10 Ide Ornamen Natal yang Bisa Dipajang Agar Rumah Lebih Cantik

10 Ornamen dekorasi natal agar rumah lebih cantik dan nyaman ketika natal datang.

oleh Achmad Hafidz diperbarui 24 Des 2022, 15:00 WIB
Ilustrasi Hari Natal (Foto: pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta Setiap tanggal 25 Desember diperingati sebagai hari raya Natal bagi umat kristiani. Perayaan Natal biasanya dirayakan oleh orang-orang tercinta dan terdekat. 

Hal kecil yang tidak pernah dilewatkan pada perayaan natal adalah mendekorasi rumah. Rumah yang menjadikan tempat berkumpul sebisa mungkin memasang ornamen-ornamen natal untuk memeriahkan hari besar tersebut. 

Biasanya keluarga terdekat mendatangi rumah sanak saudara untuk merayakan Natal atau berkumpul di satu rumah besar untuk berdoa di malam harinya menjelang perayaan Natal. Bagi Anda yang merayakan Natal, simak berikut 10 ide pernak-pernik ide ornamen Natal, melansir christmascentral dan curatedinterior, Sabtu (24/12/2022). 

1. Karangan Bunga Natal

Karangan bunga Natal biasanya didekor dari bunga pinus hijau yang hidup atau bunga cemara. Karangan bunga Natal umumnya ditempatkan depan pintu agar mempercantik suasana rumah ketika tamu datang. Selain itu menggantung karangan bunga Natal bisa di sekitar pegangan tangga atau bahkan diatas tempat tidur.

2. Pohon Natal 

Bukan Natal namanya tanpa pohon Natal keluarga. Meskipun kecil, Anda tidak bisa merayakan Natal tanpa memasang pohon cemara untuk menghias  ruang keluarga Anda, dengan hadiah yang disimpan di bawahnya. 

Pastikan untuk membeli pohon natal dan menghiasnya ketika Natal datang, pohon Natal juga bermakna arti tentang keabadian dan kehangatan bagi keluarga. 

3. Baju atau Pakaian Pohon

Ketika menghiasi pohon Natal membungkusnya dengan pakaian pohon adalah ide yang bagus, selain itu fungsi dari pakaian pohon Natal ini untuk menampung semua hadiah natal. 

Manfaat lain dari memiliki pakaian pohon adalah dapat menampung semua jarum pinus kecil yang jatuh dari pohon selama berminggu-minggu. Pakaian pohon juga bisa berupa keranjang, ember galvanis, dan bentuk lainnya.

 


3. Ornamen Pohon Natal

Ilustrasi pohon natal. (dok. Pixabay.com/Adhita Diansyavira)

Tidak ada pohon Natal yang lengkap tanpa beberapa ornamen Natal favorit Anda. Kombinasikan desain cantik mereka dengan fleksibilitas dan Anda dapat menempatkannya hampir di mana saja.

Dari desain yang solid hingga warna-warni, merupakan ornamen pohon Natal yang bagus untuk memeriahkan hari Natal. Bebeberapa ornamen Natal yang wajib ada seperti ornamen bola kaca, ornamen tahan pecah, finial, ornamen yang dirancang Icicle, ornamen sinterklas, dan lainnya.

4. Kaus Kaki

Tradisi menggantungkan stocking di atas perapian sebelum Natal adalah tradisi yang sudah berumur panjang. Ketika Natal biasanya kaus kaki ini diisi dengan barang-barang kecil untuk hadiah natal. Biasanya di negara eropa kaus kaki digantung diatas perapian atau cerobong asap di setiap rumah. 

5. Figuran Sinterklas

Sinterklas adalah wajah Natal yang sehat dan periang yang kita semua kenal dan cintai. Tua atau muda, Santa memainkan peran besar selama musim Natal. Patung-patung Sinterklas adalah aksen dekorasi Natal yang sempurna untuk rumah mana pun.

Dengan berbagai pilihan patung Sinterklas dalam berbagai gaya, ukuran, dan warna. Mendekorasi rumah Anda untuk Natal bisa menyenangkan dan Santa akan menjadi pusat perhatian.


6. Mainan Rusa

Anak-anak Palestina berfoto di dalam kereta luncur rusa Sinterklas tiruan saat keluarga mereka berbelanja hadiah di pasar kerajinan tradisional Natal, di kota Ramallah, Tepi Barat, Rabu, 7 Desember 2022. Warga Palestina memulai musim belanja tradisional Natal sebagai persiapan untuk liburan yang akan datang. (AP Photo/Nasser Nasser)

Sinterklas tidak lengkap apabila tidak ditemani dengan rusanya. Dia memiliki rusa kutub untuk membantu menarik kereta luncurnya dan membawanya ke seluruh dunia untuk mengantarkan hadiah. Dekorlah secara berpasangan antara Sinterklas dan Rusanya agar membuat lebih menarik rumahmu. 

7. Lilin 

Salah satu cara untuk membawa kehangatan ke dalam rumah Anda selama Natal adalah dengan menambahkan lilin Natal. Jika Anda memiliki hewan peliharaan atau anak kecil, lilin tanpa api adalah impian dekoratif untuk rumah Anda. Dengan nyala api seperti aslinya, lilin ini tidak meneteskan lilin yang berbahaya. Lilin tanpa api tidak terbakar, memungkinkan Anda untuk menyimpan lilin yang sama dari musim ke musim.

8. Mistletoe

Menaruh tanaman Mistletoe menjadi dekorasi, bermakna berkah dan keberuntungan bagi pasangan. Anda dapat menggantung mistletoe di atas pintu antara dua kamar.

 


9. Nutcracker

Ilustrasi Mainan Nutcracker (Source : Freepik)

Nutcrackers adalah dekorasi Natal umum yang menyerupai tentara mainan. Menurut cerita rakyat Jerman, mereka adalah tanda keberuntungan dan berfungsi sebagai pelindung rumah. 

Nutcracker juga berfungsi sebagai boneka pemecah kacang, berasal dari akhir abad ke-17 Jerman di Pegunungan Ore. Boneka-boneka ini sering diberikan sebagai hadiah, sehingga dikaitkan dengan Natal. Banyak tentara Amerika yang pulang dengan membawa dekorasi Jerman ini setelah Perang Dunia Kedua, dan popularitas balet.

Di Amerika, Nutcracker menjadi budaya mereka. Sebagian besar nutcracker dicat dengan warna-warna cerah, tetapi Anda juga dapat menemukan banyak yang menyerupai ikon populer.

10. Pita Pita Beludru Merah

Dekorasi ini sangat sederhana sehingga sangat bagus jika Anda mendekorasi dengan anggaran terbatas untuk Natal. Mengambil pita beludru merah tebal dan mengikatnya menjadi pita di sekitar berbagai benda di rumah Anda adalah cara termudah dan paling terjangkau untuk mendekorasi Natal.

Infografis Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Langkah Cegah Lonjakan Covid-19 (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya