5 Lagu Natal Terpopuler yang Cocok Didengarkan Bersama Kerabat

Beberapa lagu Natal ini cocok untuk kamu yang mau merayakan Natal bersama keluarga maupun kerabat.

oleh Sefan Angeline Reba diperbarui 25 Des 2022, 07:01 WIB
Mariah Carey. (Foto: Instagram terverifikasi @mariahcarey)

Liputan6.com, Jakarta Hari Natal yang bertepatan pada 25 Desember menjadi hari penuh sukacita untuk menghabiskan waktu bersama orang terdekat. Banyak tradisi Natal yang selalu dirayakan oleh keluarga maupun kerabat, seperti tukar kado, christmas dinner, dan lain sebagainya.

Biasanya, di tengah kegiatan mengasyikan itu, selalu ada lantunan musik yang selalu meramaikan suasana. Selain lagu rohani, banyak lagu Natal yang cocok didengarkan dari beragam genre musik, seperti pop, jazz, hingga musik klasik.

Dilansir melalui Glamour, pada Sabtu (24/12/2022), berikut beberapa rekomendasi lagu Natal terpopuler yang bisa kalian dengarkan bersama orang terkasih.

1. All I Want for Christmas Is You - Mariah Carey (1994)

Siapa yang sudah tidak asing lagi mendengar lagu ini dari masa ke masa yang selalu menyelimuti musim libur kita. Lagu yang dibawakan oleh wanita multitalent ini selalu menjajah chart Billboard Hot 100 tiap Desember.

Pasalnya, sejak 2019, “All I Want For Christmas Is You” bertengger di puncak Billboard Hot 100. Ini hit ke-19 Mariah Carey yang meratui tangga lagu paling bergengsi sejagat itu. Diva kelahiran 27 Maret 1970 itu membeberkan asal-usul lagu yang dirilis pada tahun 1994 dan sampai saat ini masih mewarnai industri musik.

"Saya menulis bagian awal dan tengah pada keyboard di sebuah rumah kecil di Upstate, New York. Saya baru saja mulai memikirkan semua hal tentang Natal dan tumbuh sebagai anak yang mencintai Natal. Saya pikir itulah mengapa ini menjadi rekor yang meriah," jelas Carey, dikutip dari EW, pada Sabtu (24/12/2022).

Bahkan 25 tahun setelah lagu dirilis, hampir tidak mungkin untuk melewati akhir tahun tanpa mendengar lagu ini diputar di radio, mall, atau restoran. Lagu ini juga merupakan salah satu lagu Carey yang paling sukses secara komersial, bukan prestasi kecil bagi seseorang yang telah memiliki 19 hit Nomor 1 hingga saat ini.


2. Last Christmas - Wham! (1986)

Musik Video Last Christmas - Wham! (1986), tangkapan layar (sumber: youtube.com/WhamVEVO)

Lagu yang rilis pada tahun 1986 ini sudah banyak di-cover oleh beberapa musisi lainnya sampai saat ini. "Last Christmas" ditulis oleh George Michael di kamar tidur masa kecilnya.

"Kami pergi ke kamar lamanya, kamar tempat kami menghabiskan waktu berjam-jam saat anak-anak merekam acara radio dan jingle, kamar tempat dia menyimpan keyboard dan sesuatu untuk merekam percikan inspirasinya, dan dia memainkan pengantar dan melodi paduan suara yang memesona untuk Last Christmas. Itu adalah momen yang menakjubkan.," kata Andrew Ridgeley, rekan band Wham!.

Pasalnya, George telah menggabungkan musik dan menyaring esensi Natal ke dalam lagu ini. Ia menambahkan lirik yang menceritakan kisah cinta yang dikhianati, tak heran bagi sebagian orang yang paham dengan unsur lirik lagu, mungkin sudah peka lagu ini menyentuh hati.


3. Santa Tell Me - Ariana Grande (2014)

Penyanyi Ariana Grande menggelar konser amal bertajuk "One Love Manchester" di Manchester, Minggu (4/6). Bersama sejumlah musisi, Ariana Grande mengumpulkan uang bagi para korban ledakan pada akhir konsernya yang terjadi 22 Mei silam. (Dave Hogan via AP)

Salah satu lagu Natal pop terbaik sepanjang masa, dan terus memantapkan posisinya sebagai lagu Natal yang selalu masuk tangga lagu setiap tahun sejak dirilis pada tahun 2014.  

Musisi Amerika ternama di kalangan anak muda, Ariana Grande, mengatakan bahwa lagu ini adalah lagu Natal favoritnya dari semua lagu yang telah dia rekam sejauh ini.

Dia secara resmi mengumumkan lagu dan judulnya di halaman Twitter pribadinya pada 13 November 2014, dengan memberikan keterangan, "menampilkan lagu Natal keren untukmu pada tanggal 24 November berjudul Santa Tell Me! sedikit sesuatu untuk liburan :) sangat bersemangat #10DaysTilSantaTellMe."

Selalu menggeparkan industri musik, lagu ini kembali masuk 10 lagu teratas di Spotify Global. Cuitan terbaru dari akun twitter Pop Crave, @popcrave, menyatakan bahwa "Santa Tell Me" milik Ariana Grande kembali masuk ke 10 besar di Spotify Global di #8 dengan lebih dari 4.512 juta streaming."

 


4. It’s Beginning to Look a Lot like Christmas - Michael Bublé (2011)

Musik Video It’s Beginning to Look a Lot like Christmas - Michael Bublé (2011), tangkapan layar (Sumber: youtube.com/michaelbuble)

Lagu ini aslinya ditulis pada tahun 1951 oleh Meredith Wilson dan pertama kali dirilis pada tahun yang sama oleh Perry Como dan The Fontane Sisters dengan Mitchell Ayers dan His Orchestra. Selama bertahun-tahun, lagu ini telah diliput oleh orang-orang seperti Bing Crosby, Meghan Trainor, dan salah satunya yang paling populer yakni Michael Bublé.

Sebenarnya album Natal Michael Bublé tahun 2011-nya adalah album penyanyi paling sukses hingga saat ini, dengan lebih dari 12 juta kopi terjual di seluruh dunia. Angka-angka itu juga menjadikannya salah satu album Natal terlaris yang pernah ada.

Mengutip dari Billboard, versi 1951 oleh Perry Como dan Fontane Sisters dengan Mitchell Ayers dan Orkestranya menjadi hit, memuncak di No. 12 di Billboard Hot 100 pada tahun 2020.

 

 


5. Mistletoe - Justin Bieber (2011)

Justin Bieber tak mendapatkan restu dari ibunda Selena Gomez. (AFP)

"Mistletoe" adalah salah satu lagu Natal dari musisi ternama asal Kanada, Justin Bieber. Lagu tersebut ditulis oleh Bieber dan produsernya, Nasri Atweh dan Adam Messinger. Dan rilis pada 17 Oktober 2011, sebagai single utama dari album studio keduanya dan album Natal pertamanya, Under the Mistletoe (2011). 

Pria berusia 28 tahun ini pertama kali membawakan lagu tersebut secara live di My World Tour pada 6 Oktober 2011, di Olympic Stadium di Rio de Janeiro, Brasil.

Diketahui, ini adalah lagu Natal yang secara sonik berasal dari genre pop dan RnB, ditambah dengan alunan halus musik reggae. Tak heran, mulai dari penggemar bahkan orang awam pun pasti sangat menikmati lagu ini karena keasyikan dari aransemen lagu ini. Tak sampai disitu, "Mistletoe" menetapkan rekor debut tertinggi untuk lagu Natal dalam sejarah Billboard Hot 100 ketika dirilis pada tahun 2011. 

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya