Tragedi Darah Mengalir ke Kaki Melaney Ricardo Saat di Gereja akibat Adenomyosis: Kukira Keringat, Ternyata…

Didiagnosis adenomyosis, Melaney Ricardo menjalani operasi angkat rahim setelah berkonsultasi dengan dokter dan menimbang berbagai aspek kesehatan.

oleh Wayan Diananto diperbarui 01 Feb 2023, 11:00 WIB
Melaney Ricardo. (Foto: Dok. Instagram @melaney_ricardo)

Liputan6.com, Jakarta Melaney Ricarno didiagnosis mengidap Adenomyosis atau adenomiosis, yakni proses endometriosis yang tumbuh di otot rahim. Endometriosis sendiri adalah jaringan endometrium yang tumbuh di luar dinding dalam rahim yang normal.

Akibatnya, Melaney Ricardo menjalani operasi angkat rahim setelah berkonsultasi dengan dokter dan mempertimbangkan berbagai aspek kesehatan. Ia lantas mengenang sebuah kejadian traumatis di gereja.

Setelah beribadah dan berbagi kesaksian dengan jemaat, ia merasa ada cairan mengalir di kaki. Mulanya, istri Tyson Lynch menyangka itu keringat karena suasana di rumah ibadah agak gerah. Curiga, Melaney Ricardo mengecek dan syok karena berwarna merah.

“Ada satu kejadian waktu aku lagi kesaksian di gereja. Jadi aku sudah selesai ibadah, aku merasa kayak ada yang mengalir di kaki aku,” katanya, kami lansir dari kanal YouTube Melaney Ricardo, Senin (30/1/2023).


Ternyata Itu Darah

Melaney Ricardo. (Foto: Dok. Instagram @melaney_ricardo)

“Aku pikir karena mungkin gerejanya agak gerah, keringat. Ternyata itu darah sudah mengalir di kaki aku,” imbuhnya. Saat itulah, Melaney Ricardo merasa ada yang tak beres dengan tubuhnya.

Bintang film Benyamin Biang Kerok kemudian konsultasi ke dokter dan menjalani sejumlah pemeriksaan medis. Belakangan Melaney Ricardo menyadari kerap sakit kepala alias migrain.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Cek Ambil Darah

Melaney Ricardo. (Foto: Dok. YouTube Melaney Ricardo)

“Sampai satu waktu aku masuk rumah sakit. Sebelumnya aku tuh sering banget merasa migrain. Migrain kepala sampai: Coy, ini kenapa gue migrain melulu atau jangan-jangan ada yang salah dengan otak gue,” Melaney Ricardo menyambung.

“Ternyata pada saat dicek, disuruh cek ambil darah. Ceklah, HB (hemoglobin -red). HB-ku itu saat itu 9 atau 8 aku lupa. Terus dokternya bilang: Bu, ada perdarahan?” paparnya panjang.

 


Coba Terapi Hormon

Melaney Ricardo. (Foto: Instagram @melaney_ricardo)

Migrain menambah panjang daftar simtom yang dirasakan Melaney Ricardo lalu mengerucut pada vonis Adenomyosis. Sejumlah terapi dijalaninya sebelum menempuh operasi angkat rahim.

“Beberapa waktu aku mencoba untuk terapi hormon dulu. Disuntik dengan suntikan kayak pil KB, pernah makan pil KB juga, terus suntikan hormon untuk menekan supaya tidak menstruasi, yang aku rasakan enak sih, lega, jujur,” pungkas Melaney Ricardo.

INFOGRAFIS JOURNAL_ Beberapa Gejala Permasalahan Kesehatan Mental pada Anak (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya