Pengeluaran Akhir Tahun Meningkat? Cek 3 Tips Ini Biar Bisa Hemat!

Supaya belanja tidak boros dan tetap terkontrol, kamu harus ingat beberapa hal di bawah ini!

oleh Gilar Ramdhani pada 19 Des 2022, 20:27 WIB
Ilustrasi belanja online. (Shutterstock/220 Selfmade studio)

Liputan6.com, Jakarta Akhir tahun merupakan momen spesial yang dinantikan banyak orang. Pasalnya, momen ini diisi oleh dua perayaan besar yakni Natal dan Tahun Baru. Menyambut hari spesial itu, masyarakat banyak menghabiskan waktunya untuk traveling dan berbelanja besar-besaran.

Bagaimana tidak? Banyak penjual dan brand yang menawarkan diskon serta promo gede-gedean yang menggoda para konsumen untuk berbelanja. Dan tak sedikit orang yang larut dalam euforia tersebut. 

Nah, supaya belanja tidak boros dan tetap terkontrol, kamu harus ingat beberapa hal di bawah ini!

1. Atur Skala Prioritas

Langkah pertama yang perlu diperhatikan adalah mengatur skala prioritas, yakni bisa membedakan antara barang-barang yang dibutuhkan dan yang diinginkan. Buat daftar skala prioritas, lihat barang-barang yang lebih urgen untuk dipenuhi. Apakah itu hanya dipakai sesekali atau kah diperlukan lebih sering? Pengaturan skala prioritas sangat penting bila dana yang dibutuhkan lebih besar dari perkiraan.

2. Bandingkan Harga 

 

Ilustrasi belanja online. (Shutterstock/TimeImage Production)

Selesai membuat daftar belanja, sortir kembali daftar itu dan cek harga aslinya. Apakah itu memang benar-benar hemat dan menguntungkan kamu? Jangan ragu untuk mencari harga termurah untuk barang yang sama, meskipun butuh wakut lebih lama. Penting untuk memastikan pengeluaran tidak membengkak dan tidak menyulitkan kamu di kemudian hari. 

 


3. Jeli Melihat Promo dan Cashback

Ilustrasi belanja online. (Shutterstock/Butsaya)

Banyak sekali promo dan cashback yang ditawarkan para seller dan brand. Masing-masing menawarkan angka-angka yang manis dan fantastis. Di sini, kamu perlu lebih teliti dan jeli dengan promo-promo yang kamu temukan supaya benar-benar bisa memenuhi kebutuhan dan juga menguntungkan.

Terkadang, penawaran terbaik bukan hanya dalam bentuk harga yang lebih murah, tetapi juga ada jasa pengiriman, garansi dan yang lainnya.

Nah, jika kamu sudah ingat tiga hal di atas, saatnya berbelanja secara cerdas dan aman, sesuai dengan kebutuhan. Untuk transaksi belanja akhir tahun maupun pembayaran tagihan lainnya yang Bebas Cemas dan #BebasDrama, kamu bisa pakai DANA!

 

Bebas Cemas dengan Transaksi yang Aman pakai DANA.

Transaksi pakai DANA itu pasti aman dan bikin tenang karena akan dilindungi oleh fitur safety dan security DANA Protection yang menjamin keamanan transaksi kamu dengan sistem keamanan yang canggih, dan dinamis. Salah satu contohnya adalah saat kamu melakukan transaksi dengan DANA, kamu akan dilindungi oleh PIN DANA, Kode OTP & DANA Viz (fitur verifikasi wajah di DANA). Jadi kamu bisa tenang & Bebas Cemas saat menggunakan DANA.

Selain itu, jika ada kendala saat pakai DANA, DANA akan memberikan kepastian & ketenangan kepada kamu lewat bantuan fitur Pusat Resolusi di aplikasi DANA. Di sini, kamu bisa langsung melaporkan kendalamu sekaligus mengecek progres dari penyelesain kendala tersebut. Gak cuma itu aja, lewat fitur ini, kamu juga bisa menghubungi langsung DANA Customer Care 24 jam yang siap membantu kapan saja. 

Kamu pun bisa semakin tenang saat pakai DANA karena DANA akan memberikan Garansi 100% Uang Kembali jika terjadi hal yang tidak diinginkan saat bertransaksi, sesuai dengan S&K yang bisa kamu cek di sini.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, download dan pakai aplikasi DANA sekarang!

 

(*)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya