Konferensi Internasional Dosen Perguruan Tinggi Tertarik Bahas IKN

Konferensi Internasional Dosen Perguruan Tinggi akan digelar di Kalimantan Timur dengan salah satu topik pembahasan mengenai pemindahan ibu kota.

oleh Abdul Jalil diperbarui 10 Jan 2023, 12:36 WIB
Titik Nol IKN Nusantara yang kini disulap menjadi lebih cantik. (foto: Abdul Jalil)

Liputan6.com, Kutai Kartanegara - Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) Kaltim merencanakan menggelar Konferensi Internasional Dosen Perguruan Tinggi. Kegiatan ini akan membahas Isu Global, salah satunya soal kepindahan Ibu Kota Republik Indonesia.

Selain itu juga akan dibahas pengembangan SDM, Sosial budaya, Hukum dan Pendidikan dalam rangka tindak lanjut memperkuat dukungan kepindahan IKN di Kaltim.

Kegiatan konferensi internasional tersebut akan digelar bulan Februari 2023 nanti di Kampus  Universitas Mulawarman di Kota  Samarinda. Rencananya akan dihadiri utusan perguruan tinggi nasional dan internasional.

Ketua Divisi Publikasi dan Pengembangan Karya Ilmiah, Ahli Dosen Republik Indonesia(ADRI) Kaltim, Suid Saidi menyebut empat  negara  yakni  Inggris, India, Singapura  dan Malaysia  menyatakan  tertarik dengan isu kepindahan IKN di Kaltim dan menyatakan siap  hadir di  acara konferensi tersebut. 

"PDRI  Kaltim optimis  bahwa  keberadaan IKN Nusantara bakal memicu  berdirinya  Universitas  level nasional  dan internasional  di  Kaltim," ucap Suid, Sabtu (17/12/2022).

Menurut PDRI, pembangunan IKN Nusantara yang sudah berjalan memberikan dampak positif besar. Suid mencontohkan bakal ada pertukaran mahasiswa skala  internasional dan nasional.

“Karena beberapa kampus skala nasional sudah menyatakan kesiapan bangun kampus di IKN, tidak menutup  kemungkinan di Kaltim bakal  berdiri  kampus  berskala  Internasional,” sebutnya.

Langkah yang harus dilakukan, sambungnya, bagaimana kampus di Kaltim siap untuk melakukan pertukaran mahasiswa skala nasional. Proses pertukaran mahasiswa antara Universitas secara otomatis berpengaruh positif dalam peningkatan kualitas perguruan tinggi yang ada di Kaltim.

Bahkan pertukaran mahasiswa antar perguruan  tinggi level  nasional  dan internasional akan berdampak  positif  di bidang transfer ilmu pengetahuan. sehingga kualitas  Perguruan Tinggi  di  Kaltim semakin meningkat, hasilnya  tidak  ada lagi  kesenjangan perguruan tinggi di Pulau Jawa dan  luar Pulau Jawa.

Persiapan yang harus dilakukan sejak dini, adalah bagaimana penguatan kapasitas pemuda oleh pemerintah daerah setempat, karena dengan keberadaan IKN, tentu  butuh  skill dan keterampilan  SDM yg mumpuni.

"Hal  lain yg  juga perlu  di perhatikan adalah kesiapan  penguatan mental  spiritual mahasiswa yg  meliputi iman dan taqwa ini menjadi penting untuk difokuskan," ucapnya.

SDM  yg  ada  di  Kaltim  siap  berkompetisi  dalam  dunia  global  yg  dilandasi  dan dibekali tidak hanya  skill pengetahuan namun juga   mental  serta  aqlak yg  mulia. Demi penguatan idealisme SDM menghadapi IKN, maka harus digelar pelatihan skala Nasional dan International.

"PDRI mendukung kepindahan dan keberadaan IKN Nusantara Kaltim, oleh sebab itu, berharap agar  siapa pun presidennya di tahun 2024, IKN harus tetap ada dan berdiri di Kaltim," pungkasnya.

Simak juga video pilihan berikut:

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya