Kopi Kenangan Luncurkan Rangkaian Minuman Dingin, Ada yang Terinspirasi dari Gerai Es Krim Viral

Salah satu menu minuman dingin terbaru Kopi Kenangan adalah minuman berbahan cokelat.

oleh Henry diperbarui 04 Feb 2023, 04:02 WIB
Kopi Kenangan.  foto: dok. Kopi Kenangan

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali 2023, Kopi Kenangan memperkenalkan sejumlah kreasi makanan dan minuman baru yang tak hanya berbahan kopi. Selain itu, mereka juga berinovasi dalam hal penyajian demi memperkaya pengalaman ngopi dan ngemil.

"Yang kami perkenalkan pertama adalah Freezy series! Sesuai dengan namanya, ini merupakan rangkaian minuman ice blended spesial dari Kopi Kenangan untuk pecinta minuman kopi dingin di Indonesia," terang Inneke  Lestari, Head of Legal and Corporate Affairs Kopi Kenangan di acara peluncuran Kenangan Sweet Treats di Rumah Kenangan, Senopati, Jakarta, Kamis, 2 Februari 2023.

Ada empat rasa Freezy yang disajikan Kopi Kenangan, yaitu Freezy Kopi Kenangan Mantan, Latte, Dutch Chocolate, dan Mocha Latte. Empat menu Freezy ini tidak memakai es batu, melainkan dibuat dengan mesin freezer agar ice blended lebih tahan lama dan lebih dingin.

Liputan6.com ikut mencoba langsung keempat minuman ini mendapatkan sensasi berbeda pada menu Freezy Kopi Kenangan. Rasanya seperti perpaduan es krim dan kopi susu yang manisnya terasa pas.

Begitu pula dengan Dutch Chocolate yang cocok untuk Anda yang tidak menyukai kopi. Menggunakan cokelat dari Belanda, rasa manis minuman ini cukup berkesan di lidah, manisnya tidak berlebihan dan bisa jadi menu favorit baru.

"Kita memang mengejar experience baru di minuman freezy. Minuman dingin ini untuk membuat suasana lebih adem karena cuaca panas terutama di jam makan siang atau di jalan, jadi kita merasa lebih segar di tengah hawa yang panas," terang Inneke. Untuk menikmati varian Freezy Series, konsumen harus sedikit bersabar karena baru akan tersedia di seluruh gerai Kopi Kenangan mulai 6 Februari 2023.


Menu KISS

Kopi Kenangan.  foto: dok. Kopi Kenangan

Selanjutnya adalah menu es krim lembut yang bisa jadi alternatif dessert. Varian baru ini diberi nama KISS (Kenangan Ice Soft Serve). Bentuk dan rasanya bisa dibilang mirip es krim sundae. Ada tiga pilihan rasa yang tersedia, yaitu Vanilla Soft Serve, Chocolate Soft Serve, dan Affogato Soft Serve.

Dua menu pertama agak mirip dengan menu sundae vanila dan cokelat. Tapi yang cukup berkesan adalah Affogato Soft Serve karena menyajikan es krim vanila dengan kopi Affogato kreasi Kopi Kenangan.

Rasa kopinya tidak terlalu manis, tapi membuat sensasi rasa tersendiri begitu dituangkan ke Vanila Soft Serve, sangat khas dan belum pernah saya rasakan sebelumnya. Menu ini sangat pas bagi pecinta kopi yang juga menyukai es krim.

"Varian KISS ini sudah bisa dinikmati di 26 gerai Kopi Kenangan, dan nantinya akan terus didistribusikan ke gerai-gerai lainnya di seluruh Indonesia," ungkap Mutia, selaku Junior Brand Manager Kopi Kenangan di acara yang sama.

Harga menu KISS termasuk terjangkau, yaitu hanya Rp9.000. Dengan harga yang terjangkau dan menampilkan menu es krim, mungkinkah Kopi Kenangan mencari celah dari fenomena es krim MIxue yang sedang viral dan punya banyak gerai?


Menangkap Fenomena

Kopi Kenangan.  (Liputan6.com/Henry)

Menurut Inneke, pihaknya selalu berusaha mengikuti tren dan perkembangan yang terjadi di masyarakat, agar lebih bisa memahami selera pelanggan yang sangat bervariasi. Secara tak langsung, mereka mengakui mendapatkan ide dari fenomena yang sedang ramai terjadi.

"Kita dapat ide dan inspirasi dari mana saja, termasuk dari hal-hal yang sedang ramai atau viral di masyarakat. Itu memang bagian dari strategi kita yaitu menangkap fenomena atau minat yang lagi berkembang di masyarakat. Lalu, kita tuang dan kreasikan sesuai dengan ciri khas kita untuk dijadikan sesuatu yang baru," terang Inneke.

Selain varian minuman Freezy Series dan KISS, Kopi Kenangan juga punya meluncurkan berbagai menu makanan pendamping terbaru. Ada Cinnamon Roll yang hits kembali, brownies, banana muffin, cheesy beef wheat sandwich, dan lain-lain yang juga bisa menjadi menu favorit baru.

Menu-menu tersebut sudah tersedia di 21 gerai mereka dan gerai Kenangan Heritage yang berlokasi di Senayan City, Jakarta Pusat. Cinnamon Roll menjadi menu favorit sehingga habis terjual di sore hari di beberapa gerai.

Paduan mentega asal Selandia Baru yang lembut dengan bubuk kayu manis dan dihidangkan dengan taburan icing sugar, Cinnamon Roll ini sangat cocok jika dinikmati dengan minuman kopi. Rotinya juga terasa lembut yang mungkin membuatnya banyak disukai.

"Kami melakukan inovasi yang memastikan setiap konsumen akan mendapatkan produk berkualitas, dan pastinya telah teruji kehalalannya," imbuh Inneke. 


Ekspansi ke Malaysia

Pembukaan Kenangan Coffee, gerai Kopi Kenangan pertama di Malaysia, (dok. Kopi Kenangan)

Kopi Kenangan termasuk salah satu brand lokal yang berekspansi ke luar negeri. Mereka membuka gerai pertamanya pada Senin, 18 Oktober 2022. Berlokasi di Suria KLCC, Malaysia, Kopi Kenangan di-branding sebagai Kenangan Coffee, sebagai nama merek internasional yang digunakan di luar Indonesia.

James Prananto, Chief Business Development dan co-founder Kopi Kenangan menjelaskan alasan pemilihan nama tersebut. "Kami ingin memfokuskan pada kata kunci ‘kenangan’, dengan harapan kami dapat memperlakukan setiap konsumen yang datang ke gerai sebagai teman dan setiap cangkir kopi yang kami buat dengan cinta dapat meninggalkan kenangan yang baik untuk para konsumen," ujarnya dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Rabu, 18 Oktober 2022.

Malaysia menjadi langkah awal brand kopi lokal untuk mencapai misi menjadi merek kopi yang paling dicintai konsumen di Asia Tenggara. Kenapa memilih negeri jiran? "Karena kecintaan orang Malaysia terhadap makanan, perkembangan budaya kopi yang stabil, terutama untuk model bisnis grab-and-go, dan banyak kesamaan yang dimiliki orang Malaysia dengan orang Indonesia dalam hal cita rasa dan keinginan untuk mencoba hal-hal baru," ujar Edward Tirtanata, CEO dan co-founder Kopi Kenangan, beralasan.

Ia menyebut sektor F&B di Malaysia menjanjikan karena saat ini negara itu sedang bertransformasi dalam menerapkan ekonomi digital. Hal itu sejalan dengan konsep bisnis Kopi Kenangan. Selanjutnya, mereka akan terus menerapkan model bisnis kopi 'ambil dan pergi' untuk pasar di luar negeri.

Untuk pasar Malaysia, Kenangan Coffee mengenalkan dua menu andalan pertama, yakni Kenangan Latte dan Avocado Coffee. Kenangan Latte merupakan adaptasi dari menu andalan Kopi Kenangan di Indonesia, yakni Kopi Kenangan Mantan. Tersedia pula berbagai pilihan kopi di gerai Kenangan Coffee.

Infografis Kopi-Kopi Indonesia yang Jadi Primadona. (Liputan6.com/Trieyasni)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya