Harta Orang Terkaya Dunia Boleh Merosot Tapi Tidak 5 Miliarder Asia Ini yang Justru Kian Tajir Melintir

Secara kolektif nilai kekayaan mereka mencapai lebih dari USD 200 miliar, USD 93 miliar lebih banyak dari pada awal tahun.

oleh Aprilia Wahyu Melati diperbarui 30 Des 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi miliarder atau orang terkaya dunia. (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Kabarnya kekayaan orang terkaya duniasecara kolektif menurun hampir USD 2 triliun di tahun 2022. Akan tetapi, tidak dengan 5 miliarder asal Asia ini yang justru kian tajir jika dibanding tahun lalu. Harta mereka naik USD 93 miliar atau sekitar Rp 1,45 kuadriliun lebih kaya dari tahun lalu.

Setahun terakhir ini menjadi tahun yang bergejolak bagi orang-orang terkaya di dunia. Sebagai kelompok, miliarder dunia kehilangan kekayaan lebih dari USD 1,9 triliun. Anjloknya harga saham karena inflasi yang lebih tinggi dan pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat menjadi penyebab utamanya.

Namun di tengah penurunan secara keseluruhan, ada sekelompok miliarder yang mampu melawan kabar buruk tersebut. Setidaknya ada 5 miliarder Asia berhasil menambah kekayaan terbesar tahun 2022. Secara kolektif mereka bernilai lebih dari USD 200 miliar, USD 93 miliar lebih banyak dari pada awal tahun.

Pemenang terbesar sejauh ini adalah Gautam Adani dari India. Adani Group miliknya mencakup jaringan perusahaan publik yang aktif dalam pembangkit listrik, semen, real estat, dan lainnya.

Pada awal Februari 2022, Adani menjadi orang terkaya di Asia dan orang terkaya kesepuluh di dunia senilai USD 90,1 miliar. Pada pertengahan Desember, ia menduduki peringkat sebagai orang terkaya ketiga di dunia.

Ada pula peraih keuntungan besar lainnya yang hampir tidak begitu dikenal dan beroperasi di bidang seperti distribusi makanan dan batu bara, yang tidak menarik liputan media sebanyak teknologi.

Selain Adani, ada lagi satu orang pemenang lain dari India, satu dari Indonesia, dan dua dari China.

Tahun lalu, 4 dari 5 peraih teratas berasal dari AS dan memiliki kekayaan di bidang teknologi atau yang berhubungan dengan teknologi seperti kendaraan listrik, yaitu, Elon Musk.

Tahun ini, hanya satu orang yaitu Colin Zheng Huang dari China, yang mendirikan dan sebelumnya memimpin perusahaan e-niaga Pinduoduo. Dia menjadi miliarder teknologi.

Untuk mengukur miliarder yang mampu meraih keuntungan terbesar, Forbes melihat sejak awal tahun (2.671 pada awal 2022) dan yang memegang setengah atau lebih dari kekayaan mereka di saham yang diperdagangkan secara publik. Forbes mengukur perubahan kekayaan bersih tersebut per 9 Desember 2022.

Jadi, inilah lima miliarder yang memperoleh penghasilan terbesar dalam dolar pada tahun 2022 seperti melansir Forbes, Jumat (30/12/2022).

 


Daftar Miliarder

Gautam Adani, (Photo: AFP)

1. Gautama Adani

Negara: India

Kekayaan bersih: USD 133,9 miliar

Keuntungan pada tahun 2022: +USD 55,1 miliar

Adani adalah peraih dolar terbesar sepanjang tahun ini, naik USD 55 miliar– lebih dari tiga kali lipat dari peraih terbesar berikutnya.

Tahun lalu, Adani naik USD 52,5 miliar - kedua setelah Elon Musk. Saham Adani Enterprises milik Adani Group naik 57 persen karena melanjutkan pesta ekspansi.

Adani Group menjadi produsen semen terbesar kedua di India pada bulan Mei setelah mengakuisisi cabang India dari perusahaan semen Swiss, Holcim.

Pada awal Desember, Grup Adani menjadi pemegang saham mayoritas di salah satu jaringan televisi terbesar di India, New Delhi Television Ltd., melanjutkan pangsanya di industri media India.

2. Low Kwong Tuck

Negara: Indonesia

Kekayaan bersih: USD 18,6 miliar

Keuntungan pada tahun 2022: +USD16 miliar

Low, yang dikenal sebagai raja batu bara Indonesia, menantang ekspektasi di industri yang dianggap sekarat. Harga saham perusahaan pertambangan batubaranya yang terdaftar Bayan Resources naik tiga kali lipat pada 2022.

Hal itu didukung oleh peningkatan permintaan batubara setelah invasi Rusia ke Ukraina pada bulan Februari. Low yang memiliki saham mayoritas di Bayan Resources, kini menjadi miliarder terkaya kedua di Indonesia per akhir 2022, naik dari peringkat 18 saat tahun lalu.

 

 


3.Colin Zheng Huang

Ilustrasi Miliarder atau Orang Terkaya. Foto: Freepik

Negara: Tiongkok

Kekayaan bersih: USD 31,6 miliar

Keuntungan pada tahun 2022: +USD 11,1 miliar

Terlepas dari kesengsaraan ekonomi dan pandemi China, raksasa e-commerce diskon Huang, Pinduoduo, berkembang pesat. Perusahaan yang terdaftar di Nasdaq ini melaporkan peningkatan pendapatan kuartal ketiga sebesar 65 persen setelah menarik konsumen dengan harga yang murah. Dalam laporan yang sama, perusahaan memperingatkan bahwa tingkat pertumbuhannya tidak berkelanjutan. Berita itu tidak menyurutkan banyak orang; saham naik 35% tahun ini.

4.Wu Yiling

Negara: Tiongkok

Kekayaan bersih: USD 6,8 miliar

Keuntungan pada tahun 2022: +USD 4,1 miliar

Keuntungan Wu tahun ini terkait dengan Lianhua Qingwen, obat herbal Covid-19 yang dibuat oleh Shijiazhuang Yiling Pharmaceutical yang terdaftar di Shenzhen, yang dipimpin oleh Wu. Saham naik 61 persen tahun ini karena Cina menimbun perawatan setelah melemahnya pembatasan Covid-19. Perawatan tersebut menyumbang 46 persen dari penjualan perusahaan, menurut pengajuan pertengahan tahun Yiling.

5. Ravi Jaipuria

Negara: India

Kekayaan bersih: USD 9,3 miliar

Keuntungan pada tahun 2022: +USD 3,9 miliar

Jaipuria, raja cola India yang berkuasa, memimpin RJ Corp, konglomerat multinasional dengan pijakan minuman, perawatan kesehatan, dan lainnya.

Saham Varun Beverages andalannya – salah satu pembotolan internasional terbesar PepsiCo – lebih kaya dua kali lipat tahun ini di tengah peningkatan penjualan dan margin keuntungan.

Usaha Jaipuria lainnya, Devyani International Limited, yang mengoperasikan makanan cepat saji favorit seperti KFC, Pizza Hut, dan Costa Coffee, juga sedang naik daun karena saham naik 12 persen di tahun ini.

 

Pendatang baru miliarder dunia

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya