Kreator Sesame Street Lloyd N. Morrisett Meninggal Dunia, Pencetus Ide Cemerlang soal Tayangan Edukasi Angka dan Abjad

Lloyd N. Morrisett membuat tayangan Sesame Street bersama Joan Ganz Cooney pada 1969.

oleh Ratnaning Asih diperbarui 25 Jan 2023, 09:37 WIB
Lloyd N. Morrisett. (Twitter/ SesameWorkshop)

Liputan6.com, Jakarta Sesame Street tengah berduka atas kematian salah satu kreatornya, Lloyd N. Morrisett. Kabar dukacita ini disampaikan lewat unggahan Twitter resmi akun Sesame Workshop, Selasa (24/1/2023).

“Sesame Workshop berdukacita atas meninggalnya salah satu pendirinya yang terhormat dan begitu dicintai, Lloyd N. Morrisett, PhD, yang meninggal dunia pada usia 93 tahun,” begitu isi pengumuman tersebut, dilansir dari People.

Hanya saja, tidak disebutkan apa penyebab kematian Lloyd N. Morrisett.

Yayasan nonprofit yang berada di belakang Sesame Street kemudian mengenang mendiang sebagai sosok yang bijak, penuh pemikiran, dan seorang pemimpin yang baik.


Teknologi untuk Edukasi

Saksikan Episode Baru Sesame Street Hanya di Platform Vidio. (Dok. Vidio)

“Lloyd terkesima dengan kekuatan teknologi dan terus memikirkan cara baru untuk menggunakannya dalam edukasi.” Salah satu warisannya yang nyata, lanjut Yayasan ini, adalah Sesame Street yang merupakan warisan untuk anak-anak seluruh dunia dari generasi ke generasi.

Joan Ganz Cooney yang juga merupakan kreator Sesame Street sekaligus sahabat mendiang, mengucapkan pentingnya peran mendiang dalam acara ikonis ini.


Pencetus Ide

Elmo dan kawan-kawan yang dapat Anda saksikan di Vidio. (Dok. Vidio)

“Tanpa Lloyd Morrisett, tak akan ada Sesame Street. Ialah orang yang pertama kali mencetuskan ide untuk menggunakan televisi sebagai alat mengajar kemampuan dasar prasekolah, seperti angka dan huruf,” kata dia .

Joan menambahkan, “Ia adalah partner terpercaya dan sahabat yang setia selama lebih dari 50 tahun, dan ia akan begitu dirindukan.”


Ciptakan Sesame Street Tahun 1969

Pemilik gelar Ph.D dalam bidang psikologi eksperimental di Universitas Yale ini membuat tayangan Sesame Street bersama Joan Ganz Cooney pada 1969. Setahun setelahnya, ia ikut mendirikan Sesame Workshop.

Ini adalah komunitas di mana para kreator, educator, partner, dan karakter dalam Sesame Street berkolaborasi dengan tujuan membantu perkembangan seorang anak menjadi lebih cerdas, kuat, dan baik hati.

Infografis Journal_ Kerugian Ekonomi Akibat Sampah Sisa Makanan Capai Rp 500 Triliun per tahun (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya