13 Makanan Natal Khas Indonesia, Babi Panggang Hingga Ayam Kodok

Makanan khas Natal menjadi yang paling ditunggu-tunggu pada perayaan Natal di tiap daerah. Berikut 13 makanan Natal khas Indonesia.

oleh Azizah Savira diperbarui 25 Des 2022, 18:00 WIB
Kehigienisan makanan di tempat wisata, hotel dan restoran menjadi jaminan pemkab Banyuwangi Jelang Libur Natal dan Tahun baru (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Makanan khas Natal Indonesia menjadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu pada perayaan Natal. Tiap daerah memiliki hidangan khasnya masing-masing. Namun, berkat kekayaan rempah dan bumbu yang dimiliki negeri ini, makanan Natal khas Indonesia memiliki cita rasa yang kaya dan menggugah selera.

Selain dekorasi yang berwarna-warni, berbagai hidangan lezat juga kerap memeriahkan perayaan Natal. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan makanan Natal di luar negeri, makanan khas Natal Indonesia juga terdiri dari aneka kue, hidangan utama, dan penutup. 

Namun, Indonesia yang kaya akan beragam suku, membuat masing-masing wilayah punya makanan khas sendiri. Selain itu, kekayaan rempah dan bumbu negeri ini juga semakin membuat makanan Natal di Indonesia memiliki cita rasa yang khas dan menggugah selera.

Berikut ini beberapa makanan Natal khas Indonesia dilansir antaranews.com:

1. Babi Panggang Karo

Perayaan Natal di Sumatra Utara wajib menghidangkan babi panggang karo. Bumbunya daun serai, bawang putih, dan kecap manis.

Babi panggang karo disajikan dengan saus khusus yang terbuat dari darah babi yang sudah dibumbui dan dimasak di atas bara api.

2. Ikan Kuah Kuning

Ikan kuah kuning merupakan makanan yang wajib ada pada perayaan Natal di Ambon. Jenis ikan yang biasanya digunakan adalah ikan tongkol, tuna, atau ikan muba.

Kemudian ikan ini dimasak dengan rempah dan bumbu kuning dari kunyit dan bumbu lainnya. Makanan Natal khas Indonesia ini disantap dengan papeda.


3. Nastar

ilustrasi makan malam ayam/Photo by 🇨🇭 Claudio Schwarz | @purzlbaum on Unsplash

Kue kering yang mungil dan enak ini memang sering menghiasi perayaan hari-hari spesial. Selain Lebaran, Nastar rupanya juga ada di perayaan Natal.

Nastar dengan isian selai nanasnya yang manis dan warna kuningnya yang berkilau menjadi makanan favorit banyak orang yang selalu bikin ketagihan.

4. Selat Solo

Dari Manado, kita pindah ke Solo. Perayaan Natal di Solo juga punya hidangan Natal khasnya sendiri, yaitu selat solo.

Hidangan ini mirip seperti steak daging yang lengkap dengan sayuran dan kentang, tetapi ditambahkan sedikit kuah encer. Selat solo merupakan makanan khas Jawa yang mendapatkan pengaruh dari Eropa.

5. Ayam Kodok

Bila negara barat memiliki hidangan kalkun yang kerap dihadirkan pada perayaan spesial, seperti hari Thanksgiving, Indonesia punya ayam kodok yang sering disajikan pada hari Natal.

Ayam kodok adalah hidangan ayam utuh yang isi jeroannya sudah dikeluarkan, lalu diganti dengan isian berupa daging sapi, sayur-sayuran, dan lain-lain yang sudah diberi bumbu.

Ayam tersebut kemudian disajikan di atas nampan yang besar dan dihiasi dengan tambahan garnis.


6. Klappertaart

Klappertaart Your dessert by Dev/manisdansedap.com.

Makanan khas Manado yang biasa disajikan saat Natal yaitu klappetaart. Klappetaart adalah kue manis yang bisa disantap sehabis makan besar sebagai hidangan penutup.

Kue manis ini terbuat dari daging kelapa, susu, telur, tepung dan mentega yang dipanggang. Konon klappetaart merupakan makanan tradisional yang mendapat pengaruh dari Belanda.

7. Babi guling

Di Bali, babi guling menjadi makanan khas Natal yang sudah menjadi tradisi warga setempat yang merayakannya. Di daerah Manado, babi guling juga jadi santapan saat Natal. Babi dimasak di atas bara api selama berjam-jam sampai matang, dan diputar atau diguling agar matang merata.

8. Kue Bagea

Kue Bagea merupakan makanan Natal khas NTT dan daerah Maluku. Kue ini berbentuk bulat dan berwarna putih pucat.

Terbuat dari campuran tepung sagu, terigu, gula, minyak, biji cintang, dan rempah berupa bubuk kayu manis dan bubuk cengkeh, kue Bagea enak untuk dinikmati sebagai hidangan penutup.

9. Ayam Budu-Budu

Makassar punya makanan Natal dari ayam, yaitu ayam budu-budu. Ayam budu-budu terbuat dari ayam yang dibumbui dengan air jeruk nipis, air asam jawa, daun bawang dan jahe. Ayam budu-budu disajikan untuk disantap dengan nasi hangat saat jamuan makan di hari Natal.


10. Ikan woku belanga

Poffertjes di Restoran 1928/ Foto: The Hermitage.

Ikan woku belanga juga sering hadir dalam makanan Natal di Manado. Ikan tongkol yang biasa dipakai untuk bahan utamanya, dimasak dengan kuah dan bumbu kuning, rasanya pedas dan enak disantap dengan nasi hangat.

11. Poffertjes

Poffertjes juga merupakan kue Natal yang biasanya disajikan pada hari Natal pertama sebagai sarapan. Kue ini merupakan makanan khas Natal Indonesia dari Ambon, tetapi mendapat pengaruh dari Belanda.

Poffertjes memiliki penampilan yang mirip dengan pancake tapi lebih kecil, dengan rasa yang manis.

12. Sup Brenebon

Sup brenebon adalah sup untuk sajian Natal khas Manado. Sup ini berisi iga sapi dan kacang merah yang disiram kuah hangat.

13. Ayam Rica-Rica

Ayam rica-rica selain terkenal untuk hidangan lauk sehari-hari, juga merupakan makanan Natal terutama di Manado. Ayam dimasak bumbu merah dengan rasa pedas. Ayam rica-rica dinikmati dengan nasi hangat dan minuman segar.

Infografis Aturan Sepulang Liburan Natal dan Tahun Baru di Luar Negeri. (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya