Menurut Dokter, Kebiasaan Sebelum Tidur Seperti Ini Bisa Jadi Tanda Diabetes Tipe 2

Dokter memaparkan bahwa kebiasaan umum sebelum tidur seperti ini dapat menjadi tanda diabetes tipe 2

oleh Sulung Lahitani diperbarui 11 Jan 2023, 18:07 WIB
Ilustrasi tidur, bermimpi. (Photo by jcomp on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Diabetes tipe 2 adalah kondisi umum yang menyebabkan naiknya kadar gula darah yang dapat memicu sejumlah gejala, termasuk yang menyerang saat menjelang tidur.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa 13 persen dari penduduk Indonesia mengalami penyakit diabetes.

Budi mengatakan penyakit diabetes adalah ibu dari segala penyakit. Sebab, menurut dia, ketika seorang mengalami penyakit diabetes, maka akan timbul penyakit-penyakit lainnya. Diabetes sendiri terjadi ketika pankreas Anda memproduksi terlalu sedikit insulin atau tidak sama sekali.

Menurut laporan Mirror, tanda-tanda penyakit ini dapat bervariasi bagi tiap orang. Namun, Dokter Paul McArdle telah membagikan gejala utama diabetes tipe 2 yang "mungkin tidak Anda sadari" sebelumnya.

Dia mengatakan kepada Express: “Ketika kadar glukosa (sejenis gula) dalam darah terlalu tinggi dapat menyebabkan banyak gejala, namun penderita diabetes tipe 2 seringkali tidak memperhatikan gejala apa pun sebelum diagnosis."

“Ini karena kondisinya berkembang perlahan, dan kami cukup sering melakukan tes darah pada orang yang berisiko tinggi, sehingga bisa diketahui lebih awal."

“Namun, ada beberapa gejala penting yang harus diwaspadai, antara lain merasa lelah, haus, dan banyak buang air kecil – terutama di malam hari."

"Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda mulai membawa segelas air ke tempat tidur atau Anda bangun lebih banyak di malam hari untuk mengunjungi toilet."

 


Sering minum dan buang air sebelum tidur

Ilustrasi Mengonsumsi Minuman Credit: pexels.com/James

Minum lebih banyak air dikaitkan dengan peningkatan kebutuhan untuk buang air kecil yang menyertai diabetes, karena ginjal Anda bekerja ekstra keras untuk membuang kelebihan glukosa dari darah Anda. Glukosa menumpuk di urin Anda dan akibatnya, membawa banyak cairan, jelas Mayo Clinic

Dokter McArdle menyarankan: "Jika Anda memiliki gejala-gejala ini dan berpikir Anda mungkin menderita diabetes tipe 2, hubungi dokter umum Anda untuk mendapatkan saran tentang pengujian."

Diabetes tidak harus hanya karena makan banyak gula. Itu bisa diwariskan dan sangat terkait dengan faktor gaya hidup lainnya. Obesitas, pola makan Anda secara keseluruhan, dan seberapa aktif Anda juga berkontribusi terhadap timbulnya diabetes.

Cara terbaik untuk mengontrol gula darah Anda

Pakar menjelaskan: "Meskipun gula belum tentu menjadi penyebab diabetes, menghilangkan sumber gula yang jelas dari makanan adalah langkah pertama yang penting jika Anda baru saja didiagnosis menderita diabetes tipe 2."

Langkah pertama yang “sangat sederhana” yang dia rekomendasikan adalah melakukan beberapa perubahan dari makanan dan minuman tinggi gula ke alternatif tanpa gula.

 


Penggunaan pemanis non gula

Ilustrasi Pemanis Buatan Credit: pexels.com/Mikhail

Dia berkata: “Pemanis non-gula dapat digunakan dalam minuman panas seperti teh atau kopi dan dapat sangat membantu untuk mengurangi asupan gula dalam minuman tersebut juga.

“Ada berbagai jenis dalam bentuk tablet, cair, dan butiran jadi cobalah beberapa yang berbeda untuk menemukan yang paling cocok untuk Anda.”

Ada beberapa perdebatan di kalangan profesional kesehatan tentang manfaat pemanis non-gula.

Satu studi oleh para peneliti di University of Adelaide di Australia menemukan bahwa mengonsumsi pemanis dalam jumlah tinggi selama dua minggu dapat mengubah cara tubuh bereaksi terhadap gula – yang meningkatkan risiko diabetes.

Tapi Emma Elvin, penasihat klinis di Diabetes UK, mengatakan: "Ini adalah penelitian kecil dengan hasil yang menarik, tetapi tidak memberikan bukti kuat bahwa pemanis buatan meningkatkan risiko diabetes tipe dua."


4 Zodiak yang Suka Tubuhnya Berbau Wangi

Ilustrasi gambar orang sedang memakai parfum (dok cottonbro/pexels.com)

Indera penciuman yang kuat sangat luar biasa, terutama dalam hal rayuan dan ketertarikan. Ada orang yang aromanya sangat menyenangkan sehingga dapat menyebabkan orang lain menganggapnya sebagai individu yang benar-benar memikat.

Beberapa zodiak cukup sadar akan bau tubuhnya dan bekerja keras untuk menjaga praktik kebersihan pribadi mereka. Apakah mereka menggunakan parfum atau tidak, orang-orang dari tanda-tanda zodiak ini berusaha keras untuk mempertahankan aroma yang menyenangkan.

Lalu, zodiak apa saja menurut astrologi yang cenderung wangi setiap saat? Dihimpun dari Pinkvilla, ini dia.

1. Taurus

Taurus memiliki preferensi untuk semua hal yang mewah dan mencolok. Mereka memastikan untuk berinvestasi banyak pada diri mereka sendiri.

Ini termasuk bau badan mereka, karena mereka selalu ingin mempertahankan citra positif sebagai orang yang sopan dan sopan di depan orang lain. Agar harum, mereka menghabiskan banyak uang untuk parfum dan wewangian tubuh yang bagus dan mahal.

2. Gemini

Gemini adalah orang yang sangat memesona dan suka menggoda orang lain. Zodiak Gemini terkenal karena bisa bersama beberapa orang sekaligus, dan Anda tidak pernah tahu apa yang menanti seorang Gemini.

Oleh karena itu, mereka memastikan bahwa mereka menghabiskan banyak waktu untuk aroma mereka dan selalu berbau harum agar selalu segar dan siap untuk gerakan masa depan mereka.


3. Cancer

ilustrasi parfum (sumber: freepik)

Cancer menginvestasikan banyak waktu untuk merawat diri mereka sendiri dan senang melakukannya. Mereka biasanya membanggakan aroma bunga yang indah dan selalu berbau harum.

Mereka menikmati pengobatan alami dan menghindari aroma parfum yang menggoda atau provokatif, yang membuat mereka lebih tertarik pada wewangian yang bersahaja.

4. Sagitarius

Sagitarius adalah zodiak yang senang berinteraksi dengan orang lain. Mereka selalu memastikan bahwa mereka berbau harum untuk mempertahankan kepribadian menawan dan kepercayaan diri mereka di tengah keramaian.

Mereka selalu memperhitungkan bagaimana mereka ingin tampil di depan semua orang, dan mereka tidak pernah mengambil risiko dengan meninggalkan sesuatu yang belum selesai.

Bau badan yang menyenangkan sebenarnya bisa menyebabkan pasangan tertarik padanya dengan menstimulasi otaknya. Bau menawan zodiak ini memudahkan mereka untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Infografis Journal: Gaya Hidup Buruk, Diabetes Mengancam Kaum Muda (Liputan6.com/Trie Yasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya