Lowongan Magang, Syarat Daftar, hingga Batas Waktu Mahasiswa Ikut Program MISB Kampus Merdeka

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) saat ini tengah membuka lowongan Magang dan Studi Independen Bersertifikat atau MISB Cycle 4 Tahun 2023.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 03 Jan 2023, 14:09 WIB
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) saat ini tengah membuka lowongan Magang dan Studi Independen Bersertifikat atau MISB Cycle 4 Tahun 2023. (kampusmerdeka.kemdikbud.go.id)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) saat ini tengah membuka lowongan Magang dan Studi Independen Bersertifikat atau MISB Cycle 4 Tahun 2023.

Apa itu Magang dan Studi Independen Bersertifikat atau MISB?

Melansir laman resmi https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/, Selasa (3/1/2022), MISB merupakan bagian dari program Kampus Merdeka dengan tujuan memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengasah dan mendapatkan kemampuan, serta pengetahuan lebih.

Hal tersebut bertujuan agar para mahasiswa bisa mengetahui cara kerja di dunia industri dan secara langsung juga terjun ke dalam proyek yang sedang berjalan.

Dalam menjalani program magang Kampus Merdeka ini, nantinya para mahasiswa harus bekerja dan mengikuti kegiatan trainee selama periode waktu tertentu.

Diharapkan, mahasiswa mendapatkan ilmu yang relevan dari institusi tempat magang mereka masing-masing.

Berikut 4 hal yang akan kamu dapatkan dari kegiatan magang:

1. Keberlanjutan karir

Peluang yang lebih besar untuk diterima sebagai karyawan di tempat magang.

2. Keterlibatan langsung dan mendalam

Pengalaman kerja yang berharga untuk digunakan setelah lulus dari Universitas.

3. Gambaran nyata dunia bekerja

Pengetahuan tentang praktik terbaik dalam Industri dan Sektor yang diminati.

4. Bangun dan perluas koneksi

Jaringan dan hubungan dalam industri tempat magang.

Saat ini, proses registrasi sudah berlangsung sejak 15 Desember 2022 dan akan berakhir pada 20 Januari 2023. Berikut jadwal MISB Cycle 4 Tahun 2023:

1. 15 Desember 2022 - 20 Januari 2023

Pendaftaran dan kelengkapan administrasi Mahasiswa: Mahasiswa melakukan pendaftaran ke program yang diminati melalui platform Kampus Merdeka dan mengumpulkan dokumennya secara lengkap pada saat pendaftaran.

2. 20 Desember 2022 - 31 Januari 2023

Proses seleksi mahasiswa: Mitra menyeleksi Mahasiswa

3. Minggu ke-3 Januari

Survei Kebhinekaan: sebagai syarat untuk Mahasiswa yang mendaftar

4. Minggu ke-2 Februari 2022

Pengumuman Seleksi Mahasiswa: Mitra akan mengumumkan Mahasiswa yang lolos seleksi.

5. 16 Februari - selesai

Pelaksanaan program.

 


Syarat Ikut MISB

Ilustrasi bekerja (pixabay.com)

Persyaratan Dokumen

Berikut adalah dokumen yang menjadi syarat pendaftaran beserta ketentuannya:

1. Curriculum Vitae

Tidak ada template baku untuk dokumen ini, namun dimohon menggunakan format file pdf. Mahasiswa dapat membuatnya dengan kreativitas masing-masing.

2. Transkrip Nilai

Transkrip nilai terbaru. Jika transkrip terbaru belum tersedia, silakan gunakan transkrip terakhir lalu perbarui dokumen melalui menu 'Lengkapi Dokumen' di akun Mahasiswa ketika transkrip baru sudah ada.

3. Surat Rekomendasi Universitas

Surat Rekomendasi yang ditandatangani oleh (Rektor/Ketua/Direktur, Wakil Rektor/Wakil Ketua/Wakil Direktur/Dekan/Wakil Dekan atau pejabat lain sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi)

4. Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM)

SPTJM Mahasiswa yang ditandatangani oleh (Rektor/Ketua/Direktur, Wakil Rektor/Wakil Ketua/Wakil Direktur/Dekan/Wakil Dekan atau pejabat lain sesuai ketentuan yang berlaku di masing-masing perguruan tinggi)

5. Foto atau Scan KTP

Pastikan hasil scan jelas dan tidak buram.

6. Sertifikat pengalaman organisasi (opsional)

Jika ingin melampirkan beberapa sertifikat, silakan menggabungkannya menjadi satu file .PDF dengan ukuran maksimal 5MB.

 


Persyaratan Mahasiswa

Suasan Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor, Bogor, Jawab Barat, Senin (26/12/2022). Proyek yang merupakan hasil revitalisasi eks Gedung DPRD Kota Bogor itu baru mencapai 60 persen dan masih akan terus berkembang ke depannya. (Liputan6.com/Magang/Aida Nuralifa)

Siapa saja yang dapat mengikuti program MISB ini?

1. Mahasiswa dari seluruh Indonesia tanpa memandang ras, warna kulit, jenis kelamin, bahasa, agama, serta situasi ekonomi dan sosial lainnya.

2. Mahasiswa dari semua jurusan dengan akreditasi kampus apapun di Indonesia – dengan catatan kampus berada di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

3. Mahasiswa aktif pada jenjang D2/D3/D4/S1 atau belum yudisium serta bersedia untuk tidak yudisium selama jangka waktu MSIB berlangsung dengan ketentuan semester sebagai berikut pada saat program MSIB dimulai:

a. D2: minimal semester 3

b. D3: miniaml semester 4

c. D4 dan S1: minimal semester 5

3. Data Mahasiswa terdaftar di PDDikti dan memiliki kesesuaian antara nama di PDDikti dengan nama di KTP.

4. Mahasiswa dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) yang terdaftar di Dapodik dan sudah diverifikasi di akun Kampus Merdeka.

Apakah ada ketentuan lainnya?

1. Mahasiswa diharapkan menjalani program secara penuh waktu (fulltime) serta berkomitmen untuk melaksanakan dan menyelesaikan program MSIB hingga selesai.

2. Siap melakukan perjalanan lintas kabupaten/ kota/ provinsi jika diperlukan sesuai penempatan yang ditetapkan oleh Mitra serta bersedia melakukan vaksinasi booster untuk keperluan mobilisasi.

3. Mahasiswa penerima beasiswa Bidik Misi/penerima KIP (Kartu Indonesia Pintar)/penerima beasiswa lainnya dari Kemendikbudristek dapat mengikuti program magang dengan ketentuan besaran bantuan biaya hidup yang diterima merupakan selisih dari bantuan biaya hidup yang diterima dari beasiswa kemdikbudristek.

4. Menyatakan diri untuk bisa berkomitmen selama menjalani program.

 


Studi Independen

Mahasiswa yang tergabung dalam program akan mendapatkan ilmu seputar keuangan dan investasi, serta berkesempatan magang di Permata Bank. (pexels/lizasummer).

Selain MISB, mahasiswa juga dapat mengikuti Studi Independen. Apa itu Studi Independen? Studi Independen juga merupakan bagian dari program Kampus Merdeka.

Tujuannya yang pertama, mahasiswa dapat mempelajari kompetensi yang spesifik, praktis, dan dibutuhkan di masa depan. Lalu mahasiswa dapat berinteraksi dengan para pakar untuk memahami penerapannya, serta mempraktekkan kompetensi tersebut dalam sebuah proyek riil.

Yang akan kamu dapatkan dari kegiatan Studi Independen:

1. Pembelajaran yang relevan

Ilmu praktis dan sertifikasi yang sesuai kebutuhan industri.

2. Ubah aspirasi jadi aksi

Kesempatan untuk masuk ke dalam jalur karir yang diinginkan.

3. Kreativitas tanpa batas

Pengalaman mengimplementasikan ilmu sesuai standar industri.

4. Bangun dan perluas koneksi

Berjejaring dengan pihak yang relevan dengan karir pilihanmu.

Untuk proses registrasi dan persyaratan, sama dengan program MISB.

Infografis Sekolah Tak Lagi Seperti Dulu (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya