6 Pasar Kue Subuh di Jabodetabek, Eksis Sejak Beberapa Dekade

Bukan hanya di Jakarta, wilayah kota penyangga, seperti Bogor dan Depok, juga masing-masing memiliki Pasar Kue Subuh.

oleh Dyah Ayu Pamela diperbarui 23 Jan 2023, 06:59 WIB
ilustrasi pasar kue subuh. (Dok: Instagram @zibril_ebiel)

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas pasar yang masih bergeliat jelang subuh khusus menjual kue telah terkenal sejak beberapa dekade lalu, dikenal masyarakat sebagai Pasar Kue Subuh. Bukan hanya ada di Jakarta, wilayah kota penyangga, seperti Bogor dan Depok, juga masing-masing memiliki lokasi pasar subuh. 

Kebanyakan Pasar Kue Subuh buka sejak malam hari hingga jam 7 pagi, menjajakan beragam jajanan kue tradisional hingga modern. Harganya bersaing, rata-rata Rp2.000 per kue, bahkan bisa lebih murah jika dibeli per dus. Selain itu, jenis kuenya sangat variatif. Inilah alasan yang membuat Pasar Kue Subuh hampir selalu didatangi pembeli.

Biasanya mereka yang datang ke Pasar Kue Subuh membeli dalam jumlah banyak untuk dijual kembali. Ada pula yang sengaja datang lantaran ingin mendapat harga murah untuk keperluan hajatan atau acara besar lain.

Penasaran untuk mengunjungi Pasar Kue Subuh? Anda yang tinggal di sekitar Jabodetabek bisa mengunjungi enam Pasar Kue Subuh yang dirangkum Liputan6.com pada Sabtu, 21 Januari 2023. 

1. Pasar Kue Subuh Senen

Bicara mengenai Pasar Kue Subuh tentu tak bisa lepas dari Pasar Kue Subuh Senen yang berada di Blok 5 Pasar Senen. Mengutip dari kanal Citizen Liputan6.com, 24 Desember 2020, tempat ini menjajakan beragam kue-kue basah dan kering.

Setidaknya ada sekitar 500 pedagang yang menjajakan aneka jenis kue pasar bercitarasa gurih, manis asin dan pedas di pasar kue subuh ini. Kabar terbaru Pasar Kue Subuh Senen telah direlokasi ke tempat baru 

Manajer Persewaan Senen Jaya 1 dan 2 Anton Susilo Nugroho mengungkapkan sentra jajanan kue subuh, direlokasi ke Senen Jaya 1 dan 2. "Jadi kita akan relokasi pedagang yang ada di Blok 5 ke gedung baru kita di Senen Jaya 1 dan 2," sebut Anton saat dikonfirmasi, Jumat, 13 Januari 2023, mengutip kanal News Liputan6.com. 


2. Pasar Kue Subuh Melawai

ilustrasi pedagang kue subuh saat bertransaksi. (Dok: Instagram @jalan_kaki86)

Selain di Senen, lokasi Pasar Kue Subuh lainnya terletak di kawasan di Jl. Melawai Blok M. Pasar Kue Subuh Melawai saat ini masih mempertahankan ketradisionalannya, padahal tempat ini berdiri sejak akhir 1960-an.

Menjual berbagai macam jajanan pasar tradisional, begitu memasuki area pasar, hal pertama yang akan dilihat adalah kue-kue yang disusun di spot lesehan puluhan pedagang. Pengunjung akan dibuat tergiur dengan bermacam-macam pilihan kue basah, seperti bika ambon, kue lapis, bolu, bahkan kue wajit.

3. Pasar Kue Subuh Cilandak

Mengutip dari yellowpages, Sabtu, 21 Januari 2023, Pasar Kue Subuh Cilandak berlokasi di Jl. Raya Cilandak KKO, Ps. Minggu, Jakarta Selatan. Menurut ulasan beberapa warga, di pasar ini terdapat pilihan beragam kue enak dengan harga murah. 

Ragam kuenya juga cukup banyak mulai dari kue bolu, sponge cake hingga kue cucur dengan harga yang bersaing. Beberapa warga bahkan menyebut pedagang menyediakan layanan pesan antar. 


4. Pasar Kue Subuh Duren Sawit

ilustrasi pasar kue subuh Senen. (Dok: Instagram @anangw13)

Untuk Anda yang bermukim di sekitar Jakarta Timur tentu sudah tak asing dengan Pasar Kue Subuh Duren Sawit. Tak hanya menjual jajanan ringan, tempat ini juga menyediakan kue basah. 

Sebetulnya, tempat ini juga dikenal dengan nama Pasar Kue Fajar Duren Sawit. Di pasar ini terkenal dengan arem-aremnya yang ramai diburu pembeli dengan varian sayur dan oncom. Adapun kue basah di sini bisa ditemukan kue lapis dan kue penyu isi kacang hijau.

Harga kue-kue di Pasar Kue Subuh Duren Sawit mulai dari Rp 1.000 saja. Untuk lokasinya ada di Jl Rw. Selamat, Pd. kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur.

5. Pasar Kue Subuh Detos

Untuk warga Depok, Pasar Kue Subuh Detos sudah sangat terkenal. Lokasinya berada di sebuah mall Detos di Jl Margonda Raya. Mengutip dari laman Instagram @depoktownsquare, Kue Subuh Detos buka setiap hari Senin hingga Minggu mulai dari jam 04.00--08.00 WIB. Para pedagangnya menjual aneka jajanan kue tradisional dengan harga terjangkau.


6. Pasar Kue Subuh Sitanala

Ilustrasi suasana pasar kue subuh. (Dok: Instagram @jepretan90)

Di wilayah penyangga kota seperti Tangerang juga terdapat pusat jajanan kue subuh. Terkenal sebagai Pasar Kue Subuh Sitanala, pasar ini juga mirip kebanyakan pasar kue seperti di Jakarta.

Mengutip dari laman resmi Instagram About Tangerang Pasar, Sabtu 21 Januari 2023, pasar ini terletak di Jalan Dr Sitanala, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. Meski sering disebut pasar kue subuh, tapi pasar ini sudah mulai beroperasi sejak pukul 16.00 sore sampai dengan pukul 07.00 pagi, serta ada juga yang buka hingga 24 jam.

Di sore hari, jumlah pedagang di pasar ini hanya sekitar tujuh orang, tapi untuk pagi hari jumlah pedagangnya bisa sampai 30 orang. Seluruhnya menggelar dagangan di sepanjang Jalan Dr Sitanala. Pelanggan di pasar ini juga tak hanya dari sekitar Neglasari, tapi banyak juga yang berasal dari kecamatan lain.

Infografis Macam-Macam Kue Kering Khas Lebaran. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya