Top 3 Tekno: Bocoran Kamera iPhone 15 Bikin Penasaran

Seorang analis mengungkap bocoran tentang kamera iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

oleh Iskandar diperbarui 05 Jan 2023, 10:30 WIB
iPhone 15 Pro (Source Macrumors) 

Liputan6.com, Jakarta - Bocoran terkait kamera iPhone 15 dan iPhone 15 Plus bikin penasaran para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Rabu (4/1/2023) kemarin.

Berita lain yang juga populer datang dari bos NASA yang khawatiran soal perlombaan luar angkasa dengan Tiongkok, serta menyebut AS perlu mewaspadai dikuasainya sumber daya Bulan oleh negara itu.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. iPhone 15 dan iPhone 15 Plus Bakal Pakai Kamera Belakang 48MP

Bocoran informasi tentang iPhone 15 series semakin marak beredar, dimana kali ini kabar terkait kamera belakang ponsel milik Apple jadi perbincangan.

Adalah analis Haitong Intl Tech Research, Jeff Pu, yang mengungkap bocoran tentang kamera iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

Menurut laporan Jeff Pu via 9to5mac, Rabu (4/1/2023), model iPhone 15 dan iPhone 15 Plus bakal tampil dengan kamera utama 48MP.

Disebutkan, kamera 48MP di iPhone 15 non-Pro ini sama dengan lensa yang Apple pasang di model iPhone 14 Pro.

Tak hanya itu, duo iPhone 15 non-Pro ini juga tidak akan mendapatkan lensa telefoto atau kamera pemindai LiDAR (light detection and ranging).

Selain pengingkatan kamera, Jeff mengklaim iPhone 15 dan 15 Plus bakal pakai port USB-C dan chipset A16 Bionic--seperti di iPhone 14 Pro dan Pro Max.

Informasi ini semakin menguatkan rumor beredar, dimana Apple akan melakukan perubahan di port-nya untuk mengikuti aturan Uni Eropa.

Dalam hal spesifikasi, kedua model iPhone 15 Pro diharapkan memiliki chipset A17 yang dibuat dengan teknologi 3nm, RAM 8GB, USB-C, dan bingkai titanium.

Jeff mengatakan, iPhone 15 Pro akan memiliki tombol volume dan power virtual dengan feedback haptic--mirip tombol home di iPhone SE.

Baca selengkapnya di sini 

 


2. Bos NASA Takut Tiongkok Kuasai Sumber Daya Bulan

Ilustrasi Bulan/https://unsplash.com/Luke Stackpoole

Bos badan antariksa Amerika Serikat, NASA, mengungkapkan kekhawatirannya soal perlombaan luar angkasa dengan Tiongkok, serta menyebut AS perlu mewaspadai dikuasainya sumber daya Bulan oleh negara itu.

Asumsi itu dinyatakan oleh Administrator NASA Bill Nelson. Ia juga memperingatkan Tiongkok pada akhirnya mungkin mengklaim "memiliki wilayah Bulan yang kaya sumber daya.

"Itu fakta: kita sedang dalam perlombaan luar angkasa," kata mantan astronaut dan senator Florida itu kepada Politico, seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (4/1/2023).

"Dan benar bahwa kita sebaiknya berhati-hati agar mereka tidak sampai ke suatu tempat di Bulan dengan kedok penelitian ilmiah. Dan bukan tidak mungkin mereka berkata, 'Menjauhlah, kami di sini, ini wilayah kami.'"

Mengutip Business Insider, Tiongkok baru saja menyelesaikan stasiun luar angkasa barunya, Tiangong. Bulan November 2022, mereka juga meluncurkan awak taikonaut (julukan untuk astronaut Tiongkok) menuju stasiun tersebut.

Beijing pun berencana meluncurkan tiga misi ke bulan selama dekade berikutnya, sebagai bagian dari program Bulan Chang'e, setelah menyatakan telah menemukan mineral Bulan baru, yang bisa digunakan sebagai sumber energi.

Nelson pun menyebutkan kepada Politico bahwa Tiongkok, sudah menikmati "kesuksesan dan kemajuan yang luar biasa" dalam program luar angkasanya selama dekade terakhir.

Baca selengkapnya di sini 

 


3. Samsung Perkenalkan Jajaran Produk Baru untuk Kulkas Bespoke Jelang CES 2023

Tampilan Samsung Bespoke 4-Door Flex with Family Hub. (Dok: Liputan6.com)

Samsung mengungkap produk baru di jajaran Bespoke menjelang CES 2023. Kali ini, Samsung memperkenalkan tipe kulkas Bespoke baru ditambah Bespoke 4-Door Flex with Family Hub, serta Bespoke AI Oven.

"Di CES 2023, kami terus melanjutkan kesuksesan jajaran produk Bespoke dengan memperkenalkan kulkas Bespoke dan perangkat built-in terbaru yang memberikan lebih banyak cara bagi konsumen mengekspresikan diri mereka di dapur," tutur EVP and Head of the Customer Experience Team of the Digital Appliance Business, Samsung Electronics Junhwa Lee dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (4/1/2023).

Untuk Bespoke 4-Door Flex with Family Hub, Samsung kini menghadirkan fitur mumpuni Family dalam desain Bespoke 4-door. Jadi, kulkas Samsung Bespoke terbaru ini menggabungkan pusat komunikasi dan hiburan lewat layar besar di kulkas.

Layar yang dihadirkan kali ini juga lebih besar dari model sebelumnya, yakni 32 inci. Dengan demikian, pengguna bisa mengakses layanan SmartThings dan mengontrol berbagai home appliance yang kompatibel dengan lebih nyaman.

Kulkas ini juga dilengkapi dengan software Family Hub terbaru. Di sejumlah pasar, software ini juga menyajikan Samsung TV Plus yang menawarkan lebih dari 190 kanal gratis.

Baca selengkapnya di sini 


Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya