Ogah Diwakili, Voter Desak PSSI Gelar KLB Asprov PSSI DKI

PSSI belum menentukan tanggal KLB Asprov PSSI DKI yang sudah tak memiliki pengurus sejak Februari 2022.

oleh Defri Saefullah diperbarui 21 Jan 2023, 15:44 WIB
Asprov PSSI DKI Jakarta juga sudah mengaduk ke pemprov DKI untuk membantu dibentuknya pengurus baru (istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Voter dari Asprov PSSI DKI Jakarta meminta PSSI segera memfasilitasi Kongres Luar Biasa (KLB) di perwakilan PSSI di Jakarta itu. Soalnya sejak Februari 2022, Asprov PSSI DKI tak punya susunan pengurus.

Kini, Asprov PSSI DKI Jakarta dipimpin Plt Yoyok Sukawi yang merupakan Anggota Exco PSSI. Menurut CEO ABC Wirayudha, Rico Adolf, mereka ogah diwakili untuk salurkan suara di KLB PSSI yang digelar pada 16 Februari nanti.

Dia berharap PSSI bisa segera menggelar KLB Asprov PSSI DKI. Soalnya, Asprov PSSI DKI ingin menyalurkan aspirasi dukungan kepada salah satu calon ketua umum.

"Masih ada waktu untuk menggelar KLB Asprov. KLB katanya diiikuti 34 wakil Asprov, tapi kok DKI Jakarta belum ada ketua Asprovnya?" kata Rico kepada media.

Voter dari Asprov PSSI DKI Jakarta lainnya, CEO Taruna Persada, Imam Bukhari menyuarakan pendapat yang sama. Mereka menegaskan ingin menyalurkan suara tanpa diwakili Plt.

"PSSI mengapa harus menunda-nunda pemilihan ketua Asprov PSSI DKI. Kami tak mau diwakili di Kongres Luar Biasa PSSI nanti, maka itu kami menuntut KLB di Asprov PSSI DKI agar ada ketua definitif," katanya.

PSSI akan menggelar Kongres Luar Biasa untuk memilih Ketum, Waketum dan anggota Exco PSSI pada 16 Februari nanti. Para pemilik suara PSSI berjumlah 86 plus satu federasi tambahan, dengan rincian 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, 34 asosiasi provinsi (asprov), dua asosiasi, dan satu federasi futsal Indonesia.

 


Bikin Deklarasi

Taufik Jursal Effendi (kanan), perwakilan dari Persija Barat yang merupakan voters Asprov PSSI DKI saat mengunjungi Balai Kota (istimewa)

 

Sebelumnya, 19 Voters yang menjadi pemilik suara di Kongres Luar Biasa (KLB) Asprov PSSI DKI Jakarta bikin deklarasi. Ini menyusul belum digelarnya KLB Asprov PSSI DKI meski Plt Ketua Pengrpov PSSI DKI sudah dipegang Yoyok Sukawi.

19 voters mengadakan pertemuan dengan H. Syahrial, Pembina PS Pemuda Jaya yang mereka usung sebagai Calon Ketua Asprov baru.Pertemuan diadakan di RM Karimata Taman Mini, Jakarta Timur, Sabtu (26/11/2022) sore. Deklarasi sikap voters diucapkan Estining Wulan Handayani, voter dari PS Urakan Jakarta, bersama 18 pemilik suara lain.

“Kami dari 19 voters Asprov PSSI DKI Jakarta meminta kepada Bapak Yoyok Sukawi selaku Pelaksana Tugas Ketua, untuk segera melanjutkan Kongres Luar Biasa Asprov PSSI Jakarta tahun 2022. Satu hati untuk Pak Syahrial. Asprov PSSI Jakarta, Jaya!”

Deklarasi dan pertemuan itu dilakukan karena 2 hal. Pertama, mereka antusias menyambut Yoyok Sukawi sebagai Plt baru. Kedua, menyiapkan langkap-langkah antisipasi jika ada oknum yang ingin melakukan intervensi. Soalnya, “aroma” itu sudah mereka endus.

Pemilihan ketua baru Asprov PSSI DKI Jakarta memang tak dikunjung digelar, sedangkan voter PSSI lain sudah memiliki pengurus definitf jelang KLB PSSI. Ironisnya, mayoritas pemilik suara atau voters sejak awal sudah memberikan dukungan melewati rute normal: mendaftar di Komite Pemilihan (hasil kongres 29/4/2022-Red).

 


Sudah Mengadu

 

Ironisnya para voter di Asprov PSSI DKI sudah mengadu ke PSSI. Direktur Utama atau CEO Persija Barat, Taufik Jursal Effendi mengatakan klub anggota Asprov PSSI DKI Jakarta yang memiliki 18 voter, sudah menunggu KLB sejak Februari 2022 lalu.

KLB Asprov PSSI sempat dijadwalkan pada 12 November tapi tak juga terlaksana.

Maka itu, Taufik Jursal selaku perwakilan voter mengadu ke PSSI. Dia melaporkan soal kondisi Asprov PSSI DKI Jakarta dan meminta kepastian KLB.

"Kita sudah menunggu dari 22 Februari tapi tak kunjung terlaksana juga. Maka itu, kami menemui PSSI untuk meminta kejelasan kapan digelarnya KLB," kata Taufik saat itu.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya