Dinas Bina Marga Siapkan Alat Penunjang Kerja Hadapi Cuaca Ekstrem di DKI Jakarta

Dinas Bina Marga melakukan apel kesiapsiagaan dalam menghadapi cuaca ekstrem di Pool DBM Alkal Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu (4/1/2022).

oleh Winda Nelfira diperbarui 04 Jan 2023, 11:35 WIB
Dinas Bina Marga menggelar apel kesiapsiagaan dalam menghadapi cuaca ekstrim di Pool DBM Alkal Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu (4/1/2022). (Dok. Liputan6.com/Winda Nelfira).

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Bina Marga melakukan apel kesiapsiagaan dalam menghadapi cuaca ekstrem di Pool DBM Alkal Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu (4/1/2022). Sejumlah peralatan hingga Kendaraan Dinas Operasional (KDO) turut diserahkan kepada dinas hingga suku dinas di wilayah administrasi.

"Alhamdulillah pada pagi hari ini, kita semua dapat hadir pada penyerahan peralatan dan KDO lapangan khusus dalam rangka kesiapan bina marga dalam menghadapi badai ekstrem," kata Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho.

Hari menjelaskan Dinas Bina Marga juga mengadakan workshop Unit Peralatan dan Perbekalan (Alkal) untuk menghadapi cuaca ekstrem. Lokasinya berada di Cakung, Cilincing, Pulogebang, Jakarta Timur.

Adapun peralatan yang kita dibagikan kepada dinas maupun suku dinas (sudin) antara lain baby roller 10 unit, stamper kuda 6 unit, asphalt cutter 12 unit, jack hammer 10 unit, genset listrik 10 unit, hingga stemper kodok 10 unit.

Kemudian, ada ride on scubber sedang 5 unit, ride on scubber kecil 5 unit, mobil pick up 14 unit, mobil tangga 2 unit, mobil derek 1 unit, mobil tangki air 1 unit, dan excavator mini sebanyak 1 unit.


Antisipasi Cuaca Ekstrem

Penyerahan peralatan dan KDO lapangan khusus dalam rangka kesiapan bina marga dalam menghadapi badai ekstrem. (Dok. Liputan6.com/Winda Nelfira).

Hari menyampaikan semua peralatan dan KDO bakal langsung diserahkan guna mengantisipasi cuaca ekstrem pada Januari hingga Februari 2023. Menurut Hari, apabila hujan jalanan Ibu Kota akan berlubang.

"Jadi semua langsung distribusikan ke lima wilayah untuk apa itu tadi ketika Januari hujan ekstrem Februari awal pasti jalan banyak yang berlubang. mangkanya tim satgas akan turun dengan alat berat baru itu," jelasnya.

Dia menyebut pembagian peralatan akan dilakukan secara merata di lima wilayah kota administrasi DKI Jakarta. Terlebih, pada 2023 akan ada pengadaan kembali untuk peralatan di Dinas Bina Marga.

Infografis Mitigasi Bencana Antisipasi Cuaca Ekstrem Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya