Eks Pelatih Real Madrid: Messi Sejajar dengan Pele dan Maradona, Cristiano Ronaldo Tidak Layak

Eks pelatih Real Madrid memuji Messi setinggi langit. Dia juga menyentil Ronaldo yang sikapnya makin tidak karuan di tahun 2022.

oleh Thomas diperbarui 25 Des 2022, 19:00 WIB
FIFA akhirnya menobatkan Lionel Messi sebagai MVP alias Pemain Terbaik Piala Dunia 2022. Sejauh turnamen Piala Dunia 2022 ini berjalan, Messi mengemas tujuh gol. Ia juga menyumbangkan tiga assist bagi Argentina. (AP Photo/Martin Meissner)

Liputan6.com, Jakarta- Mantan pelatih Real Madrid asal Italia Fabio Capello blak-blakan soal berbagai isu terkini di sepak bola dunia pada penghujung 2022 dalam wawancaranya di Il Corriere della Sera. Capello menyanjung Lionel Messi dan mengkritik keras Cristiano Ronaldo.

Dalam wawancara dengan Il Corriere della Sera, Capello membahas perkembangan sepak bola usai Piala Dunia 2022 dimana Argentina dan Messi akhirnya sukses menjadi juara dengan mengalahkan Prancis di partai final 18 Desember lalu.

Menurut Fabio Capello, trofi Piala Dunia 2022 semakin melengkapi prestasi Messi. Namun bagi Capello, sosok Messi tidak membutuhkan trofi Piala Dunia.

Baginya Messi sudah menjadi GOAT (Greatest of All Time)  tanpa menjuarai Piala Dunia. Capello mensejajarkan Messi dengan Pele dan Maradona. Di mata Capello, Messi jauh lebih hebat dibanding Cristiano Ronaldo.

“Bagi saya, Lionel Messi berada di level yang sama bahkan sebelum Piala Dunia. Pele, Messi dan Maradona melakukan hal-hal yang orang lain bahkan tidak bisa bayangkan,” kata Capello.

Pada kesempatan tersebut Capello juga menyentil Ronaldo. Menurut Capello, pemain asal Portugal itu arogan dan sikapnya tidak baik bagi tim.

"Ronaldo membawanya ke dirinya sendiri dan untuk apa yang dia lakukan dalam kariernya, itu memalukan," kata Capello.


Sentil Ronaldo

Cristiano Ronaldo telah dikaitkan dengan klub Arab Saudi Al-Nassr. (AP Photo/Ricardo Mazalan)

Capello berkaca pada apa yang terjadi pada Ronaldo di tahun 2022 ini. Ronaldo bersitegang dengan pelatih Manchester United Erik ten Hag maupun aristek timnas Portugal Fernando Santos.

Ronaldo juga melakukan wawancara kontroversial dengan Piers Morgan. Isi wawancaranya menjelek-jelekan banyak elemen di MU. Akibatnya Ronaldo dipecat MU dan kini tak memiliki klub.

Di Piala Dunia 2022, Ronaldo juga melakukan sederet aksi tidak terpuji. Dia mengklaim gol yang dibuat rekan setimnya, Bruno Fernandes, marah ketika diganti Fernando Santos hingga gambek ketika dicadangkan di babak gugur.

“Sebagai pemain, dia tidak bisa dipertanyakan, tapi dia arogan. Dia menawarkan dirinya tanpa menemukan klub yang akan percaya padanya; dia menjadi sedikit merepotkan untuk sebuah tim," tegas Capello.


Ke Arab

Ronaldo saat ini belum juga mendapatkan klub baru. Eks pemain Juventus itu sebenarnya masih ingin melanjutkan karier di benua Eropa. Tapi tidak ada klub besar Eropa yang mau merekrutnya setelah apa yang terjadi di MU dan Portugal.

Kini Ronaldo malah santer diberitakan akan melanjutkan karier di Arab Saudi. Hanya Al-Nassr yang mau dan bersedia memberikan gaji besar kepada kekasih Georgina Rodriguez itu.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya