1 sdm pemutih dengan 1 cangkir air dingin, kemudian rendam saringan dalam larutan air pemutih selama beberapa menit.

Kemudian, gunakan sikat gigi atau alat serupa untuk membersihkan saringan teh. Setelah itu, bersihkan dengan benar menggunakan air untuk menghilangkan sisa larutan pemutih.

4. Gunakan Alkohol

Metode satu ini mungkin sedikit mengejutkan, tetapi sangat efektif yakni menggunakan alkohol. Alkohol rupanya terkenal memiliki khasiat yang luar biasa dalam membersihkan noda dan kotoran lainnya.

Caranya ialah dengan mencampur alkohol dan air dengan perbandingan 1:4 dan biarkan saringan teh terendam semalaman. Pagi harinya cukup dibilas hingga bersih dengan air.

 


5. Letakkan saringan teh di atas kompor gas

Ilustrasi kompor gas (dok. Pixabay.com/PublicDomainPictures/Putu Elmira)

Terakhir, ada salah satu metode yang terkenal paling efektif dalam menghilangkan noda yaitu mendekatkannya pada kompor, Adapun, cara membersihkan saringan teh ini cukup dengan meletakkan saringan teh di atas kompor dan menyalakan gas. Ini akan membakar semua sisa susu atau teh di saringan. Setelah selesai, bersihkan dengan cairan pencuci piring biasa dan noda akan mudah hilang.

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya