Putra Ronaldinho Berlatih di Barcelona, Bakal Ikuti Jejak Ayahnya?

Joao de Assis Moreoira pindah ke Spanyol demi mewujudkan mimpi mengikuti jejak ayahnya Ronaldinho.

oleh Marco Tampubolon diperbarui 13 Jan 2023, 19:30 WIB
Lionel Messi dan Ronaldinho saat masih bermain bersama di Barcelona. (AFP/Lluis Gene)

Liputan6.com, Jakarta Putra Ronaldinho tengah merintis jalan untuk mengikuti jejak ayahnya. Joao de Assis Moreoira yang saat ini berusia 17 tahun mulai berlatih di Barcelona dan berharap menerima kontrak profesional.

Moreira lahir pada 25 Februari 2005. Dia merupakan anak dari perkawinan Ronaldinho dan penari asal Brasil, Janaina Mendes. Meski berasal dari Brasil, Joao telah warga negara Spanyol sejak 2007.

Moreoira mengawali karier sepak bolanya dari tim remaja Cruzeiro di kampung halamannya, Brasil. Namun dia akhirnya memilih pindah ke Spanyol demi mengejar mimpinya.

Seperti dilansir dari Dailymail, Moreira telah berlatih bersama Barcelona selama 10 hari terakhir. Sementara pamannya, Roberto de Assis, yang merangkap sebagai agen sang pemain menurut laporan Mundo Deportivo sudah bertemu langsung dengan presiden klub Joan Laporta.

Keduanya dikabarkan membahas kemungkinan Joao pindah ke Camp Nou mengikuti jejak Ronaldinho. Ayahnya, seperti diketahui merupakan legenda Barcelona yang mengukir tinta emas  tahun 2003-2008.

Saat itu, Ronaldinho membuat Barcelona semakin perkasa di Eropa. Hal itu ditandai dengan kehadiran dua gelar La Liga dan satu gelar Liga Champions yang berhasil direbut Barcelona selama bersama Ronaldinho.

 


Diterkam Kehidupan Malam

Pemain terbaik dunia dua kali itu beraksi selama 30 menit ketika RANS Nusantara FC menghadapi Persik pada partai pertama trofeo Meet the Star. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Sebelum diterkam kehidupan malam, Ronaldinho adalah bintang Barcelona. Keterampilannya mengolah di kulit bundar tidak hanya disukai oleh fans Barca, tapi juga oleh pendukung lawan, termasuk Real Madrid. 

Sayang Barcelona tidak punya banyak pilihan. Gaya hidupnya yang ugal-ugalan memaksa tim asal Catalonia itu mengambil keputusan pahit melepasnya tahun 2008. Barcelona terpaksa mendepak Ronaldinho demi menjaga aset muda mereka, Lionel Messi yang sangat dekat dengannya. 

 


Incar La Masia

Seperti ayahnya, Moreira juga bermain sebagai penyerang. Dalam beberapa rekaman video, dia tampak mewarisi gaya bermain Ronaldinho. Ronaldinho sendiri adalah pemain yang licin dengan kemampuan skill individu yang mumpuni. Tidak hanya dibekali tendangan akurat, dia juga pengumpan yang hebat.

Jika mendapatkan kontrak Barcelona, Moreira kemungkinan bakal masuk La Masia, milik Barcelona. Akademi ini telah menghasilkan banyak bintang dunia, termasuk Lionel Messi, Andres Iniesta dan Xavi.

Infografis transfer pemain termahal di Barcelona (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya