Timnas Indonesia Tidak Akan Pilih Lawan Jika Lolos ke Semifinal Piala AFF 2022

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam, Singapura, atau Malaysia jika melangkah ke semifinal Piala AFF 2022.

oleh Bogi Triyadi diperbarui 02 Jan 2023, 12:30 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan keterangan saat konferensi pers setelah pertandingan antara Timnas Indonesia menghadapi Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (29/12/2022) sore WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menegaskan skuadnya siap melawan kesebelasan mana pun apabila lolos ke semifinal Piala AFF 2022. "Kami tidak mau menghindari tim terbaik yang menjadi lawan Indonesia," katanya di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, seperti dikutip dari Antara.

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, andai meraih tiket empat besar dari Grup A, dia dan anak-anak asuhnya siap melawan kesebelasan yang melaju dari Grup B. Di Grup B, ada tiga yang berebut jatah ke semifinal Piala AFF.

Vietnam saat ini memuncaki klasemen dengan tujuh poin dan selisih gol +9. Singapura di posisi kedua dengan tujuh poin dan selisih gol +3. Selanjutnya Malaysia di urutan ketiga yang memiliki enam poin dan selisih gol +3.

"Saya sama sekali tidak peduli mau berjumpa dengan Vietnam, Singapura atau Malaysia. Itu karena kami memang pasti akan bersua dengan tim kuat kalau lolos ke semifinal maupun final," kata Shin Tae-yong.

 


Menang besar

Pemain depan timnas Indonesia, Marc Anthony Klok merayakan golnya ke gawang Thailand pada laga lanjutan kualifikasi Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (29/12/2022). Laga berakhir imbang 1-1 meski Indonesia sempat unggul lewat gol yang dicetak Marc Anthony Klok lewat titik putih. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Timnas Indonesia saat ini di urutan kedua klasemen Grup A Piala AFF 2022 dengan tujuh poin dari tiga pertandingan (selisih gol +8). Thailand memuncaki klasemen juga dengan tujuh poin dari tiga laga tetapi unggul selisih gol (+9).

Kamboja menguntit di peringkat ketiga dengan enam poin (selisih gol +4). Di bawahnya bertengger Filipina dengan tiga poin dan Brunei Darussalam di dasar klasemen dengan nol poin

Indonesia hanya perlu hasil imbang melawan Filipina pada laga terakhir untuk melaju ke semifinal. Namun jika ingin lolos ke semifinal dengan status grup, Skuad Garuda harus menang besar atas Filipina untuk melewati gol Thailand.

Pertandingan indonesia melawan Filipina akan berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/2023) mulai pukul 19.30 WIB .

 


Jadwal Pertandingan

Ekspresi pemain timnas Indonesia usai laga lanjutan kualifikasi Grup A Piala AFF 2022 melawan Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (29/12/2022). Laga berakhir imbang 1-1 meski Indonesia sempat unggul lewat gol yang dicetak Marc Anthony Klok lewat titik putih. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Senin, 2 Desember 2022

19:30 WIB, Filipina vs Indonesia

Venue: Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina

19:30 WIB, Thailand vs Kamboja

Venue: Stadion Thammasat, Rangsit, Thailand

Infografis Jatuh Bangun Skuad Garuda di Piala AFF (Liputan6.com/Triyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya