Situs Ini Bakal Kembalikan Dana Rp 24,9 Miliar dari Mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried

Dana akan dipindahkan ke rekening terpisah oleh situs berita ProPublica.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 21 Des 2022, 11:42 WIB
Pendiri FTX Sam Bankman-Fried (kedua kiri) dibawa pergi dengan tangan diborgol oleh petugas Kepolisian Kerajaan Bahama di Nassau, Bahamas, 13 Desember 2022. Bankman-Fried dijadwalkan akan bersaksi di hadapan Kongres di Komite Jasa Keuangan DPR AS, namun hal itu batal dilakukan karena eks CEO FTX itu telah ditahan berdasarkan dakwaan tertutup. (Mario Duncanson/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Outlet berita investigasi nirlaba ProPublica akan mengembalikan USD 1,6 juta (Rp 24,9 miliar) yang diterima dari yayasan keluarga pendiri FTX Sam Bankman-Fried, menurut memo staf yang dilihat oleh Reuters pada Selasa.

Dana akan dipindahkan ke rekening terpisah sampai hakim kebangkrutan atau otoritas hukum lainnya memutuskan ke mana uang itu harus dikembalikan, memo itu menunjukkan.

"Rasanya tidak pantas menyimpan dana ini," kata para eksekutif di ProPublica dalam memo yang isinya pertama kali dilaporkan oleh Axios, dikutip dari Channel News Asia, Rabu (21/12/2022).

ProPublica juga mengatakan telah mengakhiri hubungannya dengan yayasan, yang disebut 'Membangun Masa Depan yang Lebih Kuat'.Bulan lalu, 

FTX mengajukan perlindungan kebangkrutan AS. dan Bankman-Fried mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif, setelah pertukaran cryptocurrency saingan Binance meninggalkan akuisisi yang diusulkan.

Bankman-Fried menghadapi tuduhan penipuan atas keruntuhan perusahaan di Amerika Serikat. Meskipun dia telah mengakui kegagalan manajemen risiko di FTX, dia yakin dia tidak memiliki tanggung jawab pidana.

Sementara itu, beberapa perusahaan kripto bersiap menghadapi pukulan dari keruntuhan FTX karena mereka memiliki jutaan eksposur ke FTX yang saat ini telah runtuh. 

Sebelumnya, tiga kelompok kampanye teratas Partai Demokrat AS sedang bersiap untuk mengembalikan lebih dari USD 1,1 juta (Rp 17,1 miliar) yang telah mereka terima dari Bankman-Fried.

Dalam sebuah pernyataan, pada Jumat (16/12/2022) Komite Nasional Demokrat mengatakan pihaknya menyisihkan USD 815.000 dalam dana yang diterima dari Bankman-Fried sehubungan dengan "potensi pelanggaran keuangan kampanye" yang dilakukan oleh miliarder tersebut.

Komite Kampanye Senator Demokrat juga mengatakan telah menyisihkan USD 103.000, dan Komite Kampanye Kongres Demokrat, yang mengawasi bagian kampanye partai untuk DPR, mengatakan akan menyisihkan USD 250.000.

Ketiga kelompok tersebut mengatakan mereka sedang menunggu panduan tentang apa yang harus dilakukan dengan uang yang diberikan, litigasi yang sedang berlangsung. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Alameda Research Milik Mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried Diam-Diam Dana Perusahaan Media Kripto

Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Sebelumnya, situs media crypto, The Block diam-diam didanai selama dua tahun terakhir oleh Alameda Research, perusahaan milik mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried.

Hal tersebut dikonfirmasi pada Jumat, 9 Desember 2022. CEO The Block, Michael McCaffrey segera mengundurkan diri setelah pinjaman terungkap, dan juga akan mundur dari dewan the Block. Perusahaan mengatakan tidak ada seorang pun di perusahaan yang mengetahui tentang pinjaman tersebut kecuali McCaffreey.

Menurut The Block, McCaffrey menerima tiga pinjaman dengan total USD 43 juta atau sekitar Rp 670,71 miliar (asumsi kurs Rp 15.598 per dolar AS) dari 2021-hingga kini. Pinjaman pertama sebesar USD 12 juta pada 2021 untuk beli perusahaan media, saat McCaffrey mengambil alih sebagai CEO.

Kedua pinjaman sebesar USD 15 juta pada Januari 2022 untuk mendanai operasi sehari-hari. Ketiga USD 16 juta pada awal tahun ini untuk membeli real estate pribadi McCaffrey di Bahama, menurut the Block. Menurut laporan itu, Chief Revenue Office the Block, Bobby Moran akan menjadi CEO.

"Tidak ada seorang pun di the Block yang mengetahui pengaturan keuangan ini selain Mike," ujar Moran seperti dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (10/12/2022).

Ia menuturkan, pihaknya tidak melihat bukti kalau Michael McCaffrey pernah berupaya mempengaruhi ruang redaksi dan tim riset secara tidak pantas. “Terutama dalam liputan tentang SBF, FTX dan Alameda Research,” ujar dia.


Perusahaan Sempat Kesulitan

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Bankman-Fried dikenal sebagai SBF adalah pendiri dan mantan CEO FTX, pertukaran kripto yang mengajukan kebangkrutan bulan lalu setelah Coindesk mengungkapkan hubungan yang sangat dekat antara FTX dan Alameda, perusahaan perdagangan yang berafiilasi dengan FTX.

McCaffrey mengatakan, pada awal 2021, perusahaan berada dalam kesulitan dan satu-satunya pilihan yang terwujud adalah mendapatkan pinjaman USD 12 juta untuk perusahaan induknya dari SBF.

Ia mengatakan tidak mengungkapkan pinjaman itu, dan pinjaman USD 15 juta berikutnya kepada siapapun karena tidak ingin hal tentang pinjaman itu, kepada siapa pun karena tidak ingin pengetahuan tentang pinjaman itu dilihat sebagai mengorbankan objektivitas liputan Bankman-Fried dan perusahaannya.

McCaffrey menambahkan tidak pernah berusaha mempengaruhi liputan FTX, Alameda dan SBF. Editor the Block, Frank Chaparro menuturkan sangat kecewa terkait hal tersebut.

 


Senator AS Tegaskan Bitcoin Adalah Komoditas Bukan Mata Uang

Bitcoin - Image by MichaelWuensch from Pixabay

Sebelumnya, Senator AS John Boozman mengungkapkan, meskipun disebut mata uang kripto, Bitcoin tetap dianggap sebuah komoditas bukan mata uang. Dia menekankan, pertukaran di mana komoditas diperdagangkan, termasuk bitcoin, harus diatur oleh Commodity Futures Trading Commission (CFTC).

“Bitcoin, meskipun mata uang kripto, itu tetap adalah komoditas. Ini adalah komoditas di mata pengadilan federal dan pendapat ketua Securities and Exchange Commission (SEC). Tidak ada perselisihan tentang ini,” kata Boozman dalam sebuah sidang, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (6/12/2022).

Menyebut keruntuhan FTX mengejutkan, sang senator berkata laporan publik menunjukkan kurangnya manajemen risiko, konflik kepentingan, dan penyalahgunaan dana pelanggan. 

Senator Boozman melanjutkan untuk berbicara tentang regulasi kripto dan memberdayakan Commodity Futures Trading Commission (CFTC) sebagai pengatur utama pasar spot kripto. 

“CFTC secara konsisten menunjukkan kesediaannya untuk melindungi konsumen melalui tindakan penegakan hukum terhadap aktor jahat,” lanjut Senator Boozman.

Boozman yakin CFTC adalah agensi yang tepat untuk peran regulasi yang diperluas di pasar spot komoditas digital.

Pada Agustus 2022, Boozman dan beberapa senator memperkenalkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Komoditas Digital (DCCPA) untuk memberdayakan CFTC dengan yurisdiksi eksklusif atas pasar spot komoditas digital. 

Dua RUU lainnya telah diperkenalkan di Kongres tahun ini untuk menjadikan regulator derivatif sebagai pengawas utama untuk sektor kripto.

Sementara bitcoin adalah komoditas, Ketua SEC Gary Gensler berulang kali mengatakan sebagian besar token kripto lainnya adalah sekuritas.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya