Jejak Karier Pele Bawa Brasil 3 Kali Juara Piala Dunia

Legenda sepak bola dunia Edson Arantes do Nascimento atau Pele baru saja meninggal dunia. Selama kariernya sebagai pemain sepak bola, Pele berhasil membawa Brasil menjuarai Piala Dunia FIFA sebanyak tiga kali, yaitu pada tahun 1958 di Swedia, tahun 1962 di Chile, dan tahun 1970 di Meksiko.

oleh Arnaz Sofian diperbarui 30 Des 2022, 17:02 WIB
Edson Arantes do Nascimento atau Pele
Legenda sepak bola dunia Edson Arantes do Nascimento atau Pele baru saja meninggal dunia. Selama kariernya sebagai pemain sepak bola, Pele berhasil membawa Brasil menjuarai Piala Dunia FIFA sebanyak tiga kali, yaitu pada tahun 1958 di Swedia, tahun 1962 di Chile, dan tahun 1970 di Meksiko.
Mantan pemain sepak bola asal Basil, Edson Arantes do Nascimento atau Pele mengangkat trofi Piala Dunia di New York, Amerika Serikat, 7 Desember 1991. Pele, yang memiliki nama asli Edson Arantes do Nascimento, mulai bermain untuk Santos pada usia 15 tahun dan Timnas Brasil setahun kemudian, meledak di kancah sepak bola dunia saat berusia 17 tahun di Piala Dunia 1958. (HELAYNE SEIDMAN/AFP)
Mantan pemain sepak bola asal Basil, Edson Arantes do Nascimento atau Pele mengangkat tinjunya saat upacara peresmian lapangan sepak bola berteknologi baru yang dipasang di Favela Mineira, Rio de Janeiro, Brasil, 10 September 2014. Pele memiliki segudang rekor di Piala Dunia yang belum bisa dipecahkan hingga tahun 2022 ini, seperti pemenang Piala Dunia termuda di usia 17 tahun dan 249 hari dan pencetak gol termuda di Piala Dunia berkat golnya ke gawang Wales di umur 17 tahun dan 239 hari. (Yasuyoshi CHIBA/AFP)
Pemain sepak bola Brasil Edson Arantes do Nascimento atau Pele (tengah) memberi selamat kepada rekan setimnya Vava (20) setelah ia mencetak gol ke gawang Swedia yang dijaga Karl Svensson pada final Piala Dunia di Stockholm, 28 Juni 1958. Vava dan Pele masing-masing mencetak dua gol saat Brasil memenangkan gelar pertamanya dengan mengalahkan tuan rumah Piala Dunia Swedia dengan skor 5-2. (STAFF/AFP)
Pemain sepak bola Brasil, Edson Arantes do Nascimento atau Pele bersama dua penggemar beberapa hari sebelum pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia antara Brasil dan Inggris di Vina de Mare, Chile, 10 Juni 1962. Setelah Piala Dunia 1958, Pele juga membawa Brasil memenangkan Piala Dunia 1962. (AFP)
Pemain sepak bola Brasil Edson Arantes do Nascimento atau Pele diangkat di pundak rekan satu timnya setelah mengalahkan Italia dengan skor 4-1 pada final Piala Dunia di Estadio Azteca Mexico City, Meksiko, 21 Juni 1970. Pada tahun 1970, Pele menjadi pemain pertama dan satu-satunya yang memenangkan tiga gelar Piala Dunia, sebagai bagian dari skuad yang dianggap sebagai salah satu tim terhebat dalam sejarah olahraga. (AP Photo, File)
Pemain sepak bola Brasil Edson Arantes do Nascimento atau Pele mengibarkan bendera Brasil dan AS saat dibawa keluar lapangan setelah pertandingan terakhirnya di Stadion Giants, East Rutherford, New Jersey, Amerika Serikat, 1 Oktober 1977. Pada akhir 1970-an, Pele bermain di Amerika Serikat untuk New York Cosmos sebelum akhirnya pensiun pada 1977. (AP Photo/Richard Drew, File)
Pemain sepak bola Brasil Edson Arantes do Nascimento atau Pele melatih anak-anak saat perjalanannya ke Bangkok, Thailand, 6 Desember 1974. Kendati sudah memutuskan untuk pensiun, Pele tatap terlibat dalam olahraga dengan bekerja sebagai pandit di televisi dan menjabat sebagai Menteri Olahraga di Brasil antara tahun 1995 dan 1998. (AFP)
Bintang sepak bola Argentina Diego Armando Maradona (kiri) beristirahat di tempat tidur gantung dengan bintang sepak bola Brasil Edson Arantes do Nascimento atau Pele dalam sebuah pertemuan di Rio de Janeiro, Brasil, 13 Mei 1995. Sepanjang kariernya, Pele juga pernah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Abad 20 oleh FIFA dan mengungguli Diego Armando Maradona. (AP Photo/G. Copolla, File)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya