Cristiano Ronaldo Dirumorkan Bisa Gabung Newcastle, Eddie Howe: Tidak Benar!

Pelatih Newcastle United Eddie Howe membantah adanya klausul yang mengaitkan Cristiano Ronaldo dengan klubnya pasca kepindahan megabintang Portugal ke Al Nassr.

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 04 Jan 2023, 14:00 WIB
Wajah semringah Cristiano Ronaldo ketika resmi diperkenalkan sebagai pemain baru klub Arab Saudi, Al-Nassr, Selasa (3/1/2023) malam waktu setempat. (AP Photo/Amr Nabil)

Liputan6.com, Jakarta - Manajer Newcastle United Eddie Howe angkat bicara menanggapi rumor yang mengaitkan klubnya dengan Cristiano Ronaldo. Pelatih berusia 45 tahun menepis kabar mengenai potensi hijarhnya megabintang Portugal ke St. James’ Park.

Seperti diketahui, CR7 baru saja bergabung dengan Al Nassr. Eks bintang Real Madrid itu diresmikan sebagai pemain anyar oleh klub tajir Arab Saudi melalui acara mewah yang dihelat di Stadion Mrsool Park pada Selasa (3/1/2023) malam waktu setempat.

Keputusan untuk pindah ke Al Nassr diambil Ronaldo usai dirinya berpisah dengan Manchester United (MU). Sang raksasa Liga Inggris mengakhiri kontraknya lebih awal setelah menyaksikan wawancara kontroversial CR7 dengan Piers Morgan.

Sudah jadi rahasia umum bahwa pesepak bola berusia 37 tahun kurang betah di Old Trafford. Ia memang telah lama dirumorkan ingin pindah dari MU. Namun, Ronaldo semula masih berambisi melanjutkan karier di level teratas demi mengecap persaingan Liga Champions.

Malang, keinginan besar CR7 batal teralisasi. Tak satu pun klub besar Eropa mengajukan tawaran serius padanya. Justru Al Nassr yang muncul sebagai tim potensial terdepan untuk mendapatkan tanda tangan penggawa Timnas Portugal.

Klub Arab Saudi tak butuh waktu lama agar bisa menyegel kesepakatan dengan mantan bintang Real Madrid. Ronaldo langsung diikat kontrak hingga 2025. Ia pun diberi gaji mahal yang diperkirakan mencapai 177 juta poundsterling per tahun.

Belakangan tersiar kabar bahwa Cristiano Ronaldo memiliki klausul spesial dalam kontraknya bersama Al Nassr. Eks pemain MU diklaim mendapat opsi bergabung dengan Newcastle United pada musim panas mendatang.


Tanggapan Howe

Newcastle United menunjuk Eddie Howe sebagai pelatih kepala menggantikan Steve Bruce pada tahun 2021. Sejak kehadirannya, The Magpies dinilai cerdik dan efektif untuk melakukan transfer pemain. Hingga pekan kesembilan, Howe berhasil membawa Newcastle menempati posisi keenam dengan raihan 14 poin. (AFP/Paul Ellis)

Adapun The Magpies saat ini memang berada di bawah kepemilikan konsorsium Arab Saudi. Tak heran jika klub yang menghuni peringkat tiga klasemen sementara Liga Inggris itu dipandang memiliki relasi dekat dengan Al Nassr.

Laporan Metro menyebut kesepakatan mengenai transfer CR7 ke Newcastle United bisa aktif apabila The Magpies mampu tembus ke Liga Champions musim depan.

Howe agaknya sedikit jengkel saat dimintai konfirmasi terkait kemungkinan ini. Eks pelatih Bournemouth menegaskan tidak ada klausul kontrak yang mengaitkan CR7 dengan The Magpies sepanjang pengetahuannya.

“Kami mendoakan yang terbaik untuk Cristiano Ronaldo dalam karier barunya, tetapi tidak ada kebenaran mengenai hal itu (klausul CR7 di Al Nassr) dalam sudut pandang kami,” ujarnya kepada Sky Sports, seperti dilansir dari Metro.


Senang di Al Nassr

Peraih lima penghargaan Ballon d'Or itu menandatangani kontrak senilai 200 juta euro hingga 2025 tidak lama setelah didepak Manchester United. (AP Photo/Amr Nabil)

Cristiano Ronaldo sendiri juga sudah mengisyaratkan dirinya tak bakal kembali ke Liga Inggris atau kompetisi sepak bola Eropa lainnya. Menurut dia, kariernya di benua tersebut sudah usai.

“Saya sangat bangga bisa membuat keputusan besar seperti ini dalam hidup saya. Di Eropa, pekerjaan saya sudah selesai. Saya memenangkan segalanya, saya bermain di klub-klub paling penting di Eropa, dan sekarang ini menjadi tantangan baru (bagi saya) di Asia,” tuturnya.

“Saya berterima kasih kepada Al-Nassr karena telah memberi saya kesempatan untuk mengembangkan sepak bola bagi generasi muda, juga para wanita. Bagi saya, ini tantangan, tetapi saya juga merasa sangat senang dan bangga.”

“Saya bisa katakan sekarang bahwa saya memiliki banyak peluang di Eropa, Brasil, Australia, dan Amerika Serikat. Bahkan di Portugal, banyak klub yang mencoba untuk mengontrak saya. Tetapi saya memilih berkomitmen pada klub ini, bukan saja demi mengembangkan sepak bola, tetapi juga aspek-aspek lain dalam negara,” pungkas CR7.


Tak Cuma Main Bola

Dalam acara perkenalan tersebut, Ronaldo juga didampingi sang kekasih yakni Georgina Rodriguez dan anak-anaknya. (AP Photo/Amr Nabil)

Ronaldo memang tak hanya ditugaskan untuk bermain sepak bola di Al Nassr. Megabintang berusia 37 tahun konon juga diberi mandat menyalurkan gairah sepak bola serta olahraga bagi masyarakat Arab Saudi.

PR ini sesuai dengan nilai kontraknya yang fantastis. Bahkan kesepakatan tersebut membuat CR7 menjadi pemain dengan bayaran terbesar.

Laporan mengeklaim ikatan kerja sama Cristiano Ronaldo dan Arab Saudi akan berjalan hingga 2030. Sementara itu, komitmennya untuk merumput bersama Al Nassr hanya berlangsung sampai Juni 2025 mendatang.

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya