Hasil Indonesia Masters 2023: Dihajar Wakil China, Anthony Ginting Gagal Melaju ke Perempat Final

Langkahnya Anthony Sinisuka Ginting terhenti di babak 16 besar Indonesia Masters 2023 usai dikalahkan oleh wakil China Shi Yu Qi dengan dua game langsung, 19-21 dan 16-21, dalam pertarungan fase 16 besar yang dihelat di Istora Senayan, Kamis (26/1/2023).

oleh Theresia Melinda Indrasari diperbarui 26 Jan 2023, 13:17 WIB
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting saat bertanding melawan pebulutangkis tunggal putra Hongkong, Lee Cheuk Yiu saat laga 32 besar Indonesia Masters 2023 melawan di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (25/01/2023). Anthony Sinisuka Ginting menang dua game langsung 21-10, 21-12. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Liputan6.com, Jakarta Tunggal putra bulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting gagal melaju ke babak perempat final Indonesia Masters 2023.

Langkahnya dihentikan oleh wakil China Shi Yu Qi lewat dua game langsung, 19-21 dan 16-21, dalam pertarungan fase 16 besar yang dihelat di Istora Senayan, Kamis (26/1/2023).

Ginting memang menghadapi jalan yang cukup terjal di babak 16 besar. Shi Yu Qi yang menjadi lawannya di pertandingan tersebut dikenal cukup ulet di lapangan. Terbukti, Ginting langsung dibuat kesulitan sejak awal game pembuka.

Tunggal putra Indonesia dipaksa terlibat dalam drama kejar-kejaran skor hingga kedudukan 7-7. Setelahnya, Shi Yu Qi cukup nyaman memegang kendali. Wakil Tiongkok sanggup menciptakan selisih jarak tiga angka, 8-11, saat interval.

Dominasi Shi masih berlanjut pasca jeda. Pebulu tangkis asal negeri tirai bambu meraih tambahan dua angka berturut-turut. Capaian ini membuat dia memimpin makin jauh atas Ginting dalam kedudukan 10-14.

Penggawa Merah Putih tak mau terlalu lama tenggelam dalam keterpurukan. Ginting balas menorehkan lima angka tanpa putus, yang mengantarnya berbalik unggul 15-14 atas Shu Yu Qi. Malang tren positif itu tak bertahan lama.

Skenario kejar-mengejar poin kembali tersaji. Ginting banyak melakukan kesalahan sendiri mendekati poin-poin kritis. Sementara Shi Yu Qi bermain cukup tenang, sebelum akhirnya mengunci kemenangan di set pembuka dengan skor tipis 19-21.


Game Kedua

Tunggal putra bulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting melakukan servis ke arah wakil Hong Kong Lee Cheuk Yiu dalam pertarungan fase 32 besar yang dihelat di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (25/1/2023). Ginting menumbangkan Lee dua gim langsung dengan skor 21-10, 21-12. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Ginting mencoba bangkit di game kedua. Namun, tunggal putra peringkat dua dunia masih kesulitan mengimbangi torehan angka Shi YU Qi di awal permainan. Ginting sudah tertinggal tiga angka di kedudukan 2-5.

Upayanya untuk mengejar ketertinggalan pun tak berjalan efektif. Pebulu tangkis Indonesia banyak mengirimkan bola lambung yang dengan mudah dituntaskan dengan smash serta sambaran oleh Shi Yu Qi.

Wakil Indonesia tertinggal makin jauh dengan 4-9. Ginting mencoba comeback dengan mengoleksi empat angka beruntun jelang interval. Akan tetapi, service-nya yang gagal memutus raihan poin Ginting. Shi Yu Qi masih dominan dua angka, 9-11 saat jeda set kedua.

Tunggal putra Tanah Air akhirnya bisa menyamakan skor pasca interval. Memanfaatkan unforced errors Shi, Ginting balik memimpin satu angka di kedudukan 14-13.

Rally panjang terjadi. Ginting ingin menyudahinya lewat smash menyilang ke sisi kanan lapangan. Akan tetapi, shuttlecock yang ia kirim justru melebar dari area permainan Shi.

Ginting kembali tertinggal usai kehilangan angka demi angka. Sementara Shi Yu Qi nampak makin percaya diri mendekati pengujung game kedua. Serangannya akurat dan kerap kali gagal dikembalikan oleh wakil Indonesia.

Tak butuh waktu lama bagi Shi untuk mengakhiri perlawanan Ginting. Wakil Tiongkok kembali mencuri kemenangan di set kedua setelah memaksa Ginting tunduk dengan 16-21.


Jadwal dan Hasil Pertandingan

Di babak 16 besar Indonesia Masters 2023, Anthony Sinisuka Ginting diadang oleh wakil China, Shi Yu Qi, lewat dua game langsung 19-21 dan 16-21. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Lapangan 1:

Pertandingan ke-4: Anthony Sinisuka Ginting vs Shi Yu QI (China); 19-21, 16-21

Pertandingan ke-6: Gregoria Mariska Tunjung vs He Bing Jiao (China)

Pertandingan ke-7: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo vs Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China)

Pertandingan ke-12: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Chang Ko-Chi/Po Li-Wei (China Taipei)

Pertandingan ke-13: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Lapangan 2:

Pertandingan ke-1: Sabar Karyaman Gutama/Moh. Reza Pahlevi Isfahani vs He Ji Ting/Zhou Hao Dong (China); 20-22, 17-21

Pertandingan ke-4: Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti vs Hu Ling Fang/Lin Xiao Min

Pertandingan ke-5: Putri Kusuma Wardani vs An Se Young (Korea Selatan

Pertandingan ke-6: Chico Aura Dwi Wardoyo vs Loh Kean Yew (Singapura)

Pertandingan ke-7: Jonatan Christie vs Shesar Hiren Rhustavito

Pertandingan ke-8: Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana vs Ren Xiang Yu/Tan Qiang (China)

Pertandingan ke-10: Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja vs Lee Chun Hei Reginald/Ng Tsz Yau (Hong Kong)

Pertandingan ke-12: Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto vs Tanisha Crasto/Ashwini Ponnappa (India)

Pertandingan ke-13: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari vs Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China)

Lapangan 3:

Pertandingan ke-14: Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata vs Tan Kian Meng/Lai Pei Jing (Malaysia)

Catatan: Pertandingan pertama dimulai pukul 09.00 WIB

Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya