Harga Bitcoin Sempat Tembus Rp 264,7 Juta, Tertinggi dalam Tiga Minggu

Dalam seminggu ke depan, investor dan trader bitcoin akan memantau laporan utama inflasi AS.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 09 Jan 2023, 14:20 WIB
Bitcoin adalah salah satu dari implementasi pertama dari yang disebut cryptocurrency atau mata uang kripto.

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin (BTC) sempat berhasil mendorong melewati USD 17.000 (Rp 264,7 juta) pada Minggu, 8 Januari 2023 menembus kisaran harga baru-baru ini untuk mencapai level tertinggi tiga minggu. 

Dilansir dari CoinDesk, Senin (9/1/2023), Cryptocurrency terbesar secara singkat mencapai USD 17.000 pada Jumat setelah data menunjukkan bisnis jasa AS melambat dilihat oleh para pedagang di pasar aset digital dan pasar tradisional sebagai tanda Federal Reserve mungkin akan segera dapat melonggarkan dorongannya untuk memperketat keuangan kondisi. 

Analis menunjukkan grafik harga masih berada pada fase bearish. Analis dari Coinbase, David Duong menulis dalam sebuah laporan ada dorongan yang kemungkinan bisa membawa Bitcoin berhasil melewati angka USD 17.100 (Rp 266,5 juta) mungkin menempatkan bitcoin di jalur menuju level teknis berikutnya di sekitar USD 17.800 (Rp 277,4 juta).

Dalam seminggu ke depan, investor dan trader bitcoin akan memantau laporan utama inflasi AS yang merupakan masukan untuk perhitungan suku bunga Federal Reserve. Pengetatan moneter bank sentral minggu lalu merupakan faktor besar dalam penurunan harga bitcoin 64 persen tahun lalu, kinerja tahunan terburuk dalam empat tahun.

Di tempat lain di pasar aset digital, investor akan terus memantau spekulasi mengenai masa depan konglomerat kripto Grup Mata Uang Digital dan anak perusahaannya Genesis. 

Selain itu, industri saat ini sedang melihat tentang prospek rebound di token SOL Solana salah satu kripto terbesar yang menjadi korban utama ledakan pertukaran FTX Sam Bankman-Fried. Ada juga kekhawatiran bearish tentang token TRX Tron dan HT Huobi, keduanya terkait dengan pengusaha kripto Justin Sun.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.


Harga Kripto pada Senin 9 Januari 2023

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Kanchanara)

Sebelumnya, mengawali pekan kedua Januari 2023, harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya terpantau alami pergerakan yang seragam pada perdagangan Senin (9/1/2023). Mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali bertengger di zona hijau.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin pagi, 9 Januari 2023, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali menguat 0,19 persen dalam 24 jam terakhir dan 2,20 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 16.973 per koin atau setara Rp 264,9 juta (asumsi kurs Rp 15.607 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) turut menguat. ETH naik 0,59 persen dalam sehari terakhir dan 5,69 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.270 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali menguat. Dalam 24 jam terakhir BNB melesat 3,55 persen dan 10,37 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 270,34 per koin. 

Kemudian Cardano, kembali bertengger di zona hijau. Dalam satu hari terakhir ADA naik 5,11  persen dan 16,75 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,2909 per koin.

 

 


Harga Kripto Lainnya

Kripto. Dok: Traxer/Unsplash

Adapun Solana (SOL) berhasil menguat dalam satu hari terakhir sebesar 4,84 persen dan 37,69 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 13,75 per koin.

Sedangkan XRP masih melemah hari ini. XRP ambles 0,52 persen dalam 24 jam, tetapi masih menguat 0,96 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3418 per koin. 

Koin Meme Dogecoin (DOGE) pada pagi ini kembali menguat. Dalam satu hari terakhir DOGE naik 1,14 persen dan 3,55 persen sepekan. Ini membuat DOGE diperdagangkan di level USD 0,07291 per token.

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00

Sedangkan Binance USD (BUSD) menguat 0,01 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto hari ini berada di level USD 830,2 miliar.


Kripto Milik Pengembang Bitcoin Core Dicuri saat Perayaan Tahun Baru 2023

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Sebelumnya, Luke Dashjr, yang mengklaim sebagai pengembang Bitcoin Core yang paling lama berkontribusi, mengungkapkan seorang peretas tak dikenal telah mencuri Bitcoin miliknya pada saat perayaan tahun baru.

Jumlah total Bitcoin yang dicuri tidak diketahui, tetapi di utas Twitter, Dashjr melacak "sebagian" ke alamat dompet yang menerima sekitar 217 Bitcoin, atau setara USD 3,6 juta (Rp 5,6 miliar)pada harga Selasa, 3 Januari 2023.

Dashjr menyalahkan peretasan dompet Bitcoinnya terjadi pada kunci PGP (Pretty Good Privacy) yang dikompromikan dan kemudian, dalam diskusi Reddit, dia menyatakan IP penyerang berasal dari server ColoCrossing. 

Dia bingung menjelaskan bagaimana dompet dinginnya diretas, tetapi dia mengatakan terakhir kali dia mengaksesnya adalah pada September. 

Dashjr memposting cuitan tindak lanjut di Twitter dan menghubungi ColoCrossing  dan dia bersumpah untuk mengganti penyedia servernya. Beberapa responden juga menandai pelanggaran keamanan yang dia tweet pada November lalu karena kemungkinan terkait dengan peretasan.

Dashjr terus menjawab pertanyaan di Twitter, mengatakan dia percaya "semuanya telah direncanakan". Dia juga sangat memperingatkan orang-orang agar tidak menggunakan Bitcoin Knots, dompet Bitcoin yang ditandatangani oleh kunci PGP miliknya yang sekarang telah disusupi. Dashjr juga men-tweet kepada FBI untuk meminta bantuan, tetapi tidak berhasil.

CEO Binance Changpeng “CZ” Zhao menawarkan dukungannya, mengatakan dia telah memberi tahu tim keamanan bursa tentang pencurian tersebut, dan jika ada kripto yang terkait dengan peretasan yang dikirim ke Binance akan langsung dibekukan.

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya