Saat Ambisi Singapura Jadi Pusat Crypto Dunia Terguncang Keruntuhan FTX

Di tahun ini, aset dan perusahaan Crypto, di mana banyak yang terkait dengan Singapura meledak menyebabkan gaung dan memicu kerugian di seluruh dunia.

oleh Elga Nurmutia diperbarui 25 Des 2022, 12:22 WIB
Kota Singapura. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com 

Liputan6.com, Jakarta Ada suatu masa ketika Singapura seolah-olah akan menjadi pusat global untuk cryptocurrency. Pihak berwenang negara tersebut mengisyaratkan minat awal memanfaatkan teknologi blockchain.

Hal itu ditambah dengan lingkungan bisnis yang menguntungkan negara ini untuk bisa menarik perusahaan aset digital dan komunitas investor yang berkembang.

Melansir laman BBC, seperti dikutip Minggu (25/12/2022), pada tahun 2021, investasi industri ini di Singapura meningkat sepuluh kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya menjadi USD 1,48 miliar (£1,2 miliar). Menurut KPMG, hampir setengah dari total Asia Pasifik untuk tahun tersebut.

Namun kemudian tahun 2022 terjadi hal mengagetkan. Aset dan perusahaan Crypto, di mana banyak yang terkait dengan Singapura meledak menyebabkan gaung dan memicu kerugian di seluruh dunia.

Diawali keruntuhan token populer bernama Terra Luna. Ini menyebabkan token saudaranya TerraUSD, yang sebagian besar stabil, anjlok.

Beberapa bulan kemudian, dana lindung nilai crypto yang berbasis di Singapura, Three Arrows, mengajukan kebangkrutan, menghapus pertukaran crypto Voyager Digital dengannya.

Pada bulan Agustus, pemberi pinjaman crypto Hodlnaut menjadi yang berikutnya dalam serangkaian korban yang terus meningkat.

Diperkirakan bahwa penutupan pemain pasar utama tahun ini telah menghapus USD 1,5 triliun dalam kapitalisasi pasar crypto.

Kemudian pada bulan November, miliaran uang hilang dalam hitungan hari, ketika pertukaran crypto AS FTX runtuh secara spektakuler karena krisis likuiditas yang melumpuhkan.

Pendiri FTX Sam Bankman-Fried bahkan didakwa oleh otoritas AS yang menyebutnya "salah satu penipuan keuangan terbesar dalam sejarah AS".

Bagi Singapura, keruntuhan FTX sangat mengejutkan. Dana investasi negara Temasek telah berinvestasi di bursa, menghasilkan USD 275 juta selama beberapa bulan.

Temasek mengatakan sedang melakukan tinjauan internal atas investasi tersebut. Dana tersebut bernilai lebih dari USD 295 miliar sehingga investasi FTX merupakan persentase kecil dari portofolio kekayaan publiknya.

Namun wakil perdana menteri Singapura, yang juga menteri keuangan, mengatakan kepada parlemen bahwa kehilangan itu telah merusak reputasi.

"Fakta bahwa investor institusi global terkemuka lainnya seperti BlackRock dan Sequoia Capital juga berinvestasi di FTX tidak mengurangi hal ini," kata Lawrence Wong.

Investor kecil juga banyak dirugikan, dan banyak yang menilai otoritas Singapura seharusnya berbuat lebih banyak.

 


Langkah Singapura

Ilustrasi Crypto

Hodlnaut adalah salah satu dari segelintir perusahaan yang diberikan persetujuan prinsip untuk menyediakan layanan pembayaran digital oleh bank sentral Singapura. Persetujuan lisensi dibatalkan ketika pemberi pinjaman terpaksa menghentikan penarikan karena kondisi pasar.

"Inti masalahnya adalah ada beberapa kesalahpahaman di antara regulator. Mereka ingin menarik bisnis ke yurisdiksi mereka, tetapi Anda perlu mengatur sedemikian rupa sehingga konsumen aman," kata Michael Gronager, CEO dan salah satu pendiri blockchain perusahaan analisis Chainalysis.

Gronager mengatakan bahwa regulator perlu memutuskan apakah akan menerapkan undang-undang pada perusahaan - misalnya, memberi mereka lisensi untuk beroperasi di negara tersebut - atau untuk membatasi akses perdagangan ke investor ritel.

FTX tidak memiliki lisensi untuk beroperasi di Singapura. Namun, MAS mengatakan tidak mungkin mencegah pengguna lokal mengakses penyedia layanan luar negeri.

"Kita akan melihat penipuan, uang cepat di industri - itu tidak mengherankan. Kami melihatnya di internet, kami melihatnya di semua jenis industri tradisional," kata Gronager.

Singapura telah mulai memperkenalkan langkah-langkah baru bahkan sebelum saga FTX, memperingatkan bahwa teknologi tersebut dapat berubah-ubah dan spekulatif. 

Dengan melarang iklan crypto awal tahun ini dan sedang menyelidiki sejumlah outlet yang ada di negara kepulauan itu.

Binance, pertukaran crypto terbesar di dunia, meninggalkan Singapura tahun lalu setelah dimasukkan dalam daftar waspada investor karena meminta pelanggan tanpa lisensi yang diperlukan, dan menawarkan perdagangan dolar Singapura.

Akibatnya, tindakan keras tersebut telah menuai kritik dari para pelaku industri, misalnya dari Brian Armstrong, salah satu pendiri dan CEO platform pertukaran crypto yang berbasis di AS, Coinbase.

"Singapura ingin menjadi hub untuk Web3 (visi iterasi berikutnya dari internet yang menggunakan blockchain dan cryptocurrency), dan kemudian secara bersamaan mengatakan: 'Oh, kami tidak akan benar-benar mengizinkan perdagangan ritel atau dompet yang dihosting sendiri untuk tersedia," katanya di Singapore FinTech Festival pada bulan November.

"Dua hal itu tidak cocok di benak saya," tambahnya.

 


Tetap Yakin

Berinvestasi Crypto yang aman dengan Tokocrypto. (Pexels/Alesia Kozik)

Pemerintah Singapura mengatakan tetap antusias dengan crypto dan masih ingin menjadi pusat aset virtual, dengan fokus pada sisi bisnis dan administrasi teknologi blockchain.

Ini telah berjanji untuk menahan risiko, dengan mengusulkan tes pengetahuan untuk investor ritel sebelum diizinkan untuk berdagang, dan telah mengakui bahwa ini dapat berarti perusahaan yang berfokus pada ritel dapat pindah ke yurisdiksi lain.

"Platform mata uang kripto dapat runtuh karena penipuan, model bisnis yang tidak berkelanjutan, atau pengambilan risiko yang berlebihan. FTX bukanlah platform mata uang kripto pertama yang runtuh, juga bukan yang terakhir," kata Wong.

"Mereka yang memperdagangkan cryptocurrency harus siap kehilangan semua nilainya. Tidak ada regulasi yang dapat menghilangkan risiko ini."

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya