Imlek 2023, Simak Karakteristik dan Peruntungan di Tahun Kelinci Air

Tahun Baru Imlek pada 21 Januari 2023 akan menandai pergantian dari tahun macan ke tahun kelinci.

oleh Asnida Riani diperbarui 05 Jan 2023, 09:59 WIB
Seorang pengunjung mengambil foto lentera raksasa saat perayaan Tahun Kelinci 2023 mendatang di Lapangan Gwanghwamun, Seoul, Korea Selatan, Senin (19/12/2022). Festival Lentera ini akan berlangsung dari 19-31 Desember 2022. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Liputan6.com, Jakarta - Imlek 2023 hampir menjelang. Anda dapat mengharapkan perubahan tiba-tiba saat mengucapkan selamat tinggal pada macan yang mengaum dan menyapa kelinci yang lebih lembut ketika pergantian Tahun Baru China pada 21 Januari mendatang.

Baik secara anatomis maupun perilaku, harimau dan kelinci sangat berbeda, dikutip dari Japan Today, Kamis (5/1/2023). Hal yang sama berlaku untuk tahun zodiak yang sesuai, menurut astrolog.

Kelinci secara historis dikenal sebagai yang paling lembut dari 12 hewan dalam zodiak China, skema klasifikasi tradisional berdasarkan kalender lunar yang menetapkan hewan dan atributnya setiap tahun. Pada 2022, kehidupan ditandai dengan kekuatan, vitalitas, dan pertumbuhan, serta ditopang dinamisme harimau, menurut zodiak Tiongkok.

Karena tahun lalu ditetapkan sebagai Yang, prinsip aktif alam semesta dalam filosofi China kuno, orang mungkin merasakan antusiasme, kepositifan, dan produktivitas bersama kegelisahan dan ketidakfleksibelan. Namun, Tahun Kelinci Air yang akan datang mewujudkan Yin, prinsip pasif alam semesta.

Ini bermanifestasi dalam relaksasi, fluiditas, ketenangan, dan kontemplasi. Jika 2022 terasa cepat, berat, atau sibuk, tahun 2023 akan menawarkan kesempatan untuk perenungan, istirahat, serta pemeliharaan tubuh dan jiwa dalam upaya memberikan keseimbangan di bawah konsep dasar Yin dan  Yang.

Tapi, Tahun Kelinci menawarkan lebih dari sekadar waktu henti dari dampak harimau yang "galak, kuat, dan perkasa," kata Jupiter Lai, astrolog China dan Barat yang tinggal di Hong Kong.


Menenangkan Pasang Surut Tahun Macan

Sepasang suami istri menikmati deretan lentera selama perayaan Tahun Kelinci 2023 mendatang di Lapangan Gwanghwamun, Seoul, Korea Selatan, Senin (19/12/2022). Festival Lentera ini akan berlangsung dari 19-31 Desember 2022. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Lai berkata, "Kelinci itu lembut, pendiam, jinak, dan baik hati, namun ia bergerak dengan cepat dan sangat pintar." Ini menyiratkan bahwa kelinci tidak hanya memiliki banyak ide, tapi juga pandai beradaptasi dengan lingkungan dan dapat bergerak sangat cepat, memungkinkannya melindungi diri saat bahaya atau ketika situasi tidak menguntungkan.

Akibatnya, energi keseluruhan pada 2023 cenderung lembut dan tenang, dengan orang-orang mencari "kehidupan yang lebih seimbang," tambahnya. Mungkin juga ada lebih banyak pergerakan dan perjalanan, "seperti kelinci yang gesit."

Peramal veteran yang berbasis di Hawaii, Cathryn Moe, sependapat. Ia mencatat bahwa Tahun Baru Imlek 2023 akan "membawa gelombang ketenangan, kepercayaan diri, dan kemudahan."

"Pendekatan lembut Tahun Kelinci akan menenangkan pasang surut Tahun Macan tahun lalu," katanya.

Bahkan dalam menghadapi rintangan pada 2023, orang akan mendapat manfaat dari "keteguhan hati" kelinci untuk mengatasinya. Sifat kelinci yang baik hati, bahkan lembut, menyembunyikan kepercayaan diri dan kekuatan yang tenang, menurut zodiak China, yang mengatakan bahwa hewan itu bergerak dengan mantap menuju tujuannya, terlepas dari segala hal negatif atau masalah yang dihadapi.

 


Kesuksesan Karier dan Finansial

Ornamen Tahun Baru untuk Tahun Kelinci dijual di toko suvenir dekat kuil Kawasaki Daishi, di mana banyak pengunjung berdoa untuk keberuntungan selama "hatsumode" atau kunjungan pertama tahun ini ke kuil atau kuil, di Kawasaki, dekat Tokyo, Senin, 2 Januari 2023. (AP Photo/Eugene Hoshiko )

Moe menjelaskan, "Kualitas Yin (pada Tahun Kelinci Air 2023) adalah reseptif, menerima, dan intuitif. Di Tahun Kelinci, Anda mungkin tidak tahu bagaimana setiap momen terhubung ke momen berikutnya, tapi Anda menyadari prioritas Anda dan dapat menghindari gangguan untuk tetap fokus pada tujuan Anda."

Melihat ciri-ciri tahun secara lebih spesifik, 2023 adalah Tahun Kelinci Air mengikuti penanggalan China. Sebagaimana diketahui, ini berputar dalam siklus 60 tahun berdasarkan 12 cabang Bumi, masing-masing diwakili tahun binatang, dan lima elemen surgawi: kayu, api, tanah, logam, dan air.

"Karena 2023 adalah Tahun Kelinci Air Yin, hari-hari akan memiliki efek cair," kata Moe.

Bagi orang-orang yang terbiasa membuat dan mengikuti rencana tetap, tahun yang akan datang "akan melunakkan jadwal," yang mungkin memerlukan periode penyesuaian sampai orang selaras dengan "naluri kelinci" mereka, tambahnya.

Seperti pada 2022, unsur elemen duniawi tahun datang adalah kayu. Namun, karena perbedaan Yin dan Yang, kayu tampil berbeda pada 2023. Pada Tahun Macan, kayu dilambangkan dengan "pohon besar dan tinggi," sebuah tanda pertumbuhan yang dramatis, kata Lai, sedangkan kayu Yin di 2023 diwakili "tanaman dan bunga."

Karena itu, demi kesuksesan karier atau finansial pada 2023, para astrolog menyarankan agar rencana perbaikan atau pengembangan apa pun harus dimulai di awal tahun untuk memastikan tingkat keberhasilan terbaiknya karena sebagian besar dedaunan dan bunga tumbuh subur di musim semi dan musim panas.

Baik juga untuk mengambil tindakan di bulan Februari, saat kelinci paling aktif dan "melompat di atas rumput hijau," menurut zodiak China yang mencantumkan Februari sebagai bulan kelinci.

 


Bagaimana Prediksi Kehidupan Sosial dan Percintaan?

Lentera berbentuk kelinci dan pohon natal ditampilkan selama perayaan Tahun Kelinci 2023 mendatang di Lapangan Gwanghwamun, Seoul, Korea Selatan, Senin (19/12/2022). Festival Lentera ini akan berlangsung dari 19-31 Desember 2022. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Secara sosial dan romantis, Tahun Kelinci Air akan menawarkan peluang karena kelinci dianggap sebagai makhluk sosial dan penyayang dalam astrologi Tiongkok.

"Kayu Yin adalah simbol daya tarik dan popularitas, jadi menginvestasikan lebih banyak waktu dan upaya untuk membangun jejaring sosial Anda dan berteman akan bermanfaat di tahun 2023," kata Lai. "Dalam hal cinta dan hubungan, para lajang mungkin memiliki lebih banyak kesempatan untuk bertemu seorang spesial."

"Cinta itu penting bagi kelinci," kata Moe. "Dari semua tanda zodiak, kelinci membutuhkan seseorang untuk dipeluk. Jadi, tahun mendatang akan memungkinkan orang untuk mewujudkan sifat-sifat yang menjadikan mereka teman, kolega, dan pasangan yang baik."

Karena itu, Tahun Kelinci diharapkan dapat meningkatkan ikatan yang kuat dengan orang-orang terkasih dan memperluas hubungan dengan teman, keluarga, dan kolega. Bahkan, waktu ini dianggap menguntungkan untuk memulai sebuah keluarga.

Di atas semua itu, Tahun Kelinci diprediksi jadi tahun harapan, terutama karena kelinci dikaitkan dengan kedamaian, kemakmuran, dan umur panjang di Asia.

Dalam budaya Tiongkok, kelinci adalah yang paling beruntung dari 12 hewan zodiak dan melambangkan energi, keanggunan, dan keindahan. Sedangkan, cerita rakyat Korea menampilkan kelinci sebagai pendiam, pintar, dan sejahtera.

Tradisi-tradisi saat perayaan Tahun Baru Imlek (dok.Liputan6.com/Trie Yasni)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya