Pengabdian Masyarakat, Tim Dosen Podomoro Beber Cara Kelola Bank Sampah

Lurah Tanjung Duren Selatan Indri Prawiji mengatakan kegiatan PKM UAP sangat bermanfaat bagi warga Tanjung Duren Selatan.

oleh Liputan6.com diperbarui 23 Des 2022, 19:25 WIB
Tim PKM Universitas Agung Podomoro bersama peserta pelatihan (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Tim Dosen dari Universitas Agung Podomoro menggelar Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) mengenai pengelolaan bank sampah di Kelurahan Tanjung Duren Selatan, Jakarta Barat. Kegiatan dilakukan dua kali yakni pada 14 Desember dan 21 Desember 2022.

"Kegiatan ini merupakan perwujudan dari penerimaan hibah dari Kemendikbud Rsitek melalui Program Insentif Pengabdian Masyarakat (PKM) yang terintegrasi dengan MBKM dengan berbasis Kinerja IKU Bagi PTS Tahun 2022," ujar Elsa Sembiring, dosen Podomoro, ditulis Jumat (23/12/2022).

Pada kegiatan pertama, penyuluhan terkait pengelolaan keuangan Bank Sampah kepada para pengelola bank sampah disampaikan Sri Handayani Tarigan. Dia menitikberatkan terkait proses pencatatan yang benar dan transparan sehingga dapat memberi keyakinan kepada stakeholder Bank Sampah bahwa pengelolaan keuangan Bank Sampah telah dilakukan secara benar.

Penyuluhan kedua pada 21 Desember, membahas pentingnya pemilahan dan kreasi produk sampah plastik yang disampaikan Elsa Sembiring.

Elsa menyampaikan, sampah masih terdapat potensi baik dari sisi guna dan ekonomi apabila dikelola dengan tepat.

Selanjutnya materi tentang pemilahan sampah anorganik dibawakan oleh Chris Salim. Dia menjelaskan bahwa dengan melakukan pemilahan dan diikuti dengan daur ulang, maka akan memeperpanjang siklus hidup dari material yang kita gunakan.

 


Lurah Apresiasi

Praktisi di bidang material daur ulang Mendy Laoda dari Mortier ikut memberikan pemaparan. Mendy Laoda menjelaskan proses pengolahan sampah plastik sehingga dapat dimanfaatkan menjadi berbagai produk dengan nilai jual yang lebih baik seperti tatakan buku, dompet kartu, dan produk pajangan.

"Kita juga serah terima beberapa aset mesin pemrosesan sampah seperti mesin cacah, mesin press, oven dan berbagai peralatan pendukung bagi Bank Sampah. Dengan aset ini, diharapkan para pengelola dapat mengolah sampah plastik menjadi material ataupun produk yang nilai jualnya lebih tinggi," ujar Elsa.

Lurah Tanjung Duren Selatan Indri Prawiji mengatakan kegiatan PKM UAP sangat bermanfaat bagi warga Tanjung Duren Selatan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah ilmu wawasan. Harapannya dengan fasilitas yang diberikan oleh UAP dapat bermanfaat dan meningkatkan ekonomi warga melalui produk yang dihasilkan," ujarnya.

 

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya