Latih Seluruh Staf, Legoland Jadi Taman Hiburan Ramah Autisme

Semakin banyak taman hiburan yang melatih para staf yang dapat membantu penyandang autisme dan disabilitas lainnya.

oleh Fitri Syarifah diperbarui 10 Feb 2023, 13:00 WIB
Bagi Anda penggemar Star Wars, kini Anda bisa menjumpai miniland karakter-karakter ini di Legoland Malaysia Resort.

Liputan6.com, Jakarta Semakin banyak taman hiburan yang melatih para staf yang dapat membantu penyandang autisme dan disabilitas lainnya.

Dilansir dari Disabilityscoop, Legoland adalah salah satunya.

Dalam pernyataan pers resmi, pihak Legoland mengumumkan semua lokasinya di Amerika Utara akan menjadi Pusat Autisme Bersertifikat (Certified Autism Centers™ (CAC)) pada akhir Maret 2023.

Penunjukan dari International Board of Credentialing and Continuing Education Standards berarti bahwa akan ada staf di taman bertema Lego di California, Florida dan New York yang lebih siap untuk membantu mereka yang memiliki autisme dan masalah sensorik lainnya.

IBCCES adalah satu-satunya organisasi kredensial yang menyediakan jenis sertifikasi ini, yang mencakup pelatihan berbasis bukti serta perspektif individu autis. Selain itu, organisasi menyediakan sumber daya seperti ulasan di tempat dan rekomendasi yang disesuaikan, serta persyaratan perpanjangan untuk memastikan LEGOLAND Resorts memiliki alat dan dukungan yang dapat memberikan dampak jangka panjang bagi semua tamu.

Terlebih lagi, peringatan akan dipasang di setiap wahana untuk memberi tahu pengunjung jika ada cahaya terang, suara keras, atau rangsangan lainnya.

Peta taman juga akan dilengkapi lampu dan panduan sensorik agar memudahkan penyandang disabilitas. 

Di Legoland Florida dan New York bahkan akan ada ruangan tenang yang dilengkapi dengan selimut, pencahayaan redup, dan mainan taktil untuk anak-anak dengan kebutuhan sensorik.

Dan, Legoland California akan mematikan semua efek suara di atraksi terbarunya, Lego Ferrari Build & Race, mulai pukul 13.00 hingga 14.00 setiap hari untuk mengakomodasi mereka yang mencari pengalaman yang lebih tenang.

 

 


Legoland Mendukung Keluarga Autisme

 

Setiap Legoland di Amerika telah bekerja sama dengan IBCCES untuk melatih dan mensertifikasi staf dalam hal kesadaran sensorik, lingkungan, dan emosional serta memastikan keluarga dapat berlibur dengan membuat kenangan yang tak terlupakan.

“Resor Legoland dirancang untuk menginspirasi kreativitas di antara anak-anak dengan segala kemampuan baik saat menaiki wahana maupun hiburan lain. Harapan kami, wahana ini dapat menumbuhkan imajinasi anak,” kata Scott O'Neil, CEO Merlin Entertainments.

“Dengan 1 dari 44 anak yang didiagnosis autisme di AS, kami ingin membangun pemahaman dan empati sambil memastikan tim kami memiliki alat dan strategi pendukung saat berinteraksi dengan populasi neurodivergent. Melalui sertifikasi ini, kami ingin lebih banyak memberikan kesempatan untuk berkreasi dan bermain sesuai keinginan mereka, sambil mendukung orang tua melalui setiap langkah perjalanan perencanaan liburan.”

Tiga hotel di tempat di Legoland Florida serta Taman Hiburan Peppa Pig yang berdekatan telah ditetapkan sebagai Pusat Autisme Bersertifikat juga. Status tersebut juga telah diberikan untuk semua taman Six Flags di Amerika Utara, baik lokasi Sesame Place maupun beberapa taman SeaWorld.

 


Fasilitas yang Ditambah untuk Memudahkan Difabel

Inilah pengalaman LEGOLAND Resorts yang baru:

- Anggota tim garis depan yang terlatih diperlengkapi untuk membantu tamu autisme dengan lebih baik atau mereka yang memiliki kepekaan sensorik lainnya.

- Panduan sensorik yang dipasang oleh IBCCES yang menunjukkan apakah ada cahaya terang, suara keras, atau fitur apa pun yang mungkin perlu direncanakan oleh tamu. Memberi peringkat tingkat sensori setiap objek wisata termasuk sentuhan, rasa, suara, penglihatan, dan penciuman

– mempermudah keluarga untuk merencanakan aktivitas yang selaras dengan kebutuhan dan akomodasi mereka.

- Area sensorik khusus untuk tamu dengan kepekaan tertentu untuk beristirahat dan bersantai di lingkungan yang kurang merangsang.

Dari pukul 1-2 siang di LEGOLAND California, termasuk LEGO® Ferrari Build & Race, semua efek suara dimatikan untuk keluarga yang mencari pengalaman yang tidak terlalu berlebihan.

- LEGOLAND Florida dan LEGOLAND New York menawarkan kamar tenang yang didedikasikan untuk anak-anak dengan berbagai kebutuhan sensorik – di mana tamu dapat bersantai dengan selimut, pencahayaan redup, dan mainan taktil.

- Atas permintaan, Pertolongan Pertama menawarkan penyumbat telinga untuk membantu meredam suara dan rangsangan berlebihan. Akan diberikan "Kartu Akses Bantuan" dapat diminta di Layanan Tamu.

Infografis dampak bermain video game berlebihan (Liputan6.com/Abdillah)

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya