Jay Enhypen Minta Maaf Usai Ditegur Penggemar, Sebut Sejarah Korea Terasa Seperti Cerita Pendek

Di sisi lain, banyak juga fans yang memberi dukungan untuk Jay Enhypen, membuatnya masuk di trending topic di Twitter, termasuk Indonesia.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 11 Jan 2023, 18:20 WIB
Jay Enhypen. (CJ ENM / HYBE via Soompi)

Liputan6.com, Jakarta Jay Enhypen mendadak jadi sorotan usai menggelar sesi live broadcast bersama rekan segrupnya, Sunghoon. Dilansir dari Soompi, Rabu (11/1/2023), oleh sebagian kalangan komentarnya ini dianggap meremehkan sejarah Korea.

Dalam broadcast tersebut, Sunghoon Enhypen diketahui mengatakan bahwa ia belakangan senang belajar sejarah Korea, karena menurutnya topik ini menyenangkan. Namun hal berbeda disuarakan Jay.

“Aku [lebih suka] sejarah dunia. Aku belajar cukup banyak sejarah Korea di sekolah. Menurutku tidak ada terlalu banyak informasi. Kalau dipelajari selama beberapa minggu, atau dibaca secara cepat, maka akan cepat selesai. Rasanya seperti sebuah cerita pendek,” begitu komentar Jay Enhypen kala itu.

Betapa terkejutnya Jay begitu sesi broadcast ini berakhir.


Minta Maaf pada Engene

Jay Enhypen. (CJ ENM / HYBE via Soompi)

“Setelah saya menyelesaikan Weverse Live pada hari ini, saya merasa terkejut melihat reaksi penggemar. Apa pun alasannya, saya meminta maaf kepada Engene, untuk ketidaknyamanan yang telah saya timbulkan,” tutur Jay. Engene sendiri adalah sebutan bagi fandom grup ini.

Sekadar informasi, saat artikel ini ditulis banyak fans yang juga memberi dukungan untuk Jay, membuat kalimat "We Love You Jay" menjadi trending topic di Twitter, termasuk Indonesia. 


Masih Perlu Banyak Belajar

Jay Enhypen. (CJ ENM / HYBE via Soompi)

Jay melanjutkan, “Saya sudah berbicara terlampau negatif tentang topik sejarah Korea, hanya berdasarkan pendapat pribadi saya. Ini bukan topik yang seharusnya bisa kudiskusikan secara sembarangan dengan pengetahuan yang kurang.”

“Hari ini menjadi sebuah kesempatan bagi saya untuk kembali menyadari bahwa saya masih perlu banyak belajar.”


Janji Jay

Jay menegaskan bahwa ia tak bermaksud menganggap enteng sejarah bangsanya.

“Saya sama sekali tak punya niat meremehkan sejarah bangsa yang kita banggakan, tapi saya menyadari bahwa kata-kata saya bisa menyebabkan orang lain merasa demikian, dan itu adalah kesalahan saya. Saya minta maaf.”

Ke depannya, Jay berikrar akan lebih berhati-hati dan belajar lebih banyak, sehingga menjadi artis yang bisa dipandang baik oleh penggemarnya.

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya